Mengenal Cupra Born, Mobil Listrik Baru VW Bergaya Balap

29/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Cupra Born dikonfirmasi bakal tampil di ajang IAA Mobility 2021 Munich 7-12 September mendatang. Seperti apa mobil listrik VW Group bergaya balap ini?

Cupra Born jadi salah satu model yang bakal tampil di ajang Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Mobility 2021 Munich Jerman 7-12 September mendatang. Beruntung buat mobil listrik ini karena belum lama diluncurkan langsung tampil di pameran otomotif bertaraf internasional. Apa yang menarik dari Cupra Born?

Sport Car Pertama Cupra

Nama Cupra boleh jadi tak begitu dikenal di Indonesia karena merek ini dan indukannya SEAT (VW Group) memang tidak menjual mobil di Tanah Air.

Cupra diperkenalkan sebagai merek baru pada 2018 menggantikan SEAT Sport. Dan secara independen Cupra mengkhususkan diri pada mobil-mobil berperforma tinggi. Cupra Born salah satunya, sport car listrik ini menjalani debut globalnya secara virtual pada 25 Mei 2021.

>>> Deretan Mobil Listrik Siap Debut di IAA Mobility 2021 Munich

Foto menunjukkan sport car listrik Cupra Born

Cupra Born, desain sporti-nya cukup menggoda

Desain

Dari desain yang ditawarkan, Cupra Born memang ideal dan layak disebut sebagai sport car, selayaknya mobil-mobil balap World Rally Championship (WRC). Mobil ini memiliki ukuran panjang 4.322 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.537 mm, dan jarak sumbu roda 2.766 mm.

Lebih panjang dan lebih rendah dari Renault Kiger yang memiliki ukuran panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.605 mm, dan jarak sumbu roda 2.500 mm.

Bagian depannya membentuk garis lancip dari atap hingga ujung bonet. Lampu utamanya kanan dan kiri menyempit ke tengah terhubung dengan garis hitam horizontal menambah kesan sporty. Ke bagian bawah ada bumper berukuran besar dengan motif unik dan aksen warna oranye.

Dari arah samping Born mengadopsi desain coupe dengan atap rendah di belakang. Sedikit ke bawah bagian samping nampak berkarakter dengan adanya garis bodi tegas dari fender depan hingga ujung lampu belakang.

>>> Pertama dalam Sejarah, Cupra Formentor Jadi Mobil Resmi FC Barcelona

Foto Cupra Born tampak samping belakang

Mengadopsi atap coupe yang rendah di belakang

Bagian belakang serasi dan sama sporty-nya dengan bagian depan. Lampu utama kanan kiri dibuat menyempit ke tengah terhubung dengan LED horizontal yang bisa menyala. Sementara di bagian bawah terdapat bodykit warna hitam sehingga tampak lebih sporty

Pindah ke bagian dalam, nuansa sport car langsung terlihat dari kursi depannya yang memiliki desain bucket dengan headrest menyatu. Untuk kursi belakang muat 3 penumpang dimana sandara bagian tengah bisa difungsikan sebagai armrest saat sedang tidak digunakan.

Di kursi bagian depan tatanan ruang kemudi sangat simpel. Sebagian besar pengoperasian kendaraan hingga multimedia dilakukan secara digital. Untuk display ada headunit 12 inchi float, dan layar klaster 5 inchi dibalik kemudi.

Untuk akomodasi barang tersedia bagasi berkapasitas 385 liter. Cukup untuk menyimpan barang bawaan ringan para penumpang.

Fitur

Cupra Born dilengkapi banyak fitur keselamatan, seperti sabuk pengaman 3-point dengan pretensioner dan pengingat visual maupun suara, airbag depan, bawah dan samping, sistem pengereman ABS, ESC Sport, electromechanical brake booster and regenerative brake, Lane Assist, Adaptive Cruise Control, Speed limiter system, Tiredness Recognition System, Pedestrian and cyclist protection, Turning Assist Emergency Call (eCall) dan masih banyak yang lain.

>>> Perhatikan, Ini Syarat Aman Menggunakan Fitur Cruise Control

Foto menunjukkan Interior Cupra Born

Interior simpel, namun canggih dan berteknologi

Performa

Terakhir untuk performa sport car listrik ini murni menggunakan listrik baterai 100%. Ada dua varian yang ditawarkan, yaitu CUPRA Born 45 dengan tenaga maksimum 150 HP (110 kW), dan jangkauan 349 km, serta CUPRA Born 58 bertenaga 204 HP (150 kW) dan jangkauan 427 km.

Cupra bakal menjual mobil ini secara global dan bertahap mulai November 2021 setelah sebelumnya dipamerkan di IAA Mobility 2021 Munich. Untuk harga masih dirahasiakan.

>>> Mau beli mobil baru, dapatkan informasi harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top