Meluncur 2019, Mengapa Pajero Sport Facelift Diboyong ke Indonesia 2021?

23/02/2021

Pasar mobil

4 menit

Meluncur perdana tahun 2019, nyatanya butuh 2 tahun hingga Pajero Sport Facelift mengaspal di Indonesia. Apa sebabnya Mitsubishi baru merilisnya tahun 2021.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift meluncur secara global pada 25 Juli 2019 di Thailand. Lalu setahun setelahnya tepatnya pada 2020, desas-desus peluncuran Pajero Sport terbaru di Indonesia mulai mencuat.

Pada kenyataannya hampir dua tahun setelahnya Pajero Sport versi facelift tersebut baru menyambangi Indonesia. Tahun 2020 memang cukup menantang bagi sebagian pabrikan terlebih dengan adanya pandemi Covid-19.

Pajero Sport Facelift

Hampir 2 tahun baru diluncurkan di Indonesia

>>> Fitur Ini Bikin Mitsubishi Pajero Sport Terbaru di Indonesia dan Thailand Beda

Peluncuran Pajero Sport Facelift Tunggu Waktu Tepat

Tak heran kalau beberapa pabrikan mengurungkan niatnya untuk meluncurkan mobil baru. Mitsubishi pun tampaknya tak mau terburu-buru merilis banyak model baru sepanjang tahun 2020. 

"Penyegaran di model baru ini menurut kami adalah momen yang tepat untuk mengenalkan ke masyarakat Indonesia. Teknologi baru dan kelebihannya cocok dengan apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini," President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura dalam peluncuran beberapa waktu lalu. 

Di Indonesia, Pajero Sport perdana meluncur pada tahun 2009 dan diklaim mendapat respon yang positif hingga saat ini. Kemudian baru tahun 2016 Mitsubishi memoles tampilan dari Pajero Sport. Kemudian, baru lima tahun setelahnya lagi Mitsubishi menghadirkan Pajero Sport versi Facelift. 

Pajero Sport Facelift

Dibekali fitur sunroof

Respon baik dari masyarakat Indonesia ini membuat Mitsubishi juga turut memproduksi Pajero Sport di Indonesia sejak 2017, tepatnya berbarengan dengan produksi Xpander. Untuk Pajero Sport Facelift 2021, Mitsubishi rupanya juga memproduksi mobil itu di Cikarang. 

"Agar nilai jual lebih bersaing, sejak 2017 Pajero Sport model lama memang diproduksi di Cikarang," kata Nakamura lagi. 

Tentunya modal Pajero Sport bisa bersaing bukan cuma soal lokasi produksi agar harganya lebih kompetitif. Namun juga fitur di dalamnya harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

>>> Mengintip Harga Toyota Fortuner vs Pajero Sport, Mana Lebih Murah?

Fitur Disesuaikan Kebutuhan Masyarakat

Dijelaskan Marketing Director PT MMKSI Irwan Kuncoro, pihaknya telah menyematkan fitur canggih dan justru tidak terdapat pada Pajero Sport Facelift yang dijual di Thailand. Adalah keberadaan sunroof pada varian Dakar Ultimate 4x4 Dakar dan Ultimate 4x2 Dakar. 

"Ini unique selling point untuk kendaraan upper class, dan sesuai untuk pengguna aktif dan adventure," jelas Irwan. 

Sekadar tambahan, Pajero Sport versi Facelift dibekali mesin diesel 4N15 2.4L VGT-Intercooler,yang menghasilkan output maksimum: 181 PS pada 3.500 RPM, torsi 43,8 Kgm pada 2.500 RPM.

Pajero Sport Facelift

Interior Pajero Sport terbaru

Ditunjang oleh transmisi otomatis 8 kecepatan dengan sport sequential, Ground Clearance 218 mm, dan radius putar minimum 5,6 meter. Selain itu New Pajero Sport dilengkapi dengan fitur Adaptive Cruise Control, terbaik dikelasnya. Remote Control Connected with smartphone, Super Select 4WD-II, mode off-road, dan Paddle Shifters.

Fitur keamanannya ditunjang oleh Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH), 7 SRS Air Bags, Active Stability & Traction Control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, hingga Brake Assist. 

>>> Menghitung Pajak Mobil Pajero Dakar 2020

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top