Mengenal Fitur ID. Light, Lampu LED Interaktif Milik Volkswagen ID.4

05/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Selain mengembangkan kendaraan listrik dengan teknologi otonom, Volkswagen turut memperkenalkan ID. Light, lampu interaktif bagi pengguna Volkswagen ID. 4.

Peralihan menuju mobilitas tanpa emisi serba listrik membuat produsen mobil berlomba-lomba mengembangkan model EV (Electric Vehicle) mereka sendiri. Termasuk Volkswagen yang memperkenalkan seri Intelligent Design (ID) melalui seri pertama ID.3. Tambahan kedua adalah SUV kompak Volkswagen ID.4 yang diluncurkan dengan teknologi lampu LED interaktif.

Lampu LED ID. Light

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2020, Volkswagen ID.4 dipasarkan sebagai EV yang relatif terjangkau namun tetap menawarkan berbagai teknologi canggih. Lahir dari pengembangan kendaraan listrik Volkswagen dalam teknologi otonom, ID.4 mendapatkan LED tipis 54 warna yang ditempatkan di bagian bawah spion depan untuk berkomunikasi dengan penumpang kendaraan.

lampu ID. Light berwarna hijau
Lampu LED 54 warna diletakkan pada sisi depan kabin Volkswagen ID.4

>>> Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen

Dikenal dengan nama ID. Light, Lampu LED ini dirancang untuk bisa terlihat oleh pengemudi dan pada sudut tertentu bisa dilihat dari luar mobil. Teknisi dan insinyur Volkswagen menguji serta mengkalibrasi teknologi ini sehingga bisa berinteraksi namun tetap membuat pengemudi bisa tetap fokus pada jalan.

Ide dari fitur inovatif ini dikembangkan setelah penelitian ekstensif dari Volkswagen yang menemukan bahwa semakin banyak layar pada kabin maupun sistem modern yang malah mengalihkan perhatian pengemudi untuk fokus pada jalan.

>>> Harga Volkswagen ID.4 Crozz di China Lebih Murah dari Tesla Model 3

Berbagai fungsi interaktif

Dengan sistem LED ini, ada banyak hal yang bisa diberikan bagi pengemudi dan penumpang. Interaksi pertama terjadi saat pengemudi masuk ke dalam kabin. Ada animasi “Welcome” dalam warna putih dan biru yang mengindikasikan bahwa kendaraan listrik ini siap digunakan.

Selanjutnya lampu LED akan menyala ketika Anda menggunakan sistem navigasi onboard. Cahaya akan menampilkan petunjuk arah dengan garis biru animasi yang mengalir ke arah Anda selanjutnya. Misalnya ketika mendekati perempatan di mana pengemudi harus berbelok ke kanan, maka ID. Light akan berkedip biru, mengalir dari kiri ke kanan.

berbagai fungsi pada lampu Volkswagen ID.4
Berbagai fungsi yang bisa ditemukan pada ID. Light di Volkswagen ID.4

Ketika pengemudi atau penumpang ingin menggunakan kontrol suara, ID. Light akan merespons setiap perintah dengan menyalakan lampu putih di depan orang yang berbicara. Termasuk ketika ada pemberitahuan. Bilah lampu berkedip hijau ketika ada panggilan masuk atau berwarna merah ketika sistem keselamatan aktif, contohnya pada saat sistem pengereman darurat otomatis bekerja.

Volkswagen berjanji untuk menambahkan berbagai fungsi baru untuk ID. Light. Volkswagen ID.4 dan model lainnya akan mendapatkan berbagai pembaharuan perangkat lunak dalam mobil. Fitur ini juga bisa ditemukan sebagai sistem standar pada model Volkswagen ID.3 yang dijual di Eropa.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top