Mencari Prestise dalam Catatan Rekor di Sirkuit Nürburgring

03/07/2018

Pasar mobil

6 menit

Share this post:
Mencari Prestise dalam Catatan Rekor di Sirkuit Nürburgring
Produsen otomotif yang ingin meninggikan gengsi dan meningkatkan peringkat mobil sport berlomba-lomba menjajal sirkuit Nürburgring. Lalu, apa yang membuat catatan rekor di sirkuit Nürburgring menjadi spesial?

Untuk memperingati ulang tahun ke-70 perusahaan, Porsche merayakannya dengan melakukan uji coba di sirkuit Nürburgring dan berhasil mencatat rekor putaran tercepat, mengalahkan rekor yang sudah bertahan selama puluhan tahun. Tapi, apa yang membuat catatan rekor di sirkuit Nürburgring penting untuk performa kendaraan?

Selain menggunakan pengujian di pabrik dan jalan raya, pembuat mobil memang sering menggunakan Nürburgring sebagai tempat pengembangan mobil mereka. Tak jarang, beberapa model yang terlihat dalam masa pengujian berkamuflase hingga tidak dikenali sebelum diperkenalkan secara resmi ke publik.

Gambar yang menunjukan kendaraan yang sedang melaju di Sirkuit Nurburgring

Produsen sering menggunakan Nürburgring sebagai patokan kinerja kendaraan

Yang membuat Nürburgring berbeda dengan sirkuit lain adalah kedekatannya dengan kondisi jalanan di dunia nyata. Membentang sepanjang 25 kilometer, Nürburgring memberikan ujian berupa jalan yang bergelombang, jalur aspal dan permukaan beton, tanjakan dan turunan, 154 belokan, dan tak lupa jalur lurus pemompa kecepatan terkencang kendaraan.

Terlebih bagi produsen yang sedang mengembangkan mobil sport yang mengutamakan kecepatan, catatan waktu di Nürburgring memberikan pelanggan dan pengemar mobil sport indikasi yang jelas tentang seberapa cepat mobil bisa dipacu serta kinerja mesin.

1. Adu kecepatan dan kinerja mobil

Nurburgring telah lama menjadi trek balap yang mendapatkan penghargaan tertinggi oleh pengulas dan penggemar otomotif di seluruh dunia. Mengejar waktu putaran tercepat dengan judul ‘mobil produksi tercepat di Nurburgring” terbukti ampuh meningkatkan derajat kendaraan dengan sejumlah pujian yang bisa didapatkan.

Gambar yang menunjukan lintasan pada sirkuit Nurburgring dilihat dari bagian atas

Nürburgring memiliki beberapa lintasan yang bisa digunakan

Tapi, bukan hanya supercar yang sibuk menekan pedal lebih dalam di Nürburgring. Produsen yang semakin bersaing membukukan catatan produksi untuk memberikan peningkatan publisitas tak ketinggalan mendaftar untuk serangkaian uji coba. Mulai dari sedan, hatchback, hingga SUV 7 kursi belomba-lomba menunjukan keperkasaan mereka di sirkuit ini.

>>> Porsche perkenalkan 911 Speedster peringati ulang tahun ke-70

Terlepas dari kompetisi atau pengaturan waktu oleh masing-masing produsen, tidak ada aturan resmi yang mengatur pengukuran dan sertifikasi waktu putaran Nürburgring. Pencatatan waktu per lap, pengumuman resmi, disertai dengan video on-board dengan telemetri dan ban yang digunakan sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan.

Gambar yang menunjukan lintasan menurun yang ada di sirkuit Nurburgring

Beragam karakter lintasan Nürburgring disebut merepresentasikan jalanan dunia nyata

Ada tiga cara pencatatan waktu yang dilakukan oleh produsen di Nürburgring. Mulai dari pencatatan waktu oleh media, pabrikan, dan pengemudi pribadi biasanya digunakan untuk mendapatkan catatan yang diinginkan. Produsen, terutama untuk supercar, mencatat waktu sendiri dan mempublikasikannya untuk meningkatkan gengsi kendaraan.

>>> Tertarik membeli Porsche? Beragam penawaran menarik bisa Anda dapatkan di sini

2. Porsche penguasa Nürburgring

Sudah terlalu banyak produsen yang mencoba menjajal Nürburgring. Tapi, produsen asal Jerman berjaya di negeri sendiri dengan memecahkan rekor putaran tercepat dari seluruh mobil yang pernah melaju di Nürburgring. Porsche 919 Hybrid Evo mencatatkan waktu 5 menit 19.55 detik, mengalahkan rekor sebelumnya yang telah bertahan sejak 1983, masih dari pabrikan yang sama, yaitu Porsche 956 C dengan 6 menit 11,13 detik.

Porsche berikan tayangan dari kamera pengemudi Porsche 919 Hybrid Evo

Tak hanya itu, pabrikan mobil sport yang bermarkas di Stuttgart ini juga memecahkan rekor Radical SR8 LM pada tahun 2009 dengan membawa Porsche 911 GT2 RS sebagai yang tercepat dalam kategori kendaraan produksi. GT2 RS yang dikendarai oleh Lars Kern mampu mencatatkan rekor untuk satu putaran dalam 6 menit 47.25 detik.

Kompetisi juga semakin memanas untuk mobil produksi dengan penggerak roda depan. Produsen seperti SEAT, Renault, Volkswagen, dan Honda telah bersaing selama bertahun-tahun untuk menjadi yang tercepat. Tapi Honda Civic Type R mampu memegang mahkota sebagai kendaraan penggerak roda depan tercepat dengan catatan 7 menit 43.8 detik, mengalahkan VW Golf GTI Clubsport S dengan 7 menit 47.18 detik.

>>> Beragam sejarah dan berita pasar mobil lainnya bisa Anda dapatkan di sini

3. Terbuka untuk umum

Ternyata, Nürburgring tidak hanya bisa digunakan oleh produsen atau pembalap bersertifikat saja. Jika Anda sedang berjalan-jalan di Jerman, Anda bisa menikmati berkendara di sirkuit Nürburgring dengan mendaftar kepada organizer track day seperti racing.de yang dibuat khusus bagi masyarakat umum yang ingin merasakan nuansa lintasan penuh sejarah ini.

Gambar yang menunjukan situs resmi Nurburgring untuk pemesanan pemakaian lintasan pada Nurburgring

Website resmi untuk Anda yang ingin menjajal trek di Nürburgring

Selain itu, ada pula situs penyedia layanan berkendara seperti RSRNurburg.com yang akan mengakomodir semua keperluan Anda untuk mendapatkan kesempatan berkendara di Nürburgring. Anda juga bisa langsung menghubungi website www.nuerburgring.de dimana Anda bisa memesan tempat dan waktu memakai lintasan secara pribadi.

>>> Dapatkan berita terkini seputar dunia otomotif hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top