Mei 1937, Sejarah Volkswagen nan Ikonik Bermula

29/05/2021

Pasar mobil

5 menit

Apa mobil jenis VolksWagen yang paling Anda ingat karena keunikannya? Yuk, simak sejarah munculnya VolksWagen dari Jerman hingga kehadirannya di Indonesia

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika pertama kali mendengar kata “Volkswagen”? Di Indonesia memang Volkswagen sangat melekat dengan julukan mobil kodok padahal pabrik mobil dari Jerman ini tidak hanya sukses memproduksi mobil kodok saja. Sejarah Volkswagen pun dimulai dari 28 Mei 1937.

Awal sejarah Volkswagen

Seperti Jeep maupun Toyota, Volkswagen merupakan kendaraan perang. Awalnya pabrik di Jerman rusak akibat bom pada Perang Dunia II. Pada tahun 1945 sebuah mobil unik dilahirkan dan dikirim ke seluruh dunia. Mobil ini adalah Volkswagen Type 1 atau yang sering dikenal Beetle. Beetle adalah sejenis mobil VW kecil atau di Indonesia sering disebut mobil VW Kodok dan Bug di Amerika.

sejarah Volkswagen yang dimulai sejak tahun 1937
Sejarah Volkswagen dimulai ketka Hitler menginginkan mobil murah bagi penduduk Jerman

Awal mulanya Volkswagen Beetle hadir adalah karena Adolf Hitler menginginkan adanya sebuah kendaraan pribadi yang mampu untuk membawa dua hingga tiga orang dewasa. Kemudian Hitler menugaskan seorang insinyur Ferdinand Porsche untuk merancang mobil tersebut. Perancang mobil Volkswagen yang sebenarnya masih kontroversial, namun secara umum Ferdinand Porsche ditetapkan sebagai perancangnya.

Mobil Volkswagen mulai diproduksi di tahun 1938 di Jerman dan mengalami perkembangan pesat dalam jumlah produksinya. Pada tahun 1945 produksi mobil ini mencapai 1 juta, dan pada tahun 1973 produksi sudah mencapai 16 juta.

>>> Sejarah Volkswagen Taigo 2022, Jadi "Coupé Crossover" Terbaru Untuk Pasar Eropa 

Produksi Mobil Volkswagen di Dunia 

Kepopuleran mobil Volkswagen ini mampu menyebar seluruh dunia dengan berbagai macam nama yang berbeda, seperti di Indonesia kita menyebut dengan sebutan mobil VW Kodok, di Amerika disebut dengan Bug, di Meksiko disebut dengan Vocho. Kran mobil Volkswagen Beetle mempunyai bentuk yang khas, suaranya yang khas, dan juga kehandalannya yang dipunya tidak heran jika mobil Volkswagen Beetle ini sangat mendunia.

logo Volkswagen dari masa ke masa
Logo VolksWagen yang melekat dari waktu ke waktu

Sampai akhir produksi di tahun 2003 mobil Volkswagen Beetle telah mampu mencapai 21 juta lebih produksi dimana hampir setengah produk mobil diproduksi di Jerman dan sebagiannya lagi diproduksi di Brazil. Dalam masa produksi di tahun 1938 sampai 2003 mobil VolksWagen Beetle dirakit di berbagai negara seperti Jerman, Australia, Belgia, Brazil, Irlandia, Meksiko,

dan berbagai negara lainnya. Mobil Volkswagen Beetle pernah dinobatkan sebagai mobil paling berpengaruh menempati peringkat keempat melalui sebuah poling internasional. Sayangnya, saat perang dunia kedua meletus, Volkswagen menghentikan produksi Beetle. Jerman saat itu lebih mementingkan perang, sehingga produksi mobil dikesampingkan.

>>> Mobil Listrik VW ID.6 Crozz Siap Mengaspal, Sayang Tak Masuk Indonesia

Popularitas Mobil Volkswagen dari Generasi ke Generasi

Volkswagen Beetle edisi pertama keluaran tahun 1938
Sejarah Volkswagen dimulai dari Beetle

Tidak hanya karena mempunyai bentuk yang khas, suara yang unik, dan juga kehandalannya. Mobil Volkswagen juga terkenal sebagai mobil yang ekonomis. Karena pada awalnya memang mobil ini diperuntukan untuk bisa membawa 2 sampai 3 orang dewasa.

Mobil Volkswagen semakin dikenal dunia tatkala film Herbie The Love Bug dan serial The Love Bug yang beredar pada tahun 1963 hingga tahun 1970-an menggunakan mobil Volkswagen Beetle. Dalam film tersebut diceritakan bahwa Herbie yang merupakan mobil Volkswagen Beetle adalah sebuah mobil balap yang mempunyai pikirannya sendiri dengan nomor khasnya 53.

>>> Ini Motif Pengemudi VW Beetle yang Tabrak Polisi di Pos Penyekatan

Volkswagen Beetle terbaru yang dipasarkan
Akhir sejarah Volkswagen Beetle yang diproduksi

New Beetle akhirnya lahir pada akhir 1990 dengan menggunakan basis Volkswagen Golf. Sedangkan sejarah Volkswagen Beetle klasik terakhir diproduksi di tahun 2003 di pabrik Volkswagen yang terletak di Meksiko.

New Beetle akhirnya lahir pada akhir 1990 dengan menggunakan basis Volkswagen Golf. Sedangkan Beetle klasik terakhir di produksi 2003 di pabrik Volkswagen yang terletak di Meksiko. Sayangnya Volkswagen harus menyudahi perjalanan panjang mobil rakyat yang mendunia ini. Salah satunya karena kini masyarakat dunia mulai beralih kepada mobil-mobil berukuran besar seperti crossover dan SUV.

>>> ‘The Last Mile’, Film Pendek Sejarah Volkswagen Beetle Diiringi The Beetles

Pertama Kali VolksWagen Masuk Indonesia

Sejarah Volkswagen di Indonesia terbilang unik karena masuk bukan lewat jalur bisnis, melainkan lewat jalur PBB. Kala itu bersamaan dengan bantuan penanggulangan penyakit menular pada tahun 1950-an dan 1960-an. Mobil Volkswagen yang banyak masuk kala itu adalah tipe Beetle atau dikenal dengan nama VW kodok yang digunakan oleh Departemen Kesehatan.

Karena  pemerintah tidak berfokus pada dunia otomotif melainkan kesehatan manusia, hasilnya pun membuat para Volkswagen ini tidak dirawat. Di masa tersebut juga banyak rakyat yang menyebut kalau mobil ini mudah terbakar karena masih banyak orang yang belum tahu cara merawat mobil Volkswagen.

Volkswagen Golf MK7 yang dipasarkan di Indonesia
Mobil Volkswagen bekas masih menjadi alternatif tunggangan di Indonesia

Bisnis komersial Volkswagen Indonesia bertumbuh ketika dipegang oleh PT Piola yang merupakan bagian dari keluarga Panggabean. Dari keluarga ini, selanjutnya yang aktif berbisnis adalah Albert Panggabean, generasi kedua dari pengelola PT Piola. Sayangnya, PT Piola ini digusur dari perannya sebagai pengelola bisnis Volkswagen di Indonesia.

Ada yang bilang, penyebabnya PT Piola digusur ini karena pailit, kemudian diambil alih pihak lain. PT Garuda Mataram lah yang mengambil alih waktu itu. PT ini dimiliki oleh Yayasan Dharma Putra Kostrad dan Grup Sudono Salim alias Oom Liem alias Liem Sioe Liong yang terkenal itu.

Pada periode PT Garuda Mataram, yaitu pada awal tahun 1970-an, sejarah Volkswagen sempat berjaya di Indonesia. Produk-produknya antara lain adalah VW Kombi, Safari/181, Pasat, dan Golf. Kombi sendiri pada periode itu ada tiga macam, yaitu VW Combi Jerman, VW Kombi Brazil, dan VW Mitra. VW Mitra memiliki bentuk mirip VW Kombi, namun dibuat oleh PT. Pindad. Mesinnya merupakan pengembangan atau modifikasi pendingin mesin pompa air buatan Jerman.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Kapan VolksWagen masuk ke Indonesia?
Melalui jalur PBB, VW masuk Indonesia bersamaan dengan bantuan penanggulangan penyakit menular pada tahun 1950-an dan 1960-an. Mobil ini digunakan sebagai mobil Departemen Kesehatan pertama kali.
Apa mobil VolksWagen paling ikonik?
VW Beetle adalah salah satu mobil VW yang paling ikonik.
Apakah VolksWagen Beetle masih diproduksi? 
Setelah melewati sejarah yang panjang, VW Beetle versi terbaru telah berhenti produksi.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top