Mazda Racik CX-5 Terbaru, Pakai Mesin dan Platform Bakal Ganti?

14/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mazda Motor Corporation mengkonfirmasi kehadiran Mazda CX-5 generasi terbaru dalam beberapa waktu ke depan. Mobil ini akan menggunakan platform dan mesin baru.

Sebagai pabrikan yang kini berfokus pada model SUV, Mazda tengah mempersiapkan CX-5 generasi baru untuk diluncurkan dalam beberapa waktu ke depan. Sayangnya, belum ada berita resmi mengenai tanggal debut dari Mazda Motor Corporation.

Bulan Mei 2021 lalu, prototipe Mazda CX-5 terbaru sempat terpantau saat diuji jalan di California, Amerika Serikat. Tandanya, para konsumen yang menunggu kehadiran mobil ini sepertinya tidak akan menunggu waktu lama.

Mesin dan Platform Baru

Medium SUV Mazda ini dilaporkan akan duduk di platform baru dan ditenagai oleh mesin 6-silinder. Managing Director Mazda Australia, Vinesh Bhindi pun telah mengkonfirmasi kedua kabar tersebut.

>>> Diskon PPnBM Diperpanjang, Mitsubishi Xpander Makin Laris

Gambar Mazda CX-5

Sudah waktunya Mazda melakukan facelift terhadap CX-5

"Mazda melanjutkan investasi pada pengembangan mesin pembakaran internal (ICE) dengan efisiensi tinggi, dengan SkyActiv-X, dan mesin 6-silinder generasi terbaru yang akan diaplikasikan pada platform mobil besar terbaru, yaitu Mazda CX-5 dan model-model di atasnya," terang Bhindi.

Meskipun dikonfirmasi, informasi mengenai platform dan mesin baru tersebut masih langka saat ini. Sebuah laporan awal tahun ini mengatakan bahwa Mazda akan memulai produksi kendaraan bermesin 6-silinder dengan penggerak roda belakang pada awal 2022.

Varian mesin diesel Mazda diharapkan akan dipertahankan, sementara model hybrid juga sedang dikerjakan. Selain itu, sistem penggerak roda belakang/AWD juga diharapkan akan hadir untuk model-model di bawah sedan Mazda6.

Seperti Apa Mazda CX-5 Terbaru Ini?

Gambar Mesin CX-5

CX-5 generasi selanjutnya akan menggunakan mesin baru

Saat ini, semua masih menjadi spekulasi. Lini masa dari peluncuran CX-5 terbaru pun masih belum diungkapkan oleh Mazda. Belum lagi, model-model besar lainnya juga sudah membutuhkan facelift yang pastinya akan menggunakan platform baru Mazda.

>>> Gelap Gulita! Lampu Jalan di Semarang Dimatikan Selama PPKM Darurat

Kita dapat mengharapkan Mazda untuk memprioritaskan CX-5 dalam hal pengembangan. Model ini telah menjadi penghasil uang bagi pabrikan asal Jepang ini. Tahun 2020 saja, Mazda dapat menjual 361.051 unit CX-5 meski terhalang pandemi COVID-19.

Memberi model paling populer pembaruan akan menjadi hal paling logis untuk dilakukan secara bisnis. Sekarang, kita tunggu saja update dari Mazda dalam beberapa waktu ke depan mengenai mobil yang cukup populer di Tanah Air ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top