McLaren Senna Tebakar Saat Lakukan Lap Eksibisi di Austria

04/07/2019

Pasar mobil

5 menit

Sebuah McLaren Senna terbakar saat melakukan lap eksibisi jelang balapan F1 GP Austria Minggu pekan lalu, dan ini bukanlah yang pertama terjadi kepada hypercar asal Britania Raya itu.

Minggu pagi jelang balapan F1 GP Austria, dua video mencuat ke media sosial menunjukkan hypercar McLaren Senna terbakar. Rekaman tersebut diambil di sirkuit Red Bull Ring, dari belakang mobil tampak terlihat gumpalan asap, bahkan api keluar dari mobil performa tinggi itu.

>>> Hasil balap F1 GP Austria: Max Verstappen sudahi puasa kemenangan mesin Honda

McLaren Senna, yang saat itu dikemudikan oleh legenda F1 asal Austria, Gerhard Berger, dalam sebuah penampilan spesial, langsung menepi tak lama berselang. Adapun penyebab kebakaran tersebut sedang diinvestigasi McLaren.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Carfanatics (@carfanatics) on

 

“Kami mengetahui situasi terkait McLaren Senna yang terbakar,” juru bicara McLaren menjelaskan kepada media asal Inggris, The Drive, melalui Email.

>>> Temukan pilihan mobil dengan harga terbaik di sini

“McLaren menganggapi masalah apapun dengan mobilnya secara sangat serius, kami terus berkomunikasi secara langsung dengan konsumen terkait masalah ini, dan tak bisa berspekulasi atau berkomentar apapun terkait masalah ini sebelum mendapat informasi lebih jelas.”

Bukan Kejadian pertama

Ini bukanlah kali pertama McLaren Senna dilalap si jago merah, tahun lalu Senna milik Salomondrin, yang merupakan seorang pengiat teknologi dan juga Youtuber, terbakar saat dikemudikan akhir tahun lalu. Dan kondisinya cukup mengenaskan.

McLaren Senna dilalap api

Penampakan McLaren Senna milik Salomondrin setelah dilalap si jago merah

Terlepas dari dua kejadian di atas, McLaren Senna adalah mobil yang sangat luar biasa. Terinspirasi dari legenda balap McLaren, tiga kali juara dunia Formula 1 asal Brazil, Ayrton Senna, mobil ini dibanderol $1 juta, dan hanya dibuat khusus 500 unit.

Mesin M840tr yang digunakan McLaren Senna

Dapur pacu McLaren Senna, M840TR

>>> Selalu update berita seputar pasar mobil di sini

Berbeda dari McLaren kebanyakan, Senna tidak menggunakan motor listrik dan hanya mengandalkan mesin V8 4 liter twin-turbo, yang menghasilkan tenaga 789 HP serta torsi 800 Nm. Alhasil, McLaren Senna dapat melesat dari 0-100 dalam waktu 2,8 detik. Namun, tetap saja McLaren harus bergerak cepat untuk menemukan penyebab serta solusi masalah yang dialami mobil flagshipnya.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top