Mengintip Penjualan Nissan Juke di Indonesia, Crossover Yang Terlalu Segmented

10/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mengintip Penjualan Nissan Juke di Indonesia, Crossover Yang Terlalu Segmented
Sejak hadir di Indonesia pada 1 Juni 2011 hingga sekarang, Nissan Juke masih setia menjadi line up Nissan Motor Indonesia. Bagaimana catatan penjualan Nissan Juke saat ini?

Meski bukan mobil keluarga yang multifungsi, city car, hatchback maupun compact crossover berkapasitas 5 penumpang punya penggemar tersendiri. Namun karena segmennya yang terbatas, penjualan mobil tipe tersebut tak sebesar penjualan mobil keluarga 7 penumpang. Salah satu yang kondisinya cukup 'mengenaskan' yaitu Nissan Juke.

Foto Nissan Juke warna biru tampak dari samping depan

Nissan Juke, digemari kalangan tertentu

Di antara kompetitornya di segmen compact crossover yang juga dihuni Suzuki SX4 S-Cross, Chevrolet Trax, Mazda CX-3, Toyota C-HR, dan Honda HR-V, penjualan Nissan Juke adalah yang paling minim. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan Nissan Juke sepanjang tahun 2017 (wholesales) hanya 229 unit saja. Tahun 2018 lebih merosot lagi dengan penjualan sebanyak 146 unit. Tahun 2019 ini, dari Januari hingga Mei penjualan tidak makin membaik, bahkan makin habis. Hanya 19 unit saja dikirim ke diler di sepanjang lima bulan. Kehadiran New Nissan Juke dan Nissan Juke Revolt di awal 2015 rupanya tidak banyak membantu.

>>> Uni Eropa Tolak Gagasan Mobil Berbasis Wi-Fi Sebagai Standar Kendaraan Eropa

Raihan penjualan Nissan Juke tersebut lebih buruk dibanding Mazda CX-3 yang mampu mencatatkan penjualan sebanyak 848 unit di tahun 2017, 715 unit di tahun 2018 dan 309 unit di tahun 2019 (Januari-Mei). Juga lebih jauh dibanding Chevrolet Trax yang mencatatkan penjualan sebanyak 1969 unit di tahun 2017, 1.454 unti di tahun 2018, dan 485 unit di tahun 2019 (Januari-Mei).

Apa yang 'kurang' dari Nissan Juke sehingga performanya begitu buruk?

Mobil ini dibekali mesin 1.498 cc dengan tenaga maksimum 114 Ps @6.000 rpm dan torsi maksimum 150 Nm @4.000. Harga jualnya juga kompetitif mulai dari Rp 303,3 juta untuk tipe terendah hingga Rp 326,6 juta untuk tipe tertinggi, yaitu Juke Revolt II. Jika ada yang kurang, mungkin terletak pada desainnya.

>>> Review Nissan Juke 2011, Ketika Benci Dan Cinta Bercampur Jadi Satu

Tampilan Nissan Juke Revolt yang lebih menarik dibanding versi sebelumnya

Nissan Juke, desainnya terlalu unit membuatnya sangat segmented

Untuk diketahui Nissan Juke memang bukan mobil biasa. Sejak kehadirannya di Indonesia mobil berjenis compact crossover ini sudah jadi kontroversi karena desainnya yang nyleneh. Beberapa kalangan bahkan merasa 'benci sebenci-bencinya' meski mobil ini meraih banyak penghargaan.

"Tahun 2011, empat tahun yang lalu, ketika Juke pertama di-launching, begitu banyak kontroversi. Ada yang suka dengan desainnya. Ada juga yang begitu bencinya dengan Nissan Juke," tutur General Manager Marketing Strategy & Product Planning Nissan Motor Indonesia, Budi Nur Mukmin di sela-sela peluncuran Nissan Juke Revolt tahun 2015 silam. "The end of the day, Nissan Juke memenuhi penghargaan yang diberikan teman-teman media. Hingga tahun ini, Juke sudah mengumpulkan 12 penghargaan. Entah mengapa masih banyak orang yang tidak suka Nissan Juke. Saya pikir mereka tidak punya cukup nyali untuk menyukai Nissan Juke," lanjutnya.

>>> Tertarik membeli mobil Nissan, Cek harganya di sini!

Belum diketahui apa penjualan Nissan Juke ini bakal terus dipertahankan atau ditutup rapat seperti yang terjadi pada si boxy Nissan Evalia. Ditunggu saja!

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Diler Nissan Datsun Mlati Yogyakarta Resmi Mengusung Wajah & Pelayanan Terbaru

08/07/2019

Pasar mobil

5 menit

Menggunakan standar desain retail global, kini diler Nissan dan Datsun di kawasan Yogyakarta siap berikan pelayanan terbaik untuk konsumen setia

Lihat juga

Confero S Dibalap Livina, Wuling Masih Tetap Unggul Dari Nissan

28/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Andalan merek China di segmen low MPV, Wuling Confero S sukses disalip Nissan Livina dengan jarak yang cukup jauh. Meski demikian hasil akhir menunjukkan Wuling tetap lebih unggul dibanding Nissan. Siapa backing baru Wuling?

Lihat juga

Nissan Dan Datsun Buka Diler Baru Di Rancaekek

28/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Nissan dan Datsun menatap positif pasar mobil Nasional dengan terus memperluas jaringan penjualan dan aftersalesnya di berbagai daerah, salah satunya dengan meresmikan diler Nissan dan Datsun Rancaekek yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Lihat juga

Inikah Tampilan Generasi Kedua Nissan Juke Bertenaga Hybrid?

07/06/2019

Mobil baru

2 menit

Setelah hampir 10 tahun berada di pasaran, generasi kedua Nissan Juke baru dirancang untuk mengakomodasi teknologi hibrida, bahkan mungkin kendaraan listrik murni. Model generasi berikutnya diprediksi akan dijual awal tahun depan.

Lihat juga

Beginikah Tampilan All New Nissan Juke 2019?

05/04/2019

Mobil baru

Rekan satu grup kami asal India, IndianAutosBlog memvisualisasikan All New Nissan Juke terbaru. Setelah beberapa media luar menangkap spy shoot mobil ini dites berbalut kamuflase, lantas beginikah tampilan All New Nissan Juke 2019?

Lihat juga
 
back to top