Mengganti Pelat Nomor Putih, Apa Alasannya?

29/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Mengganti Pelat Nomor Putih, Apa Alasannya?
Saat ini, wacana penggantian pelat nomor putih semakin kencang berhembus. Berbagai pihak menjelaskan perubahan ini dilakukan untuk visibilitas kendaraan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiadi, mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri berencana untuk melakukan diskusi membahas wacana tersebut. Rencananya, perubahan pelat nomor putih mulai diberlakukan pada 2019 mendatang.

"Kalau kita setuju saja, karena kalau seperti itu keputusannya memang dari Korlantas bukan dari kami. Tetapi, itu bagus sekali jika memang mau diganti warna dasarnya," terang Budi kepada Kompas beberapa waktu lalu.

Gambar yang menunjukan pelat nomor berwarna putih

Beredar unggahan pelat nomor berwarna putih

"Ketika diberitahu akan diganti putih, dan kami sangat setuju mengingat di luar negeri pun memang seperti itu,” lanjutnya.

Negara lain kebanyakan menggunakan pelat nomor dengan dasar berwarna cerah. Seperti contohnya Jepang dan Inggris yang memiliki pelat berwarna putih dengan angka dan tulisan berwarna hitam.

>>> Polisi larang pengemudi tempel stiker pada pelat nomor

Meningkatkan visibilitas

Perubahan ini bukan tanpa alasan. Tujuan utama adalah untuk alasan keamanan. Pemerintah mengungkapkan akan beralih ke sistem yang menggunakan CCTV sebagai penegakan hukum atau electronic law enforcement. Pelat nomor berwarna putih akan memudahkan pembacaan serta memudahkan pengidentifikasian ketika kendaraan dilihat dalam CCTV.

Gambar yang menunjukan seorang yang sedang mendorong mobil

Pelat nomor putih akan meningkatkan visibilitas dalam CCTV

Menanggapi rencana tersebut, Jusri Pulubuhu selaku Direktur Pelatihan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) berpendapat bahwa penggantian warna pelat nomor kendaraan merupakan rencana tepat.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Dalam wawancaranya bersama media, Jumat (27/7) lalu, ia menjelaskan "Kalau bicara dari kesalahan keamanan di jalan raya, kemampuan mata membaca warna khusus dari jarak jauh adalah warna-warna yang dikeluarkan oleh putih, kuning, kemudian merah, enggak ada hitam.”

"Dari sisi visibilitas ini jelas membantu. Kalau memang benar diterapkan, saya rasa bisa lebih mudah dideteksi oleh mata maupun kamera pengawas di jalan raya," jelasnya.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Dapatkan informasi selengkapnya di sini

Gambar yang menunjukan mobil Jepang dengan pelat nomor berwarna putih

Jepang merupakan salah satu negara dengan pelat nomor berwarna putih

Brigjen Halim Pagarra, Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, menyebutkan perkembangan wacana ini sudah sampai pada tahap revisi aturan dan diskusi bersama dengan instansi terkait. "Kita juga meminta masukan dari para pemangku kepentingan melalui forum diskusi dan sosialisasi," ujar Halim kepada Kompas.

Rencananya, penerapan untuk tahap awal akan dilakukan tahun depan, sedangkan untuk mobil atau sepeda motor bekas akan menyusul.

>>> Berbagai berita terlengkap dunia otomotif dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top