Mengenang Nikola Tesla dan Misteri Mobil Listrik Tanpa Baterai

12/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Peneliti yang dikenal dengan nama ‘Mad Genius’ disebut-sebut menciptakan mobil listrik masa depan yang bisa berjalan tanpa menggunakan baterai, hoax atau fakta?

Tak banyak yang mengenal Nikola Tesla sebagai salah satu peneliti dan penemu jenius di bidang kelistrikan, Dengan ulang tahunnya pada 10 Juli 1856 lalu, berikut satu rahasia besar yang masih menyelimuti ‘mad genius’ ini, yaitu penelitiannya tentang mobil listrik tanpa baterai yang masih menjadi pertanyaan.

Dikembangkan Tanpa Baterai

Mobil listrik Tesla yang paling umum dilaporkan yaitu model Pierce-Arrow yang dikonversi dari mobil bahan bakar dari tahun 1931. Versi ini tercatat pada buku Rahasia Teknologi Perang Dingin - HAARP dan Dibaliknya oleh Gerry Vassilatos.

Disana, Gerry menyebutkan bahwa Tesla memodifikasi Pierce Arrow miliknya dengan memasukan motor AC dengan panjang sekitar 90 cm dan lebar 60 cm. Ada dua kabel yang terhubung ke dashboard, lengkap dengan baterai penyimpanan 12 volt. Motor ini disebut mampu menghadirkan 80 daya kuda dengan kecepatan rotor 30 putaran per menit.

mobil Pierce Arrow gaya klasik dalam film hitam putih
Nikola disebut menggunakan mobil Pierce Arrow

Dia menyerahkan kunci mobil ke Peter Savo, keponakannya. Savo menyalakan mobil, namun tidak terdengar bunyi mesin. Ia menginjak pedal gas, dan mobil langsung bergerak. Diberitakan bahwa Savo berkendara sejauh 80 kilometer melalui kota hingga pedesaan di sekitarnya. Bahkan ia mampu mencapai kecepatan 144 km/jam.

Kisah ini telah lama beredar di media sosial dengan. Sejarah menyebutkan bahwa beritanya pertama kali diterbitkan di New York Daily News keluaran 2 April 1934 dengan judul Tesla’s Wireless Power Dream Nears Reality (Mimpi Tenaga Tanpa Kabel Tesla Hampir Menjadi Kenyataan).

>>> Mobil Listrik Anak Bangsa Ini Lebih Keren Dari Esemka

Hoax Atau Fakta?

Banyak yang tak mempercayai cerita tersebut, tapi tak sedikit bertanya-tanya tentang keaslian berita ini. Mengingat Tesla telah berhasil membangun Wanderclyffe Tower dalam eksperimennya dari tahun 1901 hingga 1917. Fasilitas ini digunakan untuk menguji siaran listrik sebagai gelombang EM melalui udara, sama seperti gelombang EM melalui radio untuk menyiarkan audio.

Sistem ini bisa dikembangkan untuk memungkinkan mobil listrik yang berjalan tanpa baterai. Memberikan daya listrik selama mobil berada di dalam jangkauan tower tersebut, sama seperti gelombang sinyal milik perusahaan telekomunikasi.

Nikola Tesla Tower yang bisa menghasilkan listrik
Nikola Tesla sempat mengembangkan tower untuk listrik gratis bagi penduduk

Walaupun Tesla memiliki beberapa keraguan mengenai daya nirkabel untuk kendaraan, sebagaimana wawancaranya dengan Radio News pada November 1922. Ia menyebutkan bahwa sistem transportasi yang sudah digunakan menghadirkan keuntungan praktikal tersendiri. Begitu pula dengan susahnya menggunakan metode baru untuk tenaga kendaraan.

Cerita populer mengenai mobil karya Nikola Tesla yang dikembangkan tanpa baterai sepertinya tak benar. Tapi gagasan mengenai mobil listrik nirkabel dan tanpa baterai listrik tentu saja sangat menarik untuk dikembangkan nantinya.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top