McMurtry Automotive Spéirling, Radikalisme a la Inggris

15/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
McMurtry Automotive Spéirling menjadi contoh mobil balap listrik buatan Inggris yang sarat dengan beragam inovasi kekinian untuk memaksimalkan performa

Industri otomotif Inggris memang istimewa. Ketika para pemain mainstream (utama) satu demi satu dibeli oleh para investor luar, mulai bermunculan industri rintisan (start-up) yang berskala kecil namun memiliki kompetensi luar biasa. Singkat kata, para rintisan tersebut  rata-rata punya kemampuan membuat sports car dengan kualitas jempolan. 

>>> Naik Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh? Begini Cara Menghemat Dayanya

McMurtry Automotive

gambar mobil balap

Can-Am race car versi modern hasil kreasi start-up company asal Inggris 

McMurtry Automotive adalah perusahaan rintisan yang membuat mobil balap listrik dan ditampilkan dalam gelaran Goodwood Festival of Speed 2021. McMurtry Automotive memberi nama Spéirling untuk mobil kreasinya dan disebut sebagai “experimental vehicle demonstrator” yang menampilkan semua evolusi terbaik sports car dari era “the golden age of racing”. Menurut McMurtry Automotive, hasil kreasi berupa Spéirling tidak mengikuti regulasi mobil balap yang berlaku saat ini dan juga tidak street legal. Lalu sebutan apa yang tepat untuk mobil balap kreasi McMurtry Automotive ini?  Versi modern dari  Can-Am race car.

Sarat Inovasi  

gambar mobil balap

Kipas belakang untuk memaksimalkan gaya tekan ke bawah  

Aspek utama dalam bidang rekayasa Spéirling adalah paduan kipas listrik dan underbody skirt yang mampu menghasilkan gaya tekan ke bawah (downforce) sebesar 500 kg sehingga mobil tersebut menjadi sangat "lengket" dengan lintasan. Karena bagian underbody sudah memproduksi gaya tekan ke bawah yang besar, maka hanya butuh sedikit perangkat aero kit yang esensial saja seperti spoiler dan diffuser. Alhasil, McMurtry dapat membuat desain bodi berbahan serat karbon yang paling aerodinamis.

gambar mobil balap

  Mobil balap Brabham BT46B Formula One yang menjadi inspirasi McMurtry Automotive Spéirling 

Secara teknis, McMurtry Automotive Spéirling mengikuti konsep mobil balap Brabham BT46B Formula One yang memakai kipas listrik belakang untuk memaksimalkan gaya tekan ke bawah. Gordon Murray merancang Brabham BT46B Formula One untuk tim balap Brabham yang dimiliki oleh Bernie Ecclestone dan berlaga dalam musim balap Formula One 1978. Kreasi Gordon Murray itu lalu diwujudkan kembali sebagai supercar GMA T.50 atau  Gordon Murray Automotive Type 50.

Ringan dan Kencang  

gambar mobil balap

Performa mengesankan dengan akselerasi 0-300 km/jam dalam waktu 9 detik 

Bermarkas di Gloucestershire, Inggris, McMurtry Automotive mengklaim Spéirling yang menganut sistem penggerak roda belakang (RWD) memiliki power-to-weight ratio sebesar  1 hp per kg. Berat mobil “demo” ini tidak sampai 1.000 kg dan  mampu berakselerasi  0-300 km/jam dalam waktu kurang dari  9,0 detik dan mencapai  top speed lebih dari 320 km/jam.

gambar mobil balap

Kapasitas baterainya cukup untuk sejam bermain-main di lintasan sirkuit 

Baterai berkapasitas  60-kWh bisa digunakan untuk berlaga di sirkuit dalam waktu  30-60 menit (satu kali pengisian penuh). Lebih kurang setara dengan jarak tempuh  sejauh 565 km berdasarkan standar European WLTP testing cycle (klaim McMurtry). Selepas gelaran Goodwood Festival of Speed 2021, McMurtry Automotive akan menguji Spéirling untuk pemecahan rekor dunia, jadi belum jelas apakah akan dipasarkan atau sekadar mobil demo.  

>>> FIA Siapkan Balapan Electric GT, Performa Setara GT3

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top