Mengenal Lebih Jauh Kiprah Dan Sejarah BOSCH Di Indonesia, Dalam Acara ‘Getting Closer With BOSCH’

20/10/2019

Pasar mobil

7 menit

Share this post:
Mengenal Lebih Jauh Kiprah Dan Sejarah BOSCH Di Indonesia, Dalam Acara ‘Getting Closer With BOSCH’
PT. Robert BOSCH menggelar acara ‘Getting Closer with BOSCH’, guna memperkenalkan apa saja kiprah dan kontribusi perusahaan asal Jerman ini di Indonesia. Pasalnya, tanpa disadari, produk-produk BOSCH sudah kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada tanggal 17-19 Oktober 2019, Tim Cintamobil.com diundang untuk menghadiri acara ‘Getting Closer With BOSCH’ di Surabaya. Secara eksklusif, kami para media diajak berkeliling di kantor cabangnya sembari ditemani Andrew Powell selaku Managing Director BOSCH.

Andrew Powell menjelaskan banyak hal terkait kiprah dan sejarah BOSCH di Indonesia

Selama acara kami ditemani oleh Andrew berkeliling melihat setiap produk BOSCH

Dari program yang berlangsung di kantor BOSCH ini, kami dijelaskan berbagai macam hal. Mulai dari sejarah, divisi penjualan, kiprah BOSCH hingga saat ini dan yang paling menarik adalah merasakan langsung setiap produknya.

>>> Untuk Pertama Kalinya, BOSCH Ajak Anak Muda Membangun Indonesia Lewat Teknologi Digital

Sekilas Sejarah BOSCH Di Indonesia

Tepat di tahun 1919, setelah usainya perang dunia pertama, PT. Robert BOSCH merasa harus mulai membangun kembali bisnisnya secara internasional.

Andrew Powell Menjelaskan Sejarah BOSCH sejak tahun 1919 di Surabaya

Andrew ketika menjelaskan sejarah BOSCH Indonesia

Ketika pondasi ASEAN dirasa mulai kuat, Indonesia akhirnya dipilih sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi basis penjualan BOSCH. Sejarah BOSCH di Indonesia dimulai pada titik ini.

Menariknya, Surabaya dipilih menjadi kota pertama dalam basis penjualannya. Namun kala itu, orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan “Trading Company van Rijn” sebagai representasi dari BOSCH sendiri.

Sejarah BOSCH Di Indonesia dimulai di Surabaya pada tahun 1919 dengan nama Willem Van Rijn

BOSCH pertama kali hadir di Indonesia lewat kota Surabaya

Kala itu, BOSCH masih sangat bergantung besar pada industri teknologi otomotif. Pendekatan yang dilakukan pun begitu, mengandalkan partner dagang yang sudah punya rekam jejak mumpuni dan memahami aspek lokal. Hal tersebut juga diaplikasikan di beberapa negara ASEAN lainnya seperti Malaysia, Singapore, Thailand dan Filipina.

>>> BOSCH: Kami Siap Menyambut Era Elektrifikasi, Saatnya Mobil Listrik Indonesia Berkembang

Kiprah BOSCH Saat Ini Di Indonesia

Menghadapi era masa depan, BOSCH merasa tertantang untuk berkontribusi menghasilkan solusi. Tentu kita saat ini tahu bahwa infrastruktur semakin berkembang terbukti dari hadirnya istilah-istilah baru dalam dunia teknologi meliputi Smart City, Smart Home dan Industri 4.0.

Selama proses meraih visi tersebut, saat ini BOSCH punya total enam divisi yakni Mobility Solution, Automotive Aftermarket, Building Technology, Industrial Technology, Thermotechnology serta Drive and Control.

Yang masuk ke dalam ranah otomotif meliputi dua hal yakni Mobility Solution serta Automotive Aftermarket. Soal divisi Mobility Solution, BOSCH berhasil menciptakan Electronic Control Unit (ECU) berlabel ‘Made in Indonesia’ pertama kalinya di tahun 2018. Diproduksi secara langsung di fasilitas Powertrain di Cikarang, Jawa Barat.

ECU BOSCH Made In Indonesia diluncurkan pada tahun 2018 yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat

Inilah produk ECU BOSCH yang berhasil dilabeli ‘Made in Indonesia’

Kedua adalah sektor Automotive Aftermarket yang bergelut seputar pengenalan stasiun pengisian Electric Vehicle (EV), kendaraan Hybrid serta mobil listrik.

Kontribusi BOSCH Terhadap Mobil Listrik

Pada tahun 2018 lalu, BOSCH sukses menjalin kemitraan bersama dengan Pertamina terkait pengaplikasian status pengisi daya kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di SPBU Green Energy.

Lebih daripada itu, BOSCH juga nyatanya sudah menyediakan unit stasiun pengisian listrik untuk salah satu produsen EV di Tanah Air.

>>> Klik di sini untuk menyimak berita mobil terupdate lainnya

Share this post:

Berita lain

Bosch Kembangkan Alat Peledak dalam Mobil Listrik, Untuk Apa?

08/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Pengembangan mobil listrik semakin cepat untuk membuatnya lebih mudah digunakan. Bosch, sebagai perusahaan teknologi yang sering mengembangkan komponen otomotif menyebutkan sedang mengembangkan alat peledak dalam mobil listrik. Apa gunanya?

Lihat juga

Bosch Yakinkan Diri Jadi Bagian Percepatan Mobilitas Listrik di Indonesia

22/07/2019

Event - Promosi

4 menit

Bosch jadi bagian perkembangan mobilitas listrik di Indonesia lewat ragam inovasi komponen mobil listrik di GIIAS 2019

Lihat juga

Bosch Hadirkan Solusi Mobilitas Melalui Dua Teknologi Canggih

25/05/2019

Pengemudian

6 menit

Menghadapi zaman dan mobilitas yang semakin maju, Bosch menghadirkan solusi berupa pemutakhiran komponen powertrain listrik dan teknologi pengereman regeneratif.

Lihat juga

Bosch Beri Edukasi Pentingnya Sistem ABS Pada Sepeda Motor

02/11/2018

Pasar mobil

Bosch menekankan komitmen dalam upaya mengurangi kecelakaan lalu lintas melalui acara Bosch Beri Edukasi Pentingnya Sistem ABS Pada Sepeda Motor

Lihat juga

GIIAS 2018: Bosch Perkenalkan Stasiun Pengisian Listrik Rumahan dan Terminal Portabel

06/08/2018

Event - Promosi

Bosch membawa teknologi mobil listrik beserta stasiun pengisian rumahan dan terminal portabel dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018.

Lihat juga