Memiliki Sistem Keselamatan Tinggi, Mobil ini Juga Tercatat Paling Sering Mengalami Tabrakan

13/08/2019
Untung saja Subaru Crosstrek mendapatkan peringkat keselamatan yang cukup tinggi dari Insurance Institute of Highway Safety (IIHS). Pasalnya, mobil yang dianggap aman dalam meredam benturan ini malah tercatat sebagai salah satu mobil yang paling sering mengalami tabrakan.

Sistem keselamatan aktif maupun pasif ditanamkan pada kendaraan untuk mencegah pengemudi maupun penumpang mendapatkan cedera yang serius ketika mengalami kecelakaan. Tapi hal tersebut tidak membuat mobil bisa menghindari tabrakan. Sebut saja Subaru Crosstrek yang disebut paling sering mengalami tabrakan meskipun meraih nilai yang tinggi dalam pengujian IIHS.

Subaru Crosstrek berwarna abu-abu di Amerika 
Subaru Crosstrek yang sering mengalami kecelakaan di Amerika

Informasi tersebut berasal dari penelitian yang dilakukan oleh Insurify, sebuah laman komparasi asuransi di Amerika yang berbasis di Cambridge, Massachusetts. Penelitian tersebut melacak seberapa banyak kendaraan yang pernah mengalami kecelakaan sebagai perbandingan asuransi mobil.

>>> Selamat Dari Mobil Terbalik, Seorang Wanita Ditabrak Mobil Ketika Menyeberangi Jalan

Tingkat kecelakaan yang cukup tinggi juga dialami oleh pengendara di Amerika. Insurify menjelaskan bahwa totalnya, sekitar 13,64 persen dari semua model yang digunakan di Negara Paman Sam tersebut setidaknya pernah mengalami satu kali kecelakaan. Dalam kasus Crosstrek, jumlahnya 25,81 persen. Artinya, satu dari empat Crosstrek mengalami kecelakaan di jalan.

pengujian Subaru Crosstrek berwarna merah dari IIHS 
Subaru Crosstrek merupakan salah satu mobil paling aman di jalanan saat ini

Namun, meskipun Subaru Crosstrek terlibat dalam banyak kecelakaan, para pengemudi dan penumpang kebanyakan bisa keluar tanpa cedera parah dari mobil ini. Hal ini disebabkan Subaru Crosstrek adalah salah satu mobil yang aman di jalanan. Banyak mobil terkenal lainnya yang jauh lebih ringkih ketika menghadapi kecelakaan, bahkan bisa mematikan.

>>> Berita pasar otomotif menarik lainnya di Cintamobil.com

Model paling sering terlibat kecelakaan

Banyak diminati di Indonesia, ternyata mobil asal Korea dan Jepang sering mengalami kecelakaan di Amerika. Penelitian Insurify juga mengungkapkan bahwa sembilan dari 10 mobil yang mengalami kecelakaan pada tingkat tertinggi berasal dari pabrikan luar Amerika. Dengan perbandingan tujuh dari model tersebut berasal dari Jepang, sedangkan dua lainnya berasal dari Korea.

Statistik yang dikemukakan oleh Insurify mengumpulkan data lebih dari 1,6 juta penawaran asuransi. Untuk mendaftar, pengemudi harus mengungkapkan apakah model atau kendaraan yang mereka gunakan pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Untuk masing-masing model, jumlah pengemudi yang pernah melakukan kesalahan dianalisis dengan populasi model tersebut secara keseluruhan.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

statistik kecelakaan berwarna merah dari Insurify

Tingkat kecelakaan yang dialami oleh berbagai model di Amerika

Tapi tenang saja, hal tersebut tidak menjadi indikasi masalah yang terjadi di dalam mobil. Tidak ada merek yang ingin dikenal sebagai pabrikan penghasil mobil yang rawan kecelakaan. Dan berdasarkan 10 besar kendaraan yang paling sering mengalami kecelakaan, total delapan pabrikan yang berbeda masuk daftar. Dan tidak ada pabrikan dengan lebih dari dua mobil yang mengalami kecelakaan.

>>> Informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain