Mau Tahu, Berapa Jumlah Pekerja Asal China di Pabrik Wuling Motors Indonesia ?

14/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Mau Tahu, Berapa Jumlah Pekerja Asal China di Pabrik Wuling Motors Indonesia ?
Seperti halnya produsen mobil asal luar negeri yang memperjakan sejumlah karyawan dari negara asalnya, Wuling Motors pun demikian. Wuling juga memiliki karyawan-karyawan yang berasal dari negara asalnya, China. Pabrik Wuling Motors yang berada di Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok BA No. 1, Jl. Tol Jakarta - Cikampek No.No, Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat juga dilengkapi dengan kantor pusat sebagai kendali perusahaan.

Berapa Jumlah Pekerja Asal China di Pabrik Wuling Motors, Cikarang ini?

 Arif Pramadana, Senior Director Manufacturing PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) Motor Indonesia menuturkan hingga saat ini pabrik Wuling Motors memiliki karyawan sebanyak 900-an orang. 700 orang di bagian produksi, sisanya di bagian administrasi dan yang lain. 

Dari 900-an orang, pekerja yang berasal dari China ada sekitar 30 orang. Semuanya berada di posisi manager. Sedangkan untuk non manager seperti teknisi dan pekerja semuanya pekerja lokal.

Salah satu aktivitas di pabrik perakitan Wuling Motors Cikarang Jawa Barat

Pabrik Wuling di Cikarang lebih banyak menyerap pekerja lokal dari pada pekerja dari negara asalnya, China

>>> Spare Part Lebih Murah 20 Persen, Wuling Confero Memuaskan Konsumen

"Manajer saja, kalau teknisi tidak ada. Paling hanya engineer kalau ingin melihat proses produksi, mereka datang. Hanya untuk kunjungan kerja," tutur Arif di pabrik Wuling motors Cikarang, Bekasi, Rabu (9/5/2018) lalu.

Seperti diketahui, Wuling melakukan ekspansi industri otomotif ke Indonesia dengan membangun pabrik produksi sejak Agustus 2015. Setelah melewati hampir dua tahun tahap pembangunan pabrik, Wuling resmi mengoperasikan pabrik pada 11 Juli 2017. Low MPV Confero S yang diluncurkan di pameran GIIAS Agustus 2017 jadi model pertama Wuling di Indonesia dan langsung dipasarkan sejak hari pertama peluncuran.

 

Peluncuran Wuling Confero S di GIIAS 2017 dihadiri oleh bapak wakil presiden dan menteri perindustrian

Peluncuran model pertama Wuling Confero S di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017

>>> Xpander dan Wuling kalahkan Avanza di Bursa Mobil Bekas

Pabrik Wuling Motors terus berkembang. Selain menelurkan model baru, jumlah pekerja lokal pun secara bertahap bertambah seiring dengan pengurangan tenaga kerja asal China. Hal ini disampaikan oleh Dian Asmahani selaku Brand Manager SGMW (Wuling Motors)

"Teman-teman saya dari sana (China) sudah banyak yang pulang, diganti dengan teman-teman lokal," tutur Dian.

Sementara untuk pekerja pabrik, semuanya direkrut dari warga sekitar dengan syarat-syarat tertentu yang tidak terlalu menyulitkan. Tidak dibeda-bedakan antara pria dan wanita, para pekerja yang rata-rata lulusan SMA sudah diberi berbagai pelatihan khusus serta pendidikan teknologi serta seluk beluk mobil Wuling di China. Jadi ketika mereka resmi masuk, sudah langsung bisa bekerja.

"Kita juga tidak membedakan pria maupun wanita. Bagi siapa saja yang mau kerja di sini, silakan," tambahnya.

Wuling Cortez hadir di Yogyakarta

Sebelum resmi menjadi karyawan Wuling, para pekerja harus mengikuti pelatihan guna mengetahui teknologi Wuling dan seluk beluk mobil Wuling di Indonesia

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di situs berita cintamobil.com

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Share this post:
 
back to top