Meledak, Penjualan Wuling Bulan Desember Tembus 4.612 unit

18/01/2020
Tidak biasanya terjadi, penjualan Wuling Motors pada bulan Desember 2019 tembus 4.612 unit atau naik lebih dari dua kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Pasar otomotif nasional yang lesu sepanjang 2019. tidak berpengaruh sedikitpun pada Wuling Motors, pabrikan China itu mencatatkan hasil sangat gemilang. Dari Januari hingga Desember Wuling Motors berhasil mengirimkan unit ke diler (wholesales) sebanyak 22.343 unit alias naik 31,4 persen dibanding 2018 yang hanya terjual sebanyak 17.002 unit.

“Capaian 2019 positif untuk Wuling Motors di tengah lesunya penjualan otomotif secara nasional,” tutur Media Relation Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom, seperti dikutip dari Tempo, (17/1/2020).

Penjualan Terbesar Wuling

Dari jumlah tersebut di atas model SUV Almaz menjadi kontributor penjualan Wuling terbesar dengan total sebanyak 9.743 unit. Disusul Wuling Confero sebanyak 9.137 unit, Wuling Cortez sebanyak 3.160 unit, dan Wuling Formo sebanyak 303 unit.

Foto menunjukkan Wuling Confero S ACT

Perlahan dan pasti, penjualan Wuling mengalami peningkatan tiap tahun

Peningkatan penjualan Wuling Motors tak lepas dari capaian positif bulan Desember 2019. Di bulan terakhir itu Wuling membukukan peningkatan penjualan signifikan, dari sebelumnya sebanyak 1.948 unit di bulan November menjadi 4.612 unit. Semua model mengalami peningkatan. Almaz yang pada bulan November terjual 726 unit naik menjadi 2.314 unit. Confero yang sebelumnya terjual sebanyak 820 unit, naik menjadi 19.09 unit.

>>> Test Drive Berhadiah Wuling Almaz, Cortez, dan Confero dalam Wuling Drive & Win

Penjualan Wuling Ekspor

Wuling Motor juga merambah pasar ekspor untuk model Almaz dengan merek Chevrolet Captiva. Dan hasilnya cukup baik meskipun belum sebesar merek-merek Jepang yang telah lebih dulu ekspor. Sejak mulai aktif pada bulan September 2019 hingga tutup tahun jumlah ekspor Wuling Motors ke Thailand dan Fiji mencapai 2.678 unit atau rata-rata 700-an unit per bulan.

Foto suasana seremoni ekspor perdana Wuling Motors

Teknologi WIND hanya untuk Indonesia, tidak dibawa ke negara lain

>>> Ekspor Mobil Meningkat Pesat, Ini Kontribusi Merek China!

Sebagai informasi, Wuling Motors memulai debutnya berjualan di Indonesia pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dengan satu model, Confero S. Mobil ini menawarkan banyak sekali fitur premium seperti headlamp adjustable, jendela yang bisa dibuka pakai remote, sensor parkir depan belakang, head unit dengan kamera parkir, TPMS atau pemantau tekanan angin ban, rem cakram di semua roda hingga sistem pengereman ABS+EBD, dan berbagai kelebihan lain.

Meski demikian mobil ini ditawarkan dengan harga paling murah dan terjangkau dibanding kompetitornya satu kelas.

Kehadiran model MPV medium Cortez dan model niaga komersial Formo di tahun 2018 serta SUV Almaz tahun 2019 memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen. Untuk Almaz, Wuling Motors bahkan berhasil mengejutkan industri otomotif nasional dengan mempersembahkan teknologi voice command WIND (Wuling Indonesian Command), yaitu perintah suara berbahasa Indonesia.

>>> Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Tambahan WIND, Voice Command Berbahasa Indonesia Pertama

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
6

berita lain