Mengenal BMW M3 GTR E46, Mobil Sport Legendaris di Game Need for Speed

12/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mengenal BMW M3 GTR E46, Mobil Sport Legendaris di Game Need for Speed
Mobil sport ikonik ini pernah menjadi wajah dari salah satu game legendaris pada masanya, yaitu Need for Speed: Most Wanted yang dirilis pada tahun 2005.

Bagi Anda penggemar otomotif sekaligus senang memainkan game bertema balapan mungkin familiar dengan mobil ini. Salah satu mobil sport langka yang menghiasi berbagai video game balap membuatnya menjadi salah satu mobil ikonik yang bisa dimainkan. Nama lengkapnya adalah BMW M4 GTR E46.

Hanya ada 10 unit

BMW M3 GTR E46 mulai diluncurkan pada Februari 2001 dan menjadi M3 pertama dalam sejarah perusahaan yang memiliki mesin V8. Dilansir dari BMW Blog, satu-satunya alasan pembuatan BMW M3 GTR adalah keinginan BMW untuk mengikuti Le Mans: yaitu setiap kendaraan yang dilombakan harus diproduksi dalam jumlah tertentu sebelum musim kompetisi dimulai.

mesin BMW M3 GTR E46 berwarna hitam
M3 GTR E46 merupakan BMW pertama yang menggunakan mesin V8

Untuk memenuhi aturan ini, BMW menjual 10 mobil sport M3 GTR yang layak jalan setelah musim Le Mans 2001, masing-masing seharga € 250.000 (atau sekitar Rp 4,4 miliar). Mobil ini menggunakan versi P60 yang sedikit penurunan tenaga, sehingga hanya mengeluarkan 380 daya kuda pada 7.000 rpm. Tenaga disalurkan melalui kopling cakram kembar ke girboks manual 6-percepatan dan variable locking M differential.

M3 GTR menghadirkan sasis yang sangat kaku dan pengaturan suspensi yang sangat sporty dari versi balapnya. BMW M3 GTR dibuat lebih rendah dibandingkan M3 standar. Desain depan dan fascia belakang yang direvisi disandingkan dengan sayap belakang untuk mengoptimalkan aerodinamika M3 GTR.

>>> Belum Dirilis, Wajah BMW Seri-4 Convertible Bocor di Media Sosial

mobil BMW M3 GTR E46 berwarna perak
BMW mengembangkan mobil ini untuk mengikuti Le Mans

Versi mobil jalan raya M3 GTR E46 diuntungkan dari pengurangan berat yang dilakukan. Atap, spoiler belakang, ventilasi kap kepan, dan fascia belakang semuanya terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon, samar seperti versi balap.

>>> BMW M4 2021 dan M4 GT3 Ramaikan MotoGP Styria

interior BMW M3 GTR E46 berwarna hitam
Tampilan dalamnya dibuat lebih sporty dengan kursi berlapis kulit Recaro

Tak hanya tampilan luarnya, tapi interior BMW M3 GTR juga direvisi ulang dengan memperhatikan bobot kendaraan. Jok balap berlapis kulit Recaro ditambahkan. Jok belakang dilepas, dan plat khusus M3 GTR menghadirkan tampilan yang lebih sporty pada mobil ini.

>>> Dapatkan pilihan mobil BMW baru dan bekas hanya di sini

Mobil sport Need for Speed

Jika ada satu mobil sport pada video game yang pantas dijuluki legendaris, maka BMW M3 GTR E46 yang ditampilkan pada Need for Speed: Most Wanted bisa menduduki peringkat pertama. Salah satunya adalah kesuksesan video game yang bahkan dimainkan oleh sebagian besar penggemar game balap di Indonesia pada awal kemunculannya.

BMW M3 GTR E46 di Need for Speed berwarna biru dan perak
Mobil sport legendaris dari Need for Speed: Most Wanted

Desainnya yang keren disandingkan dengan mesin LeMans 4.0L V8 yang ditambahkan sebagai dapur pacunya. Meski hanya 10 unit dijual, status yang dimiliki M3 GTR membuatnya juga ditambahkan pada berbagai iterasi Need for Speed lainnya, seperti Need for Speed: Carbon (2006), Need for Speed: World (2010), dan Need for Speed: No Limits (2018).

Namun yang paling fenomenal yaitu kemunculannya pada Need for Speed: Most Wanted yang dirilis oleh Electronic Arts pada tahun 2005. Mobil dengan kombinasi warna biru dan perak ini merupakan mobil pertama yang dimiliki pemain sebelum diambil oleh pembalap nomor 1, bernama Razor. Nantinya, mobil ini bisa dimainkan setelah pemain mengalahkan Razor dalam balapan.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

BMW Group Indonesia Donasi 2.500 Paket Sanitasi Anak Bersama Save The Children

11/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Bantuan senilai Rp 124.000.000 dari BMW Group Indonesia donasi diberikan untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19, khususnya untuk anak-anak.

Lihat juga

Pilihan BMW 2 Pintu dari yang Lawas Sampai Terbaru

21/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada banyak BMW 2 pintu yang dipasarkan baik secara global maupun singgah ke Indonesia. Mulai dari yang produksi tahun 1990-an sampai yang keluaran terbaru.

Lihat juga

Belum Dirilis, Wajah BMW Seri-4 Convertible Bocor di Media Sosial

10/09/2020

Mobil baru

2 menit

Baru tiga bulan setelah BMW memperkenalkan enerasi kedua dari Seri-4, foto terbaru di media sosial menghadirkan tampilan anyar BMW Seri-4 Convertible.

Lihat juga

SUV Buatan Vietnam, VinFast President Siap Tantang BMW X7-Lexus LX570

09/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Label pendatang baru yang tersemat pada produsen mobil asal Vietnam VinFast tak membuatnya ciut. VinFast dikabarkan telah menyiapkan SUV mewah, President.

Lihat juga

9 Mobil Listrik Baru BMW Mengantre untuk Mengaspal Hingga 2025

08/09/2020

Mobil baru

3 menit

Setidaknya BMW telah menyiapkan 9 mobil listrik baru hingga tahun 2025. Ini merupakan ambisi BMW untuk bisa menjual jutaan mobil listrik di seluruh dunia.

Lihat juga