Wuih! India Punya Mobil Listrik Bertenaga 1.000 HP!

05/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Anda pasti sudah kenal pabrikan India bernama Tata dan Mahindra. Kini, ada pemain baru yaitu Mean Metal Motors yang memproduksi mobil listrik eksotis.

Nama Mean Metal Motors mulai mencuat setelah mereka memperkenalkan M-Zero yang disebut-sebut sebagai supercar pertama asal India. Kini, pabrikan yang didirikan oleh 3 pemuda ini memperkenalkan Azani, hypercar listrik yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 1.000 HP.

Mobil ini akan menantang hypercar listrik lain seperti Rimac Nevera, Lotus Evija, atau beberapa hypercar konsep dari Tiongkok seperti NIO EP9.

Diklaim Dengan Berbagai Angka Fantastis

Dalam hal spesifikasi, Azani diklaim memiliki banyak sekali angka yang luar biasa. Mobil listrik ini disebut memiliki tenaga 1.000 HP dan 1.000 Nm dari motor listriknya.

Gambar Mean Metal Motors Azani

Diklaim bertenaga 1.000 HP dengan torsi 1.000 Nm

>>> Mitsubishi Kembali Luncurkan Evolution, Tapi Kok Jadi Mobil Listrik?

Triple M juga mengklaim bahwa Azani dapat berakselerasi dari 0 - 60 mil/jam (97 km/jam) dalam 2,1 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 220 mil/jam (322 km/jam).

Baterai 120 kWh yang disematkan pada hypercar ini juga disebut dapat bertahan hingga 325 mil (523 km) dalam sekali pengisian daya. Semua angka ini tercantum di situs web mereka yang mirip dengan Tesla.

Selain angka-angka tersebut, Azani menggunakan sasis skateboard aluminium spaceframe yang fleksibel untuk digunakan pada berbagai model. Mereka juga menggunakan komponen modular untuk hypercar tersebut yang mengurangi margin pemasok hingga 25%.

Apakah Sudah Bisa Dibeli?

Di luar performanya, Azani tentu akan dibekali dengan fitur-fitur berteknologi tinggi seperti mobil baru lainnya, tetapi satu hal yang dibanggakan oleh Mean Metal Motors adalah penggunaan AI di pabrik-pabrik mikronya untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Gambar Azani Hypercar

Apakah Anda tertarik membeli hypercar listrik asal India ini?

>>> Nissan Umumkan Harga Mobil Listrik Leaf, Dijual Mulai Rp 649 Juta

Mobil itu sendiri juga akan menggunakan fitur pembaruan over-the-air. Dari segi desain, kami akan menyerahkannya kepada selera masing-masing, tetapi katakan saja bentuk Azani (terutama di bagian depan) mewakili logo perusahaan dengan baik.

Lantas, apakah mobil ini sudah bisa dibeli? Triple M belum memberikan linimasa terhadap peluncuran hypercar bertenaga baterai ini, termasuk juga harganya. Tetapi, mereka sudah mulai membuka pemesanan bagi Anda yang tertarik di situs web mereka.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top