Mengulik Sejarah Lincoln Town Car, Limusin Mewah di MV Rose Blackpink

13/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Lincoln Town Car, limusin mewah yang turut membintangi MV Rose Blackpink ternyata adalah salah satu model legendaris Amerika. Bagaimana sejarah mobil ini?

Rose Blackpink, member dari girl group asal Korea Selatan ini baru saja meluncurkan MV untuk lagu terbarunya. Ada satu hal yang menarik perhatian kami, yaitu limusin mewah yang dihancurkan dan dibakar dalam MV tersebut. Ternyata limusin mewah yang juga terlihat dalam teaser Rose Blackpink tersebut adalah model Amerika, Lincoln Town Car, yang dikenal sebagai rajanya limusin di Amerika.

Sedan Mewah Lincoln Town Car

Memang limusin yang diledakkan di MV Rose Blackpink berjudul ‘On the Ground’ tersebut bukanlah model baru. Diambil dari model sedan Lincoln Town Car, model tersebut dipasarkan dalam rentang 2003 hingga 2009. Sedangkan edisi perdana mulai diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981.

generasi pertama Lincoln Town Car berwarna cokelat
Generasi pertama Town Car yang diperkenalkan pertama kali pada 1981

>>> Intip Mobil Berdesain Futuristik Hyundai dan Blackpink

Selama tiga dekade keberadaannya, Lincoln Town Car bukan hanya digunakan sebagai sedan biasa. Mobil ini sering dibeli untuk kemudian dimodifikasi sebagai armada limusin. Town Car disukai terutama karena desain body-on-frame yang digunakannya membuat mobil ini relatif mudah untuk dibuka dan dipanjangkan.

Ford merancang mobil ini agar bisa diubah semudah mungkin. Dengan sasis ladder frame, Town Car bisa diregangkan dengan empat panjang standar; 1,7 meter, 2,1 meter, 2,5 meter, dan 3 meter. Ini adalah batas maksimum modifikasi resmi dari Ford di bawah program Qualified Vehicle Modifier.

Dari 1980 hingga 1989, Town Car menggunakan sasis dari platform Ford Panther. Mobil ini juga menggunakan mesin 4.9L V8 dengan keluaran 132 PS. Mesin ini adalah V8 injeksi pertama yang pernah digunakan di Amerika.

>>> Lincoln John F Kennedy Ini Terjual dengan Harga Fantastis

interior Lincoln Town Car berwarna beige
Bagian dalam yang nyaman memberikan kesan mewah yang menawan

Sedangkan sejak generasi ketiga, dari 1998 hingga akhir masa hidupnya, mobil ini mendapatkan revisi dalam hal suspensi dan desain ulang eksterior dan interior. Ford Modular SOHC V8 berkapasitas 4.6L ditawarkan dengan tenaga maksimal 325 PS serta torsi puncak 389 Nm pada 4.100 Nm merupakan satu-satunya mesin yang digunakan pada semua Town Car dari tahun 2003 hingga 2011.

Tak Lagi Diproduksi

Selama tahun 2000-an, meskipun penjualannya menurun, Town Car tetap menjadi salah satu pilihan sedan mewah Amerika dengan penjualan yang tertinggi. Di luar pasar ritel, popularitasnya tetap terjaga sebagai model yang paling banyak dimodifikasi sebagai limusin di Amerika dan Kanada.

limusin mewah di MV Rose Blackpink yang sedang terbakar
Limusin mewah di MV Rose Blackpink merupakan model tahun 2003-2009

Pada tahun 2006, Ford mempertimbangkan untuk mengakhiri produksi Town Car sebagai bagian dari penutupan pabrik Perakitan Wixom tahun 2007. Setelah model tahun 2007, Town Car tak lagi dijual eceran di Kanada, hanya tersedia untuk kebutuhan armada. Dan pada 2010, Town Car menjadi model terakhir yang diproduksi di pabrik St. Thomas Assembly.

29 Agustus 2011, Town Car terakhir diluncurkan dari jalur perakitan tanpa seremoni. Setelah itu, hanya ada varian Lincoln MKT yang dipasarkan, dirancang khusus untuk limusin. Namun tak berlangsung lama, MKT dihentikan pada tahun 2018, menandai penggunaan 49 tahun nama Lincoln Town Car.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top