Mau Balik ke Jakarta Usai Mudik? Siapkan Ini Kalau Tak Mau Diputar Balik!

17/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Libur Lebaran tahun 2021 telah usai. Para pemudik pun tentu tengah bersiap diri untuk balik ke Jakarta. Tapi jangan cuma balik, ada baiknya menyiapkan hal ini!

Masa Libur Lebaran 2021 telah usai. Bagi pemudik yang telah lolos pulang ke kampung halaman mungkin tengah berencana untuk kembali ke Ibu Kota. Tapi tampaknya perjalanan balik tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, pihak kepolisian bakal tetap melakukan penjagaan ketat dan meminta pengendara menyertakan surat bebas Covid-19. 

Adapun, empat pos penyekatan dibentuk Polda Metro Jaya dalam mengantisipasi arus balik mudik Lebaran 2021. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan empat titik posko penyekatan itu bakal dibentuk di jalan arteri maupun jalan tol yang dapat dilewati pengendara dari arah Jawa Barat maupun Merak.

penyekatan mudik

Ada 4 titik utama penyekatan pemudik balik ke Jakarta

>>> Jadwal Cuti, Larangan, dan Penyekatan Mudik Lebaran 2021

4 Pos Penyekatan Bakal Cegat Masyarakat yang Mau Balik ke Jakarta

Pos penyekatan tersebut dijaga oleh aparat gabungan gabungan TNI – Polri. Rinciannya untuk jalan tol, pos pemeriksaan akan dibentuk di jalan tol Jakarta – Cikampek KM 34 dan jalan tol Cikupa arah Merak.

“Ada 4 titik yang paling krusial. Yang pertama di tol ada 2 titik. Dari arah Jawa Barat dari Cikampek ke Jakarta itu sudah disediakan pos pemeriksaan di KM 34,” ujar Yusri dikutip laman Divisi Humas Polri, Minggu (16/5/2021). 

“Kemudian yang arah dari Tangerang sana, dari Merak itu kita siapkan di tol Cikupa,” imbuh Yusri. 

Ditambahkan Yusri, pos pemeriksaan yang bakal disekat di jalan arteri dibentuk di Jati Uwung, Tangerang, Banten dan Keduwaringin, Bekasi, Jawa Barat. Di arteri Jati Uwung bakal menyekat kendaraan roda dua.  

"Kalau dari Jawa Barat itu di arah Kedungwaringin. Itu empat titik yang krusial,” beber Yusri. 

Pos penyekatan itu bertujuan untuk memeriksa kelengkapan surat bebas covid – 19 yang diwajibkan bagi warga yang terlanjur mudik Idul Fitri 1442 H. Nantinya seluruh kendaraan yang melintas diminta berhenti untuk menunjukkan kelengkapan surat bebas covid – 19 tersebut. Bila tidak memenuhi, jangan heran kalau Anda diminta kembali dan tidak bisa balik ke Jakarta. 

“Kita sudah sampaikan dan sosialisasikan bahwa semua masyarakat Jakarta yang terlanjur mudik wajib membawa surat bebas covid – 19. Wajib itu mereka masuk ke Jakarta wajib membawa itu bebas covid – 19 negatif,” tegasnya.

>>> Jokowi Khawatir 18,9 Juta Orang Tetap Mau Mudik Meski Ada Larangan

Aturan Perjalanan Diatur dalam SE Nomor 13 Tahun 2021

Selain Angkutan Logistik, Deretan Kendaraan Ini 'Kebal' Aturan Larangan Mudik

Larangan mudik seolah diacuhkan oleh sebagian masyarakat

Antisipasi akan arus pasca balik Lebaran ini telah tertuang dalam surat Kepala Satgas Penanganan covid – 19 tentang Antisipasi Perjalanan Masyarakat pada Arus Balik Idul Fitri 2021. 

Sesuai Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021, surat bebas Covid-19 dokumen tersebut meliputi hasil tes PCR, swab antigen atau GeNose. Dengan masa berlaku selama 3 x 24 jam dalam masa peniadaan mudik 6 – 17 Mei 2021.

Sedangkan dalam masa pengetatan pasca lebaran yakni pada 18 – 24 Mei 2021, surat bebas covid – 19 berlaku 1 x 24 untuk seluruh metode testing. Serta pelaku perjalanan diwajibkan membawa surat ijin perjalanan sesuai yang disyaratkan.

“Maka, siapa pun pelaku perjalanan yang tidak sehat dan tidak mampu menunjukkan dokumen perjalanan dan surat ijin perjalanan, siapa pun itu wajib tanpa terkecuali harus putar balik dan tidak boleh melanjutkan perjalanan,” tutur Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. 

>>> Pengumuman! Masyarakat Dilarang Mudik 6-17 Mei 2021

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top