Mengisi BBM dengan Oktan Tinggi Bisa Ikut Bantu Ciptakan Udara Bersih

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mengisi BBM dengan Oktan Tinggi Bisa Ikut Bantu Ciptakan Udara Bersih
Wujudkan program langit biru, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III melakukan kampanye mengisi BBM berkualitas untuk kendaraan

PT Pertamina (Persero) mengajak masyarakat menggunakan bahan bakar kendaraan bermotor (BBM) berkualitas, seperti Pertamax Series dan Dex Series. Mengisi BBM dengan kandungan oktan tinggi bisa membuat emisi gas buang kendaraan lebih sedikit dan polusi udara dapat berkurang. 

>>> Pertamina jamin pasokan BBM aman selama PSBB

Keunggulan BBM Berkualitas Pertamina

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan mengungkapkan, BBM berkualitas memiliki formula aditif khusus yakni antikarat untuk mencegah korosi, formula detergen buat membersihkan deposit di ruang bakar sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna, dan demulsifier untuk menjaga bahan bakar terkontaminasi air. Apalagi kini sudah banyak mobil berteknologi tinggi seperti keluaran Honda, Toyota, dan Mitsubishi.

Foto ilustrasi isi BBM tidak sesuai rekomendasi pabrikan

Mobil udah keren, sebaiknya jangan mengisi BBM di bawah rekomendasi pabrikan

Dengan aditif tersebut, dia menjelaskan, produk bensin dengan angka oktan diatas 90 bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit. Dengan begitu, masyarakat yang mengisi BBM dengan oktan tinggi artinya turut berperan terhadap bersihnya udara. 

“Karena itu, masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas tak hanya dapat menjaga mesin kendaraan, namun turut serta menjaga kualitas udara supaya lebih bersih,” ujarnya di sela diskusi bersama Forwot belum lama ini.

Foto MID Honda All-new Brio Satya E CVT Arfian

Pakai BBM sesuai rekomendasi bisa membuat mobil kian efisien mengolah BBM

Eko menambahkan, udara bersih saat ini menjadi salah satu kepedulian Pertamina. Pasalnya, udara bersih akan meningkatkan kesehatan masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Berkaca saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 1 pada awal tahun 2020, dimana berdasarkan kajian Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Konsentrasi Maksimum Particulate Matters (PM)2,5 menurun sekitar 0,02%-35,07% di 5 Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU). Selama PSBB, semua SPKU juga telah memenuhi Baku Mutu Harian (<65ug/m3).

Produk Unggulan Pertamina

Untuk menjaga kualitas udara ini, Pertamina memiliki beberapa varian produk BBM yang dapat digunakan sesuai dengan jenis dan spesifikasi kendaraan. Untuk kendaraan yang menggunakan bensin, dapat menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), atau Pertamax Turbo (RON (98). Sementara bagi kendaraan diesel, terdapat varian produk Dexlite dan Pertamina Dex. 

Gambar katup VTEC dan VTC mesin Honda

Mesin berteknologi modern akan 'senang' jika diberi BBM berkualitas

“Saat ini dimana sebagian masyarakat sudah menggunakan kendaraannya, kami mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kualitas udara dengan memakai BBM berkualitas tersebut,” katanya. 

Dengan menggunakan mengisi BBM dengan emisi rendah ini, masyarakat ikut berkontribusi menciptakan udara bersih, lingkungan yang asri, sehat dan baik bagi keluarga. Untuk informasi produk dan layanan, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman selama PSBB Jakarta

14/09/2020

Pasar mobil

3 menit

PSBB Jakarta kembali berlaku mulai hari ini 14 September 2020. Meski begitu Pertamina pastikan bahwa distribusi Bahan Bakar Minyak Aman tidak akan ada kendala.

Lihat juga

Pertamina Operasikan 28 Pertashop di Kalimantan, Ini Lokasinya

13/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pertamina sudah mengoperasikan 28 Pertashop di Kalimantan dalam rangka memudahkan masyarakat yang jauh dari SPBU melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM).

Lihat juga

Ada Cashback 30% Setiap Pembelian BBM Pertamina

03/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Merayakan Hari Pelanggan Nasional di bulan ini Pertamina tawarkan banyak promo menarik. Salah satunya cashback 30% setiap pembelian BBM Pertamina.

Lihat juga

Belum Dihapus, Pertamina Masih Jual BBM Premium!

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Pertamina (Persero) kembali menegaskan bahwa pihaknya hingga saat ini masih jual BBM premium yang tersedia di 4.700 outletnya dengan bensin jenis lain.

Lihat juga

Satu Tahun Layanan PDS Pertamina Tembus 25.000 Pesanan

18/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Layanan PDS Pertamina meningkat pesat. Dalam waktu satu tahun sejak diluncurkan pada Agustus 2019, PDS telah melayani 25.000 pesanan di seluruh Indonesia.

Lihat juga