Mengintip Penjualan Mobil di ASEAN, Indonesia Urutan Berapa?

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mengintip Penjualan Mobil di ASEAN, Indonesia Urutan Berapa?
Penjualan mobil di kawasan ASEAN perlahan-lahan mulai pulih. Thailand berada di puncak penjualan mobil kawasan ASEAN, sedangkan Indonesia berada di posisi tiga.

Penurunan penjualan mobil juga dialami oleh negara-negara di kawasan ASEAN. Dalam data yang dirilis ASEAN Automotive Federation (AAF) tampak hampir semua negara mengalami penurunan penjualan mobil yang amat drastis. Terutama pada bulan Maret di saat virus corona mulai merambah di kawasan ASEAN. 

Secara total pada periode Januari hingga Juli 2020, dari delapan negara yang terdaftar dalam AAF baru membukukan penjualan mobil sebesar 195.900 unit atau turun 32,7 persen dari periode yang sama tahun 2019.

Penurunan yang cukup drastis, mengingat pada tahun 2019 penjualan mobil di ASEAN mencapai 290.984 unit. 

Penjualan mobil di ASEAN

Malaysia tempati urutan kedua penjualan mobil terbesar di ASEAN

>>> Mitsubishi Tak Punya Rencana Bikin Mobil Sedan untuk Pasar ASEAN

Thailand Teratas

Terlihat penjualan mobil di masing-masing negara perlahan mulai pulih pada bulan Juli 2020. Penjualan mobil di wilayah ASEAN paling banyak ditorehkan oleh Thailand. Pada Juli, ada 59.335 unit mobil terjual di Negeri Gajah Putih itu. 

Di bawah Thailand ada Malaysia. Malaysia menjadi negara kedua dengan penjualan mobil terbanyak di kawasan ASEAN. Total penjualan mobil di Malaysia pada Juli yakni 57.552 unit. Bahkan pencapaian ini justru lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun 2019. 

Indonesia mengisi tempat ketiga penjualan mobil di kawasan ASEAN. Total sepanjang bulan ketujuh tahun 2020, 25.283 unit mobil terjual di Tanah Air. Dibandingkan tahun lalu, penjualan pada Juli memang sangat turun drastis. Masih dalam data yang sama, pada tahun 2019, Indonesia mampu menjual 89.254 unit. 

Penjualan mobil pulih

Penjualan mobil diprediksi cepat pulih bila tak ada gelombang kedua

Di posisi keempat ada Vietnam. Penjualan mobil di Vietnam tampak mulai pulih perlahan-lahan. Tercatat pada Juli 2020, sebanyak 24.065 unit mobil terjual. Angka ini hanya berbeda sedikit dibandingkan periode yang sama tahun 2019 yakni sebesar 26.666 unit. 

>>> Honda Civic Hatchback 2020 Segera Masuki Pasar ASEAN, Tampil Lebih Segar dan Sporty

Perlahan Mulai Pulih

Kemudian di tempat kelima ada Filipina. Filipina mampu menjual 20.542 unit mobil sepanjang Juli. Menyusul setelahnya ada Singapura dengan 5.835 unit, Myanmar 2.258 unit, dan Brunei Darussalam sebesar 1.030 unit.

Jika ditotal secara keseluruhan, kedelapan negara tersebut telah menjual sebanyak 1.189.560 unit. Padahal penjualan mobil di ASEAN periode Januari-Juli 2019 bisa mencapai 1.985.553 unit. 

Penjualan mobil sendiri diprediksi akan pulih secara perlahan-lahan, namun dengan catatan tak ada gelombang kedua penyebaran virus corona di kedelapan negara tersebut. 

>>> Berita seputar mobil baru bisa Anda lihat di sini 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Thailand Bakal Jadi Pusat Produksi Otomotif di ASEAN

25/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Kepergian Nissan dari Indonesia membuat Pemerintah Thailand optimis tetap akan menjadi pusat produksi otomotif utama di Asia Tenggara pasca pandemi Covid-19.

Lihat juga

Mitsubishi Makin Serius Garap Penjualan di Kawasan ASEAN

24/06/2020

Pasar mobil

4 menit

Mitsubishi Motors Corporation baru-baru ini mengumumkan untuk semakin serius menggarap penjualan di kawasan ASEAN. Hal ini lantaran ASEAN cukup menjanjikan.

Lihat juga

Mitsubishi Tak Punya Rencana Bikin Mobil Sedan untuk Pasar ASEAN

05/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Pasar SUV memang tengah naik daun di berbagai penjuru dunia. Untuk itu, Mitsubishi pun fokus menjual SUV ketimbang mobil sedan yang pamornya sedang turun.

Lihat juga

ASEAN NCAP Siap Uji Autonomous Emergency Braking Mandiri

17/07/2020

Event - Promosi

3 menit

ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) bersiap untuk melakukan tes pengembangan terhadap sistem keamanan Autonomous Emergency Braking (AEB) pada mobil baru...

Lihat juga

Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Sepakat Mitsubishi Pimpin ASEAN

28/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi umumkan strategi terbaru. Perihal geografis, Renault pimpin pasar Eropa, Nissan di Tiongkok dan Mitsubishi di Asia Tenggara.

Lihat juga