Masih Aman, Virus Corona Tak Mempengaruhi Produksi Mobil Isuzu

11/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Masih Aman, Virus Corona Tak Mempengaruhi Produksi Mobil Isuzu
Meski banyak pabrik mobil dan pemasok suku cadang terpaksa ditutup sejak awal bulan lalu di China akibat virus corona, produksi mobil Isuzu masih aman.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) merek Isuzu di Indonesia baik itu kendaraan komersial dan penumpang di Indonesia mengungkapkan bahwa mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Wuhan, China hingga saat ini belum berdampak pada proses produksi mobil Isuzu di Indonesia. Sebelumnya diberitakan sejumlah pabrik perakitan dan pemasok suku cadang di China berhenti produksi akibat virus tersebut.

>>> Aturan TKDN Mobil Listrik Dijadwalkan Selesai Agustus 2020

Gambar menunjukan Isuzu Traga

Isuzu Traga mejeng di GIICOMVEC 2020

"Kita masih mapping terus. Tetapi untuk produksi sampai dengan April masih aman. Kita lagi mapping terus terutama untuk supplier dari China." kata Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Ernando Demily, (6/3).

Ernando menambahkan saat ini supplier dari China sudah kembali mulai produksi, tetapi masih belum sepenuhnya. "Sekarang di China sudah kembali mulai produksi. Tetapi masih ada supplier yang masih on-off, kita lagi monitor terus, tetapi yang pasti sampai bulan April aman." tandasnya.

>>> Takut Tertular Virus Corona, Yuk Manfaatkan Beli Mobil Secara Online

Pemerintah China sendiri sebelumnya awal bulan lalu telah mengeluarkan pedoman bagi para pembuat mobil dan pemasok suku cadang mobil untuk sementara waktu menangguhkan operasi karena wabah baru virus corona. Mewabahnya virus tersebut sejak awal tahun, hingga 9 Maret 2020 dilaporkan jumlah orang yang terinfeksi di seluruh dunia mencapai 110.034 kasus.

Virus corona tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan, tetapi menghentikan juga operasi sejumlah pabrik mobil di dunia karena terhentinya pasokan suku cadang. Virus yang ditularkan dari hewan ini juga memaksa sejumlah pameran otomotif dunia harus dibatalkan. Sebelumnya awal bulan ini gelaran Geneva Motor Show 2020 resmi dibatalkan, kabar terbaru pameran otomotif Manila International Auto Show (MIAS) 2020 resmi ditunda perhelatannya.

>>> Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing

Gambar menunjukan Booth Isuzu di GIICOMVEC 2020

Booth Isuzu di GIICOMVEC 2020 kampanyekan standar emisi Euro 4

Tidak hanya itu saja dampak dari virus corona, jadwal ajang balap MotoGP, Moto2, dan Moto3 diatur ulang jadwalnya. Kabarnya MotoGP Qatar, Buriram hingga Thailand harus ditunda penyelenggaraannya akibat virus tersebut. Sementara itu di Indonesia gelaran ajang balap Formula E di Jakarta yang rencananya dihelat 6 Juni mendatang hari ini diumumkan resmi ditunda.

Ditunda dan dibatalkannya sejumlah pameran otomotif dan ajang balap diyakini untuk membantu mencegah penyebaran virus dan untuk memastikan keamanan terbaik bagi semua pemangku kepentingan, peserta pameran, serta pengunjung.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top