Menakar Potensi Nissan Livina Jadi Duet Serasi Mitsubishi Xpander

15/02/2019
Meski belum resmi diluncurkan, Nissan Livina sudah digadang jadi pasangan duet serasi Mitsubishi Xpander dalam menggoyang dominasi Toyota Avanza - Daihatsu Xenia. Mungkinkah itu terjadi dan seberapa besar potensinya?

Tampak All New Nissan Livina 2019 berwarna orange

Inikah All New Nissan Livina 2019 yang digadang-gadang sejak tahun lalu?

Lagi ramai di media pada membahas kehadiran Nissan Livina, apa lagi alasannya kalau bukan desainnya yang mirip-mirip Mitsubishi Xpander. Gambar unggahan salah satu akun Instagram memperlihatkan sosok mobil baru berwarna oranye melintas di jalanan. Dari samping dan belakang tampak jelas bodinya bodi Mitsubishi Xpander. Namun dari arah depan nampak grillnya adalah grill V-shape khas Nissan.

>>> Inikah sosok All New Nissan Livina 2019?

Meski gambar tersebut akhirnya dihapus, namun sudah kadung tersebar dan jadi konsumsi publik. Media-media memprediksi mobil itu adalah Nissan rasa Xpander yang konon bernama Livina (tanpa Grand) yang bakal diluncurkan tidak lama lagi. Jika itu benar, tentu sangat menarik. Persaingan di segmen low MPV bakal lebih seru karena mobil ini bisa menjadi pasangan duet Mitsubishi Xpander yang lebih dulu fenomenal.

Seperti diketahui sebelum kehadiran Mitsubishi Xpander, segmen low MPV terus menerus dikuasai oleh Toyota Avanza. Kepopuleran dan daya tariknya tidak bisa dibendung para kompetitornya yang datang silih berganti. Sampai akhirnya datang Xpander di pertengahan 2017 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017. Singkat cerita Xpander akhirnya benar-benar menggeser posisi Toyota Avanza dengan penjualan lebih tinggi pada Februari 2018. Meski endingnya Toyota Avanza kembali menguasai pasar dengan selisih hanya beberapa ribu unit, Xpander benar-benar telah membawa keseruan persaingan mobil keluarga di sepanjang tahun 2018.

>>> Baca di sini Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018

Foto New Avanza 2019 tampak dari samping

New Avanza 2019, bakal meneruskan eksistensi yang telah dijaga bertahun-tahun

Apakah Nissan Livina ini bakal membawa keseruan baru sebagaimana duet si kembar Toyota Avanza - Daihatsu Xenia?

Mungkin saja terjadi, tapi menurut kami tidak serta merta. Butuh waktu lama bagi publik untuk mengenal lebih jauh dan memahami bahwa Nissan Livina bukanlah Nissan Grand Livina. Sementara masyarakat lebih mengenal Nissan Grand Livina sebagai mobil keluarga dengan kabin tidak lapang dan jadi mobil ceper bila diisi penuh.

Terkecuali bila Nissan bisa membuat kehebohan saat peluncuran Livina sebagaimana kehebohan Mitsubishi saat meluncurkan Xpander di GIIAS 2017 dimana hampir tiada jeda Xpander dikerubuti para pengunjung dan tiada hari tanpa antrean SPK, bukan tidak mungkin Nissan Livina juga bakal menuai kesuksesan. Atau paling tidak bisa menjadi pendamping yang 'tidak memalukan' bagi Mitsubishi Xpander sebagaimana Daihatsu Xenia sukses mendampingi kesuksesan Toyota Avanza.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) diketahui kolaborasi Toyota Avanza - Daihatsu Xenia telah menghasilkan penjualan sebanyak 111.688 unit di sepanjang 2018. Rinciannya Toyota Avanza terjual 82.167 unit dan Daihatsu Xenia terjual 29.521 unit. Sementara Mitsubishi Xpander yang bermain single sukses menguntit di belakang Avanza dengan penjualan sebanyak 75.075 unit. Sedangkan Nissan Grand Livina hanya terjual sebanyak 2.437 unit alias jauh dari penjualan Xpander.

>>> Penjualan Nasional Dirilis, Mitsubishi Xpander Harus Bersabar Untuk Jadi Nomor Satu

Foto Mitsubishi Xpander tampak dari depan

Mitsubishi Xpander belum berhasil menggeser posisi Toyota Avanza di 2018

Mampukah Nissan Livina menjadi pasangan duet serasi bagi Mitsubishi Xpander dalam menggoyang dominasi Avanza-Xenia? Ditunggu saja. Kabarnya Nissan Livina rasa Xpander ini bakal diluncurkan tidak lama lagi.

>>> Simak artikel otomotif menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain