Masih Pandemi, Kota Ini Ajari Pemasangan Kursi Mobil Secara Virtual

03/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Akibat social distancing masih diberlakukan di berbagai negara, sebuah lembaga keselamatan memberikan pengajaran untuk pemasangan kursi mobil secara virtual.

Pandemi Covid-19 membatasi interaksi sosial hingga pertemuan tatap muka di berbagai negara di belahan dunia. Tak ingin mengabaikan keselamatan penumpang, khususnya anak-anak, sebuah perusahaan keselamatan berkendara bekerja sama dengan Departemen Lalu Lintas di New Mexico, negara bagian di Amerika Serikat, mengadakan pertemuan virtual untuk pemasangan kursi mobil melalui aplikasi daring, Zoom. 

Gunakan aplikasi Zoom

Divisi Keselamatan Lalu Lintas Departemen Transportasi New Mexico serta Safer New Mexico Now menyelenggarakan inspeksi kursi mobil secara virtual melalui Zoom. Inspeksi akan dilakukan oleh teknisi keselamatan penumpang anak bersertifikasi nasional untuk memberikan instruksi kepada orang tua dan pemilik mobil tentang pemilihan hingga pemasangan kursi mobil yang tepat.

aplikasi Zoom yang sedang dilakukan secara online
Pemasangan kursi dibandtu oleh teknisi melalui aplikasi Zoom

>>> Pandemi Covid Membuat Penjualan Mobil Baru Seharga Rp 100 Jutaan Seret

Untuk bisa melakukan inspeksi mobil secara virtual, pemilik kendaraan harus memiliki alamat email yang valid, akses ke internet maupun Wi-Fi, serta kemampuan untuk menggunakan Zoom melalui aplikasi di smartphone maupun situs website. Selain itu, pemilik kendaraan diharuskan memiliki item tambahan, di antara lain,

  • Jok mobil yang akan dipasang,
  • Buku manual kursi mobil,
  • Buku manual kendaraan,
  • Laptop atau smartphone yang bisa digunakan untuk merekan video,
  • Tinggi dan berat badan anak,
  • Anak harus hadir jika memungkinkan, dan
  • Orang kedua untuk membantu merekam video.

>>> Bagaimana Sih Cara Memasang Child Seat Yang Benar?

Akibat pembatasan sosial

Teknisi membutuhkan waktu sekitar 45 menit per kursi untuk mengajarkan kepada pemilik mobil untuk memilih kursi yang tepat, memasang kursi, hingga cara menggunakan kursi anak-anak. Ada pula informasi penting mengenai kesalahan umum dalam sistem keselamatan kursi mobil. Pemilik mobil juga bisa mengajukan pertanyaan kepada teknisi.

Setiap peserta juga diwajibkan menandatangani surat yang menandakan kesediaan mereka bertanggung jawab atas semua peralatan elektronik sebelum sesi yang dijadwalkan. Sesi pertemuan virtual ini dilakukan berdasarkan sistem booking dan diadakan pada hari Rabu pertama dan ketiga setiap bulannya antara pukul 11.00 dan 13.00 siang. Sesi lain yang ditawarkan yaitu pada hari Sabtu kedua setiap bulan antara pukul 12.00 dan 13.00 siang.

Inspeksi dan pengajaran virtual ini berlangsung akibat pembatasan sosial yang dialami oleh penduduk di New Mexico. Pasalnya Amerika Serikat merupakan negara dengan kasus COVID-19 terbanyak dengan catatan 26 juta kasus, atau lebih dari 25% total kasus di seluruh dunia.

>>> Bentley Cetak Rekor Penjualan Tertinggi Sepanjang Sejarah pada Tahun 2020

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top