Mazda Padukan Mesin Rotary Dengan Teknologi Hybrid

13/03/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mazda Padukan Mesin Rotary Dengan Teknologi Hybrid
Mazda melakukan gebrakan dengan menggabungkan mesin Rotary mereka dengan Hybrid, yang akan menjadi jantung pacu bagi model-model mereka di masa datang.

Sebelumnya, Mazda mengonfirmasi sedang menggarap konsep rotary range extender, versi kompak dari mesin ikonik Rotary Wankel yang ada di balik model-model ikonik seperti RX-7 dan RX-8.

Cara kerjanya akan sama seperti BMW i3s, dimana mesin konvensional berukuran kecil menjadi sumber listrik untuk mengisi ulang baterai mobil yang hampir habis.

Mazda RX7 warna merah

RX7, salah satu mobil legendaris Mazda dengan mesin Wankel Rotary

>> Baca juga berita lainnya

Namun, Mazda  mengambil langkah lebih jauh dalam memadukan kedua teknologi tersebut. Mereka mengumumkan akan merilis mobil listrik tahun ini, yang mungkin akan mencakup mobil hybrid bermesin rotary.

Berbicara dengan media Australia, Drive, pada peluncuan CX-30, Managing Excecutive Officer Development Powertrain Mazda, Ichiro Hirose, membeberkan pihaknya sedang mengembangkan XEV, platfom rotary hybrid yang fleksibel dan dapat diaplikasikan di berbagai platform mobil baru.

“Kami mengumumkan bahwa kami mempertimbangkan kombinasi teknologi range extender berbasis rotary dengan baterai mobil listrik,” papar Hirose di Geneva Motor Show.

>>> Simak review mobil Mazda di sini

“Ini bukanlah solusi yang Anda temukan di mobil-mobil biasa, tapi ini masuk ke dalam sistem yang kami sebut XEV, dan itu berarti teknologi range extender dan rotary engine memiliki dua fungsi. Itu memiliki fungsi generator, dan juga dapat digunakan untuk memberi traksi dan memberi sensasi berkendara.”

Set-up yang dijelaskan Hirose sama seperti Toyota Prius, di mana mesin konvensional menjadi penggerak utama mobil, ditopang oleh mesin listrik yang membantu mobil dalam akselerasi dan kecepatan rendah.

>>> Cari mobil Mazda?

“Itu dimungkinkan karena mesin rotary memiliki ukuran yang kompak, dan jika kami memilih itu kami juga bisa menyisipkan generator. Mesin rotary dan motor listrik dalam satu paket karena ukuran yang kecil,” tambahnya.

Mekanisme mesin Wankel Rotary

Mesin Rotary Wankel akan kembali dihidupkan dengan sentuhan kekinian

Pendekatan Mazda terhitung cukup inovatif, dengan platform listrik yang dapat dimodifikasi untuk menambah atau mengurangi jumlah baterai yang dibutuhkan. Mulai dari mobil hybrid bermesin rotary, hingga mobil elektrik dengan teknologi range extender bermesin rotary.

Jadi, apakah Anda siap melihat generasi terbaru Mazda RX series dengan teknologi rotary hybrid dalam waktu dekat?

>>> Simak berita mobil terbaru hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top