Mau GR Sport atau TRD Sportivo, Sebenarnya Ya Sama Saja!

09/08/2021

Pasar mobil

3 menit

PT Toyota Astra Motor resmi mengenalkan jajaran produk berlabelkan GR Sport terbaru mereka. Lantas, apa perbedaannya dengan mobil Toyota berlabel TRD Sportivo?

Dengan tingginya animo masyarakat terhadap jajaran produk Toyota yang bernuansa motorsport seperti Toyota GR Supra dan GR Yaris, PT Toyota Astra Motor pun memperbarui tipe flagship dari jajaran produk mereka dengan nama GR Sport.

Menyusul Toyota Raize GR Sport yang telah lebih dahulu diluncurkan, kini Toyota Agya, Fortuner, Veloz, Rush, serta Yaris kini ditawarkan dalam tipe GR Sport. Lantas, apa perbedaan mobil-mobil tersebut dengan TRD Sportivo yang menjadi pendahulunya?

TRD Sportivo vs GR Sport

Gambar Toyota GR Sport

Lima produk Toyota terbaru yang berlabel GR Sport

Daripada membahas sampai mendetail dan berbelit-belit, kami akan menyebutkan bahwa perbedaan di antara keduanya hanya terletak di nama dan desain body kit yang menjadi peningkatan visual pada jajaran produk tersebut.

>>> 5 Mobil Toyota GR Meluncur di Indonesia, dari Avanza sampai Fortuner

Nama Gazoo Racing yang sukses di dunia motorsport nampaknya dinilai lebih menjual saat ini, terutama dengan peluncuran Toyota GR Supra dan GR Yaris yang sangat brilian dan direspon positif di Tanah Air. Ini menyoal nomenklatur yang lebih relevan di hari ini.

Tentu, beberapa mobil GR Sport tersebut akan disematkan penambahan fitur baru. Tapi pembaruan paling signifikan terletak pada sektor visual eksterior dengan tampilan yang lebih sporty dan segar beserta emblem GR Sport di sekujur bodi.

Apakah TRD Masih Ada?

Tentu saja, TRD atau Toyota Racing Development masih ada. Toh, baru-baru ini mereka mengeluarkan paket peningkatan performa dan visual untuk dua produk Toyota Gazoo Racing, yaitu Toyota GR Supra dan GR Yaris. Untuk memahami kebingungan ini, mari kita tarik ke belakang sejarah dari Toyota Racing Development itu sendiri.

Gambar Tosco

Sebelum menjadi Toyota Racing Development, lini motorsport Toyota awalnya bernama Tosco

Toyota Racing Development dikembangkan oleh Toyota Technocraft Co. Ltd., Toyota memegang lisensi penuh dan berlaku sebagai produsen dari suku cadang serta aksesoris berlabel TRD.

>>> Toyota Luncurkan Land Cruiser Istimewa Untuk Rayakan Ulang Tahun ke-70

Awalnya, TRD mengembangkan dan memasarkan suku cadang khusus untuk mobil balap Toyota. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, mereka mulai merambah ke sektor suku cadang dan aksesoris untuk mobil produksi massal.

TRD pun kini telah dibagi menjadi dua, yakni TRD USA dan Japan. TRD USA bertanggung jawab mempersiapkan mesin NASCAR untuk Toyota dan juga produk aksesoris untuk mobil-mobil Toyota di Amerika Serikat.

Gambar Gazoo

Nama Gazoo mulai digunakan saat Toyota mengikuti ajang 24 Hours of Nurburgring pada tahun 2007

Sedangkan, TRD Japan membagi lagi lini bisnisnya menjadi dua, yaitu Gazoo Racing yang bertugas untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan motorsport. Dan TRD Sportivo yang berfokus pada pembuatan serta penjualan aksesoris untuk mobil produksi massal.

>>> Menolak Punah! Toyota Kembangkan Sistem Hybrid untuk Mesin Diesel

TRD akhirnya memutuskan untuk mengganti nama TRD Sportivo menjadi GR Sport, mengingat popularitas dan brand awareness Gazoo Racing sedang tinggi-tingginya saat ini.

Jadi, tak perlu berdebat panjang-panjang dengan teman Anda mengenai mana yang lebih bagus di antara keduanya, karena sebenarnya ya sama saja! 

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top