Mencoba Damai dengan Corona, Strategi Ini yang Bakal Ditempuh Honda

16/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menghadapi situasi dan kondisi yang tak pasti imbas dari penyebaran virus corona, Honda mulai mengubah strategi dalam memasarkan mobilnya yakni lewat digital.

Virus corona membuat banyak hal berubah. Situasi yang berubah memaksa setiap orang harus mulai beradaptasi dengan kondisi baru termasuk dalam hal berjualan mobil. 

Hal ini lah yang diantisipasi jenema asal Jepang dalam menawarkan mobilnya untuk masyarakat Indonesia. Jalur digital pun dipilih produsen berlogo 'H' menjadi salah satu cara dalam menghadapi situasi baru ini. 

Konsen di Jalur Digital

"Kita sekarang lagi menghadapi new normal dan harus berdamai dengan Covid dan new normal will come soon. Jadi orang yang tadinya naik kendaraan umum bisa saja nanti membeli mobil," ungkap Business Innovation dan Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy pada kesempatan wawancara virtual, Jumat sore (15/5/2020). 

Penjualan Honda

Deretan Mobil Honda

>>> Honda Beri Keringanan untuk Pembelian Brio dan BR-V Lewat Online

Bersiap menghadapi kondisi tersebut, Honda telah menyiapkan promosi yang dilakukan secara online terhadap beberapa modelnya yakni Mobilio dan BR-V. Dua model yang mengisi segmen mobil keluarga ini mendapatkan subsidi dari Honda seperti sudah diberitakan Cintamobil sebelumnya. 

Nantinya dealer-dealer akan memberikan potongan harga yang berbeda tergantung dengan daerahnya. 

>>> Brio Jadi Penyelamat Honda di Tengah Merosotnya Penjualan

"Kita juga sudah bekerja sama dengan beberapa marketplace kemudian sales consultant kami juga aktif pemasaran melalui ITnya facebook, website dealer, website HPM. Kita tekankan kesana. Kami sudah memikirkan survival mode dan contingency plan. Jadi kita ubah semua dan sekarang program kami akan berjalan secara online dan media digital," jelas Billy. 

Honda Prospect Motor

Banyak dealer tutup karena ada aturan PSBB

Service di Rumah Aja

Menurutnya, strategi jalur digital ini cukup berhasil dalam memasarkan produk. Dalam catatan Honda, penjualan Honda secara online meningkat hingga 20 persen. 

Tak hanya berjualan. Bicara soal servis mobil pun Honda justru lebih memilih untuk jemput bola. Kalau dulu orang yang mau servis dan perawatan berkala harus ke bengkel kini tinggal tunggu di rumah saja. 

"Sekarang dengan adanya PSBB ada di beberapa sektor masih ada mobil Honda yang beroperasi di jalan dan dealer yang sudah  yang mendapatkan izin beroperasi itu sifatnya standby. Tentunya kita tetap menganjurkan ke mereka untuk parkir di rumah dan Home Service dan pick up service kalau dibutuhkan service yang lebih besar," pungkas Billy.

>>> Pilihan mobil bekas Honda yang berkualitas dan paling lengkap ada disini

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top