Menerawang Alasan Nissan Berhenti Jualan Infiniti di Indonesia

23/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Menerawang Alasan Nissan Berhenti Jualan Infiniti di Indonesia
Bergantinya dealer Infiniti Dealer Infiniti TB Simatupang, Pondok Indah, Jakarta menjadi dealer Suzuki sejak beberapa hari lalu akhirnya terkonfirmasi. Senin (21/5/2018), Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku perusahaan yang menaungi penjualan Infiniti di Indonesia mengaku kalau mereka resmi berhenti beroperasi dan menjual merek Infiniti di dalam negeri.

Logo kebanggan merek Infiniti

Nissan menyerah berjualan Infiniti di Indonesia

Yang masih jadi tanda tanya, apa sebenarnya alasan NMI menutup penjualan Infiniti? Hana Maharani, Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) yang punya kewenangan membagi informasi terkait hal ini juga enggan menjelaskan lebih detail. 

“Kami sedang review,” jawab Hana singkat saat ditanya media mengenai hal ini.

>>> Datsun Exhibition Surabaya, Penampilan Dua Produk Terbaru Datsun

Kalau melihat statistik penjualan Ininiti dalam beberapa tahun terakhir, nampaknya memang bisa dipahami kalau NMI memutuskan berhenti jualan Infiniti. Dari tahun ke tahun sejak 2013 angkanya tidak lebih dari hitungan jari. Itupun semakin menurun hingga titik paling rendah, yaitu nol. 

Berikut data penjualan wholesales Infiniti yang tercatat di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo):

  • 2013 : 16 unit
  • 2014 : 8 unit
  • 2015 : 5 unit
  • 2016 : 1 unit
  • 2017 : 0 unit
  • 2018 : -

Foto Dealer Infinitiy yang berubah menjadi dealer Suzuki

Hadir di Indonesia tahun 2011, penjualan Infiniti tidak pernah bagus dan hanya maksimal di dua digit

>>> Takut ketinggalan berita seputar mobil, tongkrongin terus cintamobil.com

Apakah selamanya atau sementara NMI berhenti jual Infiniti?

Hana tidak menjelaskan Infiniti bakal total berhenti dari Indonesia. Dia menjelaskan stopnya Infiniti hanya sementara, NMI tidak akan mendatangkan Infiniti lagi tahun 2018 ini hingga waktu yang belum ditentukan. Artinya tidak akan ada stok baru yang bakal dijual. Kalaupun nanti masih ada yang membeli, dipastikan itu adalah stok lama.

Dan memang, meski sudah tidak ada lagi dealernya dan berganti menjadi dealer Suzuki, situs resmi infiniti Indonesia masih memajang satu model untuk dijual, yaitu SUV QX80 yang punya dimensi bongsor dengan harga Rp 2,599 miliar. Harga yang tak pernah berubah sejak kali pertama dijual bulan Oktober 2015 silam. Untuk model lain yang juga pernah dijual seperti 850, 870, Q50 Hybrid, Q60 Coupe, dan QX70 semuanya sudah menghilang.

Gambar Infiniti QX80 warna putih melaju di jalanan

Tinggal satu model yang tersisa, yaitu SUV QX80 usai dealer Infiniti Indonesia diambil alih oleh Suzuki

Alasan lain yang diperkirakan jadi sebab NMI berhenti jualan Infiniti adalah NMI sedang fokus-fokusnya menggenjot produk lain yang tak kalah penting, seperti Datsun Cross dan juga Datsun GO CVT. 

Sebagai tambahan informasi, dealer Infiniti TB Simatupang, Pondok Indah, Jakarta resmi beroperasi mulai tahun 2011 sekaligus awal merek Infiniti masuk ke Indonesia.

Test Drive Datsun GO CVT

Merek Datsun lebih menyita perhatian Nissan?

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Share this post:
 
back to top