Mengapa Honda Civic Type R Hanya Ada Transmisi Manual?

29/08/2017

Pasar mobil
Mengapa Honda Civic Type R Hanya Ada Transmisi Manual?
Honda Civic Type R baru saja dipamerkan dalam ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Uniknya, mobil sedan dari Jepang ini hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual saja. Mengapa?

Chief Engineer and Assistant Large Project Leader of Civic Type R Honda R&D Co., Ltd. Hideki Kakinuma, mengatakan bahwa Honda tidak mau menggunakan transmisi otomatis karenanya bisa mengurangi perfoma mesin.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita pasar mobil terbaru!

“Berdasarkan filosofi Tipe R, mobil ini membutuhkan simple, ringan dan dapat meningkatkan kegembiraan jika berkendaraan. Karena itu, Civic ini menggunakan penggerak roda depan dan sistem yang ringan. Untuk bisa mencapainya, produsen menggunakan transmisi manual untuk mesinnya tidak terlalu berat. Kalau kita menggunakan transmisi dual-clutch, atau transmisi otomatis, untuk mesin dengan torsi 400 nm, bobotnya akan sangat berat dan sangat besar. Bobot depan akan sangat berat juga,” tuturnya, Matsumochi selaku assistant large project leader untuk Civic generasi 10 yang dikutip Carscoops

sebuah mobil dari Honda, warna merah

Honda Civic Type R diluncukan di pameran otomotif GIIAS 2017

“Transmisi manual merupakan pilihan yang paling sesuai mobil ini, meskipun demikian kalau kelak akan ada pilihan lain, rasanya transmisi kopling ganda paling memungkinkan,” kata Hideki di GIIAS 2017 di ICE, BSD City.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita mobil terbaru!

 
back to top