Mengapa Tak Semua Model Mobil Diberikan Diskon PPnBM?

02/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Tidak semua model mobil mendapat keistimewaan berupa diskon PPnBM yang berlaku mulai Maret 2021. Mengapa hanya model tertentu yang mendapat insentif PPnBM?

Pemerintah sudah resmi memberikan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mulai 1 Maret 2021. Namun tidak semua model yang bisa mendapatkan diskon PPnBM.

Pemerintah memberikan syarat hanya mobil segmen sedan dan 4x2 dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc dengan kandungan lokal lebih dari 70 persen yang berhak mendapatkan keringanan PPnBM tersebut. 

>>> Harga Mobil Bekas Turun karena Ada Relaksasi PPnBM?

Diskon PPnBM Diberikan untuk Segmen Tertentu

Mengapa hanya segmen tersebut yang dipilih? Pemerintah beralasan mobil-mobil yang mengisi segmen tersebut tergolong sebagai produk dalam negeri dan telah menguasai lebih dari 91% pasar Indonesia sekaligus memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 80 persen. 

Menperin Agus

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

“Harus memenuhi persyaratan pembelian lokal (local purchase) yang meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 70 persen,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin (1/3/2021). 

Adapun aturan soal diskon PPnBM itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 tahun 2021. Dalam aturan itu juga disebutkan ada 115 jenis komponen yang bisa masuk dalam perhitungan kandungan lokal. Selain itu, total ada 21 tipe mobil yang bisa memanfaatkan diskon PPnBM sesuai beleid yang diundangkan pada 26 Februari 2021 tersebut.

produksi mobil

Mobil juga harus diproduksi dalam negeri

Varian kendaraan tersebut meliputi dari enam perusahaan, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, PT Honda Prospect Motor, PT Suzuki Motor Indonesia, dan PT SGMW Motor Indonesia.

“Dalam Kepmen, disebutkan bahwa perusahaan industri wajib menyampaikan rencana pembelian lokal (local purchase) dan surat pernyataan pemanfaatan hasil pembelian lokal (local purchase) dalam kegiatan produksi,” tutur Agus.

Di samping itu, perusahaan juga wajib menyampaikan faktur pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, laporan realisasi PPnBM DTP (Ditanggung Pemerintah), dan kinerja penjualan triwulan.

“Pelaksanaan pengawasan dan evaluasi dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan instansi pemerintah di bidang perpajakan dan/atau melibatkan lembaga verifikasi independen,” imbuhnya.

>>> Selain Dapat Diskon Pajak, Beli Mobil Baru Juga Bisa DP 0 Persen

Diskon PPnBM Bisa Dihapus Bila Melanggar

Bagi perusahaan yang tidak melaksanakan pembelian lokal, Kemenperin mengusulkan pengenaan sanksi administratif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan penghapusan sebagai kendaraan bermotor penerima fasilitas PPnBM DTP.

Toyota Raize

Meski belum diluncurkan, Toyota Raize menjadi satu model yang mendapat diskon PPnBM

Stimulus tersebut dipercaya bisa membuat harga mobil menjadi lebih terjangkau sekaligus  meningkatkan daya saing terhadap kendaraan impor, serta dapat meningkatkan kinerja produksi kendaraan bermotor roda empat atau lebih menjadi di atas 1 juta unit pada tahun 2021 atau sama dengan kinerja produksi tahun 2019. 

“Hal ini tentunya akan mampu memberikan dampak signifikan terhadap kinerja industri bahan baku dan komponen dalam negeri terutama industri kecil menengah (IKM) sehingga mereka dapat bertahan menjalankan usahanya di tengah tekanan pandemi Covid-19 yang pada akhirnya akan mendukung pemulihan ekonomi nasional di tahun 2021,” tutur Agus.

Stimulus perpajakan berupa diskon PPnBM DTP ini berlaku selama sembilan bulan, terhitung pada Maret 2021 yang dibagi dalam tiga tahap, yaitu pengurangan 100% untuk tiga bulan tahap pertama, pengurangan 50% untuk tiga bulan tahap kedua, dan pengurangan 25% untuk tiga bulan tahap ketiga.

>>> Dapat Diskon PPnBM, Harga Wuling Confero Kurang dari Rp 150 Juta

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top