Mengenal Mitsubishi Model A, Cikal Bakal Mobil Modern Mitsubishi

28/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mitsubishi adalah salah satu pabrikan mobil modern teradvanced di dunia, namun jangan jadi kacang lupa kulitnya mari mengenai Mitsubishi A yang jadi cikal bakal mobil modern Mitsubishi

Hari ini mobil Mitsubishi Motors tersebar dan dikemudikan oleh pengendara di seluruh penjuru dunia untuk mencapai mimpi dan ambisinya. Capaian ini tidak dapat dipisahkan dari keunggulan dan sisi historis produk yang melekat pada brand Mitsubishi Motors dan mindset pengguna. Dari berbagai macam hal yang mungkin terlintas di kepala pengguna, motorsportdan rallyadalah hal tak terbantahkan sebagai warisan yang kuat mempengaruhi DNA mobil Mitsubishi Motors saat ini dan di masa mendatang.

Gambar menunjukkan Mitsubishi Lancer Evolution X ikut reli Indonesia

Mitsubishi kental dengan sejarah reli

Mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai awal mula dan pengembangan mobil Mitsubishi. Mitsubishi Model A adalah mobil produksi awal Mitsubishi yang dirancang di Kobe Shipyard, Mitsubishi Shipbuilding Company; yang sekarang adalah Mitsubishi Heavy Industries (MHI). (Mitsubishi Motors Corporation berpisah dari MHI pada tahun 1970). Menjadi cikal bakal mobil penumpang modern Mitsubishi Motors, dengan prototipe yang dimulai pada musim panas tahun 1917 dan selesai diproduksi pada November 1918.

Sejarah Mitsubishi A

Gambar menunjukkan Mitsubishi Model A 1918

Mitsubishi dengan model A

Meskipun pada masa itu sudah terdapat beberapa alat dan mesin khusus otomotif, Mitsubishi dengan Model A pertama diproduksi secara manual dengan tangan menggunakan palu dan pahat. Bodi mobil yang terbuat dari kayu yang dipernis, dan interiornya menggunakan kain wol Inggris yang mewah. Dengan segenap keberanian tersebut Mitsubishi Model A mulai dibuat dan hasilnya cukup mencengangkan insan otomotif kala itu.

>>> Mobil bekas akan dilirik pada era New Normal Ini

Dibuat Ulang

Dengan tidak adanya gambar desain untuk bekerja, dan dengan sedikit pengetahuan tentang mesin bensin, bodi mobil, interior, dan pengalaman lain dalam proses produksi, insinyur Mitsubishi mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan menunjukkan bahwa produksi massal mobil dalam negeri adalah hal yang mungkin. Pada tahun 1921 Mitsubishi Model A menjadi mobil penumpang seri produksi pertama Jepang dan tercatat sebagai sebuah mobil yang memiliki makna penting dalam industri otomotif Jepang.

 Gambar Mitsubishi Model A

Mobil ini dibuat ulang dan dipajang di Jepang

November lalu MMC mengumumkan bahwa Mitsubishi Model A telah dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame* (JAHFA), sebuah lembaga non-profit, sebagai Mobil Bersejarah yang menandai keunggulan pada sejarah industry otomotif Jepang. Saat ini replika dari Mitsubishi untuk Model A, yang dibuat ulang menggunakan arsip dan dokumen lampau, dipamerkan di Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki City, Prefektur Aichi.

Foto tampilan samping Mitsubishi Xpander Cross 1.5 AT 2019

Xpander Cross merupakan bukti konsistensi produk Mitsubishi yang berkarakter dan canggih

Mitsubishi dengan Model A tidak hanya penting bagi sejarah Mitsubishi Motors, namun juga industry otomotif Jepang. Mitsubishi Motors telah berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan kualitas terbaik, memahami preferensi dan kebutuhan konsumen. sejak awal, ketika kami memproduksi masal kendaraan pertama. Saat ini lini Mitsubishi Motors hadir dengan pilar utama: SUV, PHEV dan teknologi terkoneksi yang mampu menjawab kebutuhan konsumen dan tatangan zamanujar Ryoichi Inaba, Director of Product Strategy Division PT MMKSI.  

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top