Menakar Potensi MG Bikin Mobil di Pabrik Wuling

06/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menakar Potensi MG Bikin Mobil di Pabrik Wuling
Morris Garage (MG) resmi menyusul saudaranya 'Wuling' masuk Indonesia. Apakah MG juga bakal menggunakan fasilitas pabrik Wuling Motors untuk memproduksi mobil?

Wabah virus Corona (COVID-19) yang menyebar dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China ke banyak negara memberi pengaruh besar terhadap industri otomotif dunia. Beberapa pabrikan terpaksa menghentikan aktivitas produksi hingga beberapa waktu. Pameran otomotif terbesar Geneva International Motor Show 2020 dan Auto China Show 2020 juga dibatalkan oleh pemerintah demi mencegah penyebaran virus lebih parah.

Banner menunjukkan pameran Auto China Show 2020 dibatalkan

Pameran otomotif batal karena virus Corona

Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan Morris Garage (MG) untuk merealisasikan keputusannya ekspansi ke Indonesia. MG secara resmi masuk ke Indonesia dan langsung join di asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

>>> Kondisi Like New, Yuk Intip Harga Wuling Almaz Bekas

1. Bawa Produk CBU

Tak seperti Wuling Motors yang memulai kiprahnya di Indonesia dengan membangun pabrik perakitan di kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC), Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Morris Garage (MG) langsung memperkenalkan model pertamanya yang bakal diluncurkan Indonesia, MG ZS. Tidak harus menunggu lama membuat pabrik karena model tersebut bakal didatangkan dari Thailand secara utuh / Completely Built Up (CBU).

"Maret mulai jalan dan jualan, setahu saya CBU (Completely Built-Up) dulu. Pokoknya dia di bawah SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation-red)," tutur Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi di Jakarta Convention Center, Jakarta (6/2/2020).

Foto menunjukkan MG Motor resmi masuk Indonesia

MG ZS, model pertama Morris Garage (MG) untuk pasar Indonesia

>>> Serius Jualan di Indonesia, Morris Garages (MG) Gabung GAIKINDO

2. Potensi merakit di pabrik Wuling

Ditanya soal MG memanfaatkan pabrik Wuling di Cikarang untuk produksi, Nangoi menyatakan tidak menutup kemungkinan hal tersebut dilakukan karena keduanya sama-sama di bawah naungan SAIC Motor Corporation.

Rasanya ada (memanfaatkan pabrik Wuling-red), karena punya kerjasama," kata Nangoi.

Sebagai informasi, Morris Garage (MG) diakuisisi Najing Automoile setelah mengalami colaps pada 2005. Tahun 2007 giliran SAIC Motor mengakuisisi Nanjing Automobile dan MG resmi berada di bawah bendera SAIC Motor sebagaimana General Motors (GM) dan Wuling.

Makanya, tak menutup kemungkinan fasilitas produksi Wuling juga digunakan untuk memproduksi mobil merek MG sebagaimana pabrik memproduksi Chevrolet Captiva (Almaz) untuk pasar ekspor. Jadi, ditunggu saja kejelasannya!

>>> Review All New Chevrolet Captiva 2019 : Almaz Buatan Indonesia Untuk Pasar Ekspor

>>> Klik sini untuk lanjut update berita hot tentang pasar otomotif 

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top