Mengintip Penjualan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mengintip Penjualan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport
Penjualan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport tahun 2020 saling berkejaran. Dan berikut angka yang berhasil dicapai sejak Januari hingga Agustus!

Pandemi COVID-19 telah berpengaruh besar terhadap penjualan mobil di tanah air. Semenjak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bulan April angkanya menjadi sangat rendah. Bahkan hingga PSBB Transisi yang dimulai bulan Juni hingga saat ini penjualan belum kembali ke performa terbaiknya.

Penjualan Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport

Meski demikian, kondisi di atas tidak mengendurkan persaingan Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport. Kedua SUV tersebut tetap berebut untuk menjadi yang terbaik dan terfavorit. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat salip menyalip penjualan keduanya terus terjadi sejak awal tahun.

Dimulai dari bulan Januari, Pajero Sport berada di depan dengan penjualan sebanyak 1.417 unit. Sedangkan Fortuner hanya terjual sebanyak 1.097 unit. Bulan Februari gantian Fortuner berada di depan dengan penjualan sebanyak 1.700 unit. Sedangkan Pajero Sport hanya terjual sebanyak 1.161 unit.

Bulan berikutnya yaitu Maret, Fortuner masih bertahan di depan dengan penjualan sebanyak 1.683 unit. Sedangkan Pajero Sport hanya terjual sebanyak 1.417 unit. Pada bulan April dimana PSBB untuk pertama kalinya dimulai, Pajero Sport kencang di depan dengan penjualan sebanyak 1.161 unit. Sedangkan Fortuner turun tajam dengan penjualan sebanyak 252 unit.

>>> Layak Usung Emblem DAKAR, Ini Kiprah Mitsubishi Pajero di Reli Dakar

Foto menunjukkan Toyota Fortuner tampak dari samping depan

Fortuner unggulan Toyota di segmen SUV tanah air

Di bulan Mei, penjualan keduanya semakin menurun. Namun Pajero Sport masih memimpin dengan penjualan sebanyak 109 unit. Dan Fortuner hanya terjual sebanyak 30 unit. Pajero Sport kembali berada di depan pada bulan Juni dengan penjualan sebanyak 324 unit. Sedangkan Fortuner hanya terjual sebanyak 295 unit.

Momen overtake terjadi di bulan Juli dimana Fortuner berada di depan dengan penjualan sebanyak 1.667 unit. Sedangkan Pajero Sport hanya mampu terjual sebanyak 703 unit.
Di bulan Agustus Pajero Sport kembali unggul dengan torehan sebanyak 337 unit. Sedangkan Fortuner hanya mampu terjual sebanyak 295 unit.

Secara keseluruhan sepanjang 8 bulan pertama 2020, Mitsubishi Pajero Sport lebih banyak unggul dalam penjualan bulanan, yaitu sebanyak 5 kali. Namun demikian jumlah unit yang terjual masih lebih banyak Toyota Fortuner.

Totalnya penjualan Toyota Fortuner mencapai 7.017 unit dan Mitsubishi Pajero Sport sebanyak 6.629 unit. Bagaimana dengan yang lain, seperti Nissan Terra.

>>> Review Toyota Fortuner Legender 2020: Fortuner yang Paling Wah

Mitsubishi Pajero Sport bersaing ketat dengan Toyota Fortuner

Penjualan Nissan Terra

Nissan Terra digadang mengusik persaingan Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport. Namun kenyataannya beda, SUV yang diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 BSD City Tangerang itu belum menunjukkan performa terbaiknya.

Sepanjang Januari-Agustus 2020 penjualan Nissan Terra baru mencapai 799 unit, jauh di bawah penjualan Fortuner maupun Pajero Sport.

>>> Temukan Nissan Terra Favoritmu di sini!

Foto menunjukkan interior Nissan Terra

Interior lapang Nissan Terra

>>> Baca berita otomotif lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Penjualan Mobil di Indonesia Disalip Negara yang Bisa Kendalikan Covid

23/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia harus rela disalip oleh negara-negara ASEAN yang tercatat mampu mengendalikan laju penyebaran virus corona atau Covid-19.

Lihat juga

Gaikindo Usul 2 Jurus Tingkatkan Penjualan Mobil di Indonesia

21/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada sejumlah cara yang diusulkan Gaikindo untuk meningkatkan penjualan mobil di Indonesia. Kedua jurus itu antara lain memangkas BBN dan diskon denda pajak.

Lihat juga

Ini Perbedaan Antara Mitsubishi Pajero Sport Dengan Mitsubishi Pajero

03/08/2020

Pasar mobil

5 menit

Mitsubishi Pajero memang stop produksi, namun Pajero yang dimaksud ini berbeda dengan Mitsubishi Pajero Sport, mari kita ketahui perbedaan antar keduanya

Lihat juga

Tips Memilih Oli Mobil Terbaik untuk Fortuner Diesel Anda

04/04/2020

Perawatan dan service

4 menit

Toyota Fortuner dipasarkan dengan dua pilihan bahan bakar, diesel dan bensin. Ini dia tips bagi yang ingin mendapatkan oli mobil terbaik untuk Fortuner diesel.

Lihat juga

Toyota Land Cruiser Prado 2021 Pakai Mesin Fortuner

01/09/2020

Mobil baru

5 menit

Toyota Land Cruiser Prado 2021 akan memiliki banyak perubahan dan penambahan fitur baru, termasuk menggunakan mesin 2.800 cc turbo diesel milik Fortuner facelift.

Lihat juga
 
back to top