Mengulik Fitur Toyota Corolla Cross Hybrid yang Dibeli Sandiaga Uno

20/04/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Toyota Corolla Cross Hybrid menawarkan sejumlah keunggulan. Keunggulan itu rupanya mampu menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Toyota Corolla Cross Hybrid rupanya sanggup menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno. Terbukti saat melihat langsung Corolla Cross Hybrid yang dipajang pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021, Sandiaga langsung memesan satu unit untuk digunakannya sehari-hari. 

Disebutkan Sandiaga, Toyota Corolla Cross Hybrid tersebut akan menggantikan Nissan Grand Livina lawasnya yang dinilai sudah renta. Di samping itu, Corolla Cross Hybrid juga lebih ramah lingkungan lantaran sudah mengusung motor listrik sebagai tenaga penggeraknya. Corolla Cross Hybrid merupakan mobil ke-7 dari Toyota yang sudah menggunakan teknologi elektrifikasi. 

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno saat mengunjungi booth Toyota di IIMS 2021

"Kalau kita lihat memberi contohnya agar semakin banyak masyarakat yang beralih ke kendaraan ramah lingkungan kita ingin mendorong kendaraan ramah lingkungan," ungkap Sandiaga.

Tentunya bukan itu saja kelebihan yang ditawarkan oleh Corolla Cross Hybrid ada juga fitur-fitur lainnya. Berikut ini sederet kecanggihan fitur yang ada pada SUV hybrid Toyota itu. 

>>> Sandiaga Uno Beli Corolla Cross Hybrid karena Nissan Livinanya Ketuaan

1. Mesin Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid dibekali mesin berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm. Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline. Dengan berbagai benefit yang dihadirkan oleh varian HEV ini seperti salah satunya penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

Corolla Cross Hybrid

Usung sistem hybrid, Corolla Cross dibekali mesin konvensional dan motor listrik

>>> Toyota Tak Pungkiri Corolla Cross 2020 Bakal Kanibal dengan C-HR

2. Fitur Corolla Cross Hybrid

All New Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk dan nyaman sehingga terasa pas untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan, termasuk dengan adanya ground clearance setinggi 165 mm. 

Visibilitas keluar yang tinggi membuat pengemudi Corolla Cross mempunyai kemudahan dan keyakinan tinggi dalam memantau kondisi sekitar mobil. Serta radius putar 5,2 meter yang memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan.

Corolla Cross Hybrid

Interior Corolla Cross Hybrid

Sebagai SUV perkotaan, Toyota ingin memastikan penghuni kabin Corolla Cross hybrid dimanjakan oleh beragam fitur kenyamanan terkini. Interior elegan bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

Sementara penumpang di baris kedua terjaga kenyamanannya berkat kehadiran kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Corolla Cross Hybrid

Dibekali banyak fitur

Safety menjadi salah satu concern utama Toyota saat ini, sehingga Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang siap memberikan rasa tenang pada penumpang. Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Kemudian, Corolla Cross Hybrid juga mendapat tambahan fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi.

>>> IIMS 2021: Sandiaga Uno Kepincut Toyota Cross Hybrid Seharga Rp 500 Jutaan

3. Harga Corolla Cross Hybrid

Corolla Cross Hybrid

Harganya paling murah di antara mobil hybrid lainnya

Di segmen mobil hybrid, harga Corolla Cross HEV bisa dibilang cukup terjangkau. Saat ini Corolla Cross HEV merupakan yang termurah di jajaran mobil hybrid dari Toyota. Mengutip laman Toyota Astra Motor, Corolla Cross Hybrid dibanderol Rp 518.480.000. 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top