Menhub: Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Pembunuh Paling Mematikan Setelah Stroke

26/10/2018

Pasar mobil
Hampir tak berbeda antara kecelakaan lalu lintas dengan penyakit jantung dan stroke. Keduanya sama-sama penyebab kematian terbesar di dunia alias pembunuh paling mematikan.

Foto kecelakaan angkot vs sepeda motor

Tabrakan angkot vs Yamaha RX King di Km 14 Jalan lintas Sibolga Padangsidimpuan Sumatera Utara (27/9/2018), pemotor meninggal

Paparan mengejutkan disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi terkait berbagai kasus kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di jalan raya. Menhub Budi menuturkan kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian terbesar nomor dua setelah penyakit jantung dan stroke.

"Dalam hal penyebab kematian, kecelakaan lalu lintas menduduki nomor dua sebagai  penyebab kematian setelah stroke," tutur Menhub Budi di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Selain kondisi kendaraan kurang dikontrol dan kurangnya pengetahuan tentang medan jalan, minimnya kesadaran pengendara dalam berlalu lintas yang baik dan beretika ditengarai menjadi sebab utama terjadinya kecelakaan fatal yang berujung kematian. Lebih disayangkan, 70 persen korban kecelakaan adalah usia produktif dan potensial.

>>> Identitas Pengemudi dalam Kecelakaan Maut Kereta Api dan Pajero Sport Terungkap

Foto mobil Pajero Sport yang rusak berat ditabrak kereta api

Mobil Mitsubishi Pajero tertabrak Kereta Api Sri Tanjung di perlintasan Jalan Pagesangan Surabaya, Minggu (21/10/2018) 3 orang meninggal

Baik polisi, Dinas Perhubungan dan berbagai lembaga keselamatan jalan raya tak henti-hentinya melakukan sosialisasi berkendara yang baik seperti anjuran berkendara dengan kecepatan standar, mengenakan helm bagi pengendara motor, tidak menerobos lalu lintas, tidak melawan arus serta patuh terhadap semua rambu-rambu. Upaya penekanan angka kecelakaan juga terus dilakukan seperti sosialisasi budaya tertib berlalu lintas di berbagai kalangan seperti pelajar, komunitas otomotif hingga masyarakat umum, kegiatan safety riding dan safety driving. Nyatanya masih banyak pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Ini sungguh memprihatinkan.

"Jadi kami memang secara intensif keliling Indonesia untuk mensosialisasikan keselamatan jalan,” kata Menhub Budi.

Menhub menyarankan pengendara lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan, seperti tidak berkendara melebihi batas kecepatan dan mengenakan helm. Menhub yakin dengan mengurangi kecepatan, angka kecelakaan lalu lintas bisa turun hingga 30 persen dan tentu bakal mengurangi angka kematian di jalan.

>>> Ingin mencari mobil-mobil baru dan bekas? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

Foto kecelakaan bus masuk jurang di Cikidang Sukabumi Jawa Barat

Bus wisata masuk jurang di Desa Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (8/9/2018) 21 orang meninggal

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top