Membeli Mobil Bekas, Solusi Cerdik Mengatasi Kebijakan Ganjil Genap

24/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Membeli Mobil Bekas, Solusi Cerdik Mengatasi Kebijakan Ganjil Genap
Bukan orang Indonesia namanya jika tidak mampu mencari solusi atas semua peraturan. Bagi orang-orang berduit, membeli mobil bekas adalah cara terbaru menyikapi peraturan ganjil genap yang diterapkan di Jakarta.

Rekayasa kebijakan ganjil genap yang telah beberapa minggu ini diterapkan di Jakarta memang menyusahkan. Pengemudi mobil tidak bisa melewati jalur yang biasa dilewati hanya karena plat nomor yang tidak sesuai. Namun, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi peraturan tersebut, tentu saja bagi mereka yang berduit, adalah membeli mobil bekas.

Gambar yang menunjukan papan rekayasa kebijakan ganjil genap di Jakarta

Rekayasa kebijakan ganjil genap telah dilakukan sejak 2 Juli lalu

Menurut laporan Kompas, penjualan mobil bekas terstimulasi mengalami peningkatan sejak perluasan kebijakan ganjil genap di beberapa ruas jalan di Jakarta. Untuk menjaga aktivitas dan menghindari mengambil jalur alternatif untuk sampai tujuan, sebagian warga yang memiliki kelebihan dana dan finansial mengakalinya dengan menambah mobil yang dimiliki.

>>> DFSK siapkan Indonesia menjadi basis ekspor setir kanan

Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengungkapkan penjualan mobil bekas mulai meningkat pada bulan Juli ketika uji coba perluasan ganjil genap mulai diberlakukan, sebagaimana dilansir dari Kompas.

Herjanto menjelaskan, penjualan mobil bekas pada periode Januari – April di Bursa WTC mencapai kisaran 2.300 unit per bulan. Bulan Mei hingga Juni yang bertepatan dengan musim Lebaran di Indonesia, peningkatan penjualan terjadi menjadi 2.400 unit terjual.

>>> Tertarik membeli mobil bekas? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Gambar yang menunjukan mobil LCGC bekas yang dijual

Penjualan mobil bekas meningkat setelah kebijakan ganjil genap dijalankan

Biasanya, tren penjualan meredup setelah musim Lebaran. Namun tahun ini, Herjanto menyebutkan angka penjualan justru mengalami kenaikan, bahkan lebih besar dibandingkan saat Lebaran. Dalam pertengahan Juli, angka penjualan mencapai 2.500 unit, bahkan bukan tidak mungkin meningkat menjadi 2.600 unit akhir bulan nanti.

>>> Dapatkan berita lalu lintas terbaru hanya di Cintamobil

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa model yang paling banyak dicari adalah jenis low cost green car (LCGC), city car, atau hatchback jadul. Konsumen memilih model tersebut dikarenakan ukuran yang kompak sehingga tidak membutuhkan ruang untuk parkir yang besar. "Harganya juga tidak terlalu mahal, antara Rp 100 juta sampai Rp 150 juta, tidak lebih dari itu," terangnya.

Gambar yang menunjukan kondisi jalanan di Jakarta yang dipenuhi mobil

Uji coba ganjil genap sedikit mengurangi kemacetan Jakarta

Uji coba genap ganjil memang sudah diberlakukan mulai 2 Juli lalu. Pemerintah bersiap untuk menerapkan kebijakan ini secara permanen mulai 1 Agustus untuk menyambut Asian Games 2018. Turunnya tingkat kemacetan disebut menjadi alasan utama Pemerintah akan mempertimbangkan untuk mengadopsi kebijakan ini seterusnya.

>>> Berbagai berita otomotif paling lengkap hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top