Mazda MX-5 Miata Jadi Mobil Listrik di Tahun 2030

24/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Seorang juru bicara Mazda di AS mengkonfirmasi bahwa Mazda MX-5 Miata akan jadi mobil listrik di tahun 2030 mendatang. Semua akan dialiri listrik pada waktunya!

Mazda telah mengkonfirmasi bahwa  pabrikan mobil asal Jepang itu akan menawarkan versi elektrifikasi dari Miata pada akhir dekade ini. Tentunya ini bisa menjadi kabar baik agar Mazda MX-5 Miata terus bisa mengikuti perkembangan zaman.

>>> Mazda MX-5  Miata 2021 Ditambah Banyak Fitur Baru

Terjadi Akhir Dekade Ini

Dilaporkan oleh The Drive, sport car ikonik itu akan menjadi salah satu dari total 13 mobil yang akan disiapkan untuk ditenagai listrik. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh juru bicara Mazda AS.

"Mazda berusaha untuk menghadirkan Mazda MX-5 Miata dalam upaya agar semua model menampilkan bentuk elektrifikasi pada tahun 2030," kata juru bicara Mazda AS kepada The Drive. "Kami akan bekerja keras untuk menjadikannya mobil sport dua tempat duduk yang ringan, terjangkau, dan terbuka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan." tutupnya.

Mazda menargetkan portofolio di masa depan sebesar 25 persen kendaraannya merupakan mobil listik dan 75 persen sisanya adalah hybrid yang memanfaatkan kombinasi tenaga listrik dan pembakaran internal. Dengan demikian kemungkinan besar Mazda  MX-5 Miata juga akan menjadi hybrid atau listrik murni.

>>> [INFOGRAFIK] Mengenang Sejarah dan Perkembangan 30 Tahun Mazda  MX-5 Miata

Bisa Hadir Lebih Awal di Tahun 2023

Laporan tersebut tidak termasuk rincian pasti tanggal rilisnya. Hanya disebutkan bahwa Mazda MX-5 akan dipertahankan di lineup dengan penambahan bentuk elektrifikasi sambil menjaga karakteristik fundamentalnya seperti bodi yang ringan dan harganya yang terjangkau.

Gambar menunjukan Mazda Miata

Tampilan eksterior Mazda  MX-5 Miata

Jika menilik garis waktu Mazda dalam memperbarui mobil sport dua pintunya itu. Banyak pelanggan mungkin dapat berharap bahwa versi generasi kelima akan keluar pada tahun 2023. Mengingat masing-masing setiap model generasi memiliki umur rata-rata delapan tahun. Model generasi keempat saat ini diluncurkan oleh Mazda pada tahun 2015 dengan desain yang memberi penghormatan pada desain inti roadster tersebut.

Gambar menunjukan interior Mazda Miata

Tampilan interior Mazda  MX-5 Miata

Tahun 2023 jika dilihat dari garis waktu tersebut tampaknya cukup masuk akal mengingat juga bahwa model saat ini dengan mesin SKYACTIV akan hadir dengan solusi elektrifikasi mulai tahun 2022 hingga 2025. Dan pada tahun 2025 dan seterusnya, Mazda akan mulai meluncurkan platform EV uniknya yang disebut Skyactiv EV Scalable Architecture.

>>> Cek dan Rekondisi Suspensi Mobil Agar Berkendara Semakin Nyaman

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top