Mazda Bongo yang Dijual di Jepang Diimpor dari Indonesia

12/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Mazda Bongo yang Dijual di Jepang Diimpor dari Indonesia
Mazda Bongo rebadge Daihatsu Gran Max telah diluncurkan di Jepang. Rupanya, Bongo diimpor langsung dari Indonesia dengan memenuhi persyaratan pemerintah Jepang.

Mazda Motor Corporation pada Juli lalu telah meluncurkan mobil komersial terbarunya yakni Bongo Van dan juga pick-up Bongo. Meski telah diluncurkan sejak Juli, Mazda Bongo sendiri baru mulai dijual pada 11 September 2020. 

Tapi kehadiran Mazda Bongo Van kali ini merupakan hasil rebadge dari Daihatsu Gran Max.

>>> Penjualan Mazda Global Bulan Juli 2020 Masih Negatif

Mesin Sama dengan Daihatsu Gran Max

Mazda Bongo

Bongo pick-up

Hal ini memang dimungkinkan lantaran keduanya memang menjalin kerjasama di Jepang. 

"Memang Daihatsu dan Mazda sudah berkolaborasi di Jepang. Mazda jual produk Daihatsu dengan brand Mazda di Jepang," ungkap Marketing Product Planning Div. Head PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi dalam bincang virtual, Jumat (11/9/2020). 

Di Negeri Sakura, Mazda Bongo mengusung mesin yang sama persis denga Daihatsu Gran Max 1.5 L. Kemudian fitur-fiturnya mengikuti standar yang ditetapkan Kementerian Transportasi Jepang.

Mazda Bongo

Interior Bongo

Sayangnya, Daihatsu enggan merinci apa saja fitur yang diusung dalam Mazda Bongo ini. 

"Di Jepang punya standar keselamatan sendiri,  jadi Indonesia untuk ekspor ke Jepang mengikuti standar negara tujuan. Jadi yang masuk ke Jepang itu Gran Max dijual Town Ace, Lite Ace, dijual juga oleh Mazda," tutur Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra pada kesempatan yang sama. 

Kembali soal Bongo, van ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1966. Dalam keterangan resminya, Mazda menyebut Bongo Series cukup banyak diminati karena dimensinya dan juga kemampuannya mengangkut barang. 

Hingga Mei 2020, total sudah ada lebih dari 2,1 juta unit Bongo yang terjual di Jepang. Ini menjadi sejarah tersendiri bagi Mazda terutama di segmen kendaraan komersial ringan yang diproduksi Mazda. 

Semua varian Bongo dibekali dengan fitur keamanan yang mumpuni sebagai standarnya. Dengan begitu Mazda Bongo diklaim cocok untuk dikendarai sehari-hari. 

Ada dua model Bongo yang ditawarkan yakni STD dan juga DX dengan pilihan penggerak 2WD dan juga 4WD. Kemudian transmisinya terdapat pilihan yakni manual dan juga otomatis. 

>>> Meluncur di Amerika, Mazda CX-5 2021 Dibekali Head Unit Baru

Fitur Menyesuaikan Negara Tujuan Ekspor

Mobil juga lebih efisien kalau bicara penggunaan bahan bakarnya. Sejak tahun 2018 Bongo telah memenuhi pemangkasan emisi sebesar 50 persen. 

Keseluruhan model Bongo memiliki ground clearance yang rendah untuk mengurangi bobot fisik saat mengangkut barang. 

Mazda Bongo

Bongo sangat identik dengan Daihatsu Gran Max

Bicara fitur, Mazda Bongo telah dilengkapi dengan Smart Assist, Lane Departure Warning, Automatic Brakes, hingga Acceleration Suprression Device. 

Bongo Van dibanderol dengan harga mulai 1.822.700 yen atau setara dengan Rp 255 jutaan. Sedangkan varian termahalnya dibanderol Rp 329 jutaan. 

Kemudian untuk Bongo pick-up dijual mulai 1.680.800 yen atau kalau dirupiahkan setara Rp 235 jutaan dan yang termahal 2.132.900 yen atau Rp 298 jutaan. 

>>> Baca berita otomotif terbaru lainnya di sini

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top