Mazda Ajukan Pinjaman Dana Rp 41 T untuk Hadapi Pandemi Covid-19

11/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mazda Motor Corp telah mengajukan pinjaman dari tiga bank besar di Jepang sebanyak $ 2,8 miliar atau setara Rp 41 triliun untuk bisa melewati Pandemi Covid-19.

Mazda Motor Corp dilaporkan telah mengajukan pinjaman sebanyak $ 2,8 miliar atau setara Rp 41 triliun dari bank-bank di Jepang di tengah penurunan permintaan untuk kendaraan dan penutupan pabrik akibat dampak dari pandemi virus Corona atau Covid-19. Hal ini dilakukan Mazda agar pemulihan dapat dilakukan sesegera mungkin.

>>> Sebelum Generasi Ketiga Mercedes-Benz GLS Meluncur, Simak Dulu Sejarahnya

Gambar menunjukan mobil Mazda

Mazda CX-5 2020 sedang diuji di jalan off-road ringan

Pembuat mobil asal Jepang ini telah mengajukan pinjaman dari Bank MUFG, Sumitomo Mitsui Banking, Mizuho Bank, serta Bank Pembangunan milik Jepang dan Sumitomo Mitsui Trust Bank. Menurut laporan Reuters, semua bank tersebut diharapkan untuk dapat menyediakan pembiayaan yang diminta oleh Mazda.

Semua bank tersebut menolak untuk mengomentari permintaan pinjaman yang dikabaran ini. Sementara itu Mazda juga masih belum menanggapi permintaan komentar mengenai laporan ini.

>>> Pertamina Punya Promo Cashback 50% untuk Sopir Angkot yang Isi Pertalite

Gambar menunjukan Mazda pabrik

Guna memutus virus Covid-19 banyak produsen mobil di dunia menutup fasilitas pabrik produksi

Dampak dari pandemi virus corona membuat banyak produsen mobil global menutup pabrik-pabriknya di AS, Eropa dan Asia dan berdampak juga terganggunya pengiriman pasokan mulai dari transmisi hingga sistem kemudi. Secara spesifik pandemi ini juga telah menurunkan penjualan Mazda di pasar utama perusahaan di Eropa dan Amerika Utara dan memicu penangguhan produksi di pabriknya di Jepang dan luar negeri. Penjualan Mazda sendiri bulan Maret lalu mengalami penurunan sebanyak 33% sementara itu produksi turun 20% dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun lalu.

Mazda berharap dapat menjaga dana yang cukup untuk mempersiapkan penurunan penjualan yang berkepanjangan di tengah wabah virus Covid-19. Penjualan mobil diprediksi diperkirakan akan tetap mengalami perlambatan.

Kabar ini bukan hanya datang dari Mazda saja, pembuat mobil Jepang lainnya juga telah mencari dana tambahan di tengah pandemi. Toyota Motor Corp, Nissan Motor Co dan Mitsubishi Motors Corp dikabarkan juga telah mengajukan pembiayaan untuk mengantisipasi penurunan penjualan.

>>> Berita otomotif menarik dan terbaru lainnya bisa dibaca di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top