Maruti Bakal Rilis Suzuki Wagon R 7-Seater di Indonesia, Kapan?

11/02/2019
Mempertimbangkan pasar India yang lebih tertarik dengan Suzuki Wagon R 5-seater, Suzuki membuka kemungkinan bakal mengalihkan rilis Suzuki Wagon R 7-seater ke Indonesia yang dianggap lebih potensial.

Bulan lalu tepatnya tanggal 23 Januari 2019 Maruti Suzuki India resmi meluncurkan Suzuki Wagon R generasi ketiga. Menggunakan platform Heartect terbaru atau generasi kelima, mobil ini tampil dengan perubahan yang sangat signifikan baik dari sisi dimensi, desain serta dapur pacu. Dimensinya meningkat dibanding model sebelumnya membuat ruang kabin makin lapang. Desain eksterior dan interiornya lebih segar dan modern. Sedangkan untuk performa mobil baru ini menggunakan mesin seri K yang lebih canggih dan diklaim lebih hemat bahan bakar.

Foto peluncuran Suzuki Wagon R 2019

Suzuki Wagon R generasi ketiga, lebih segar dan modern

Yang tidak berubah dari Suzuki Wagon R terbaru ini adalah konfigurasi tempat duduk yang tetap 5-seater alias 5 penumpang. Sedikit meleset dari dugaan banyak kalangan yang sebelumnya mengira Suzuki Wagon R baru bakal dikonfigurasi 7-seater. Atas hal ini Senior Executive Director (Engineering) Maruti Suzuki, CV Raman menjelaskan kepada Indianautosblog alasan logis bahwa permintaan Suzuki Wagon R 7-seater di pasar India sangat rendah.

>>> Resmi Diluncurkan, Ini Dia Bedanya Suzuki Karimun Wagon R Terbaru dengan Versi Lawas

CV Raman mengatakan besar bakal merilis Suzuki Wagon R 7-seater di Indonesia yang memiliki pasar MPV 7-seater sangat populer dan potensial. Bahkan persiapan sudah dilakukan dengan mengembangkan konsep Suzuki Wagon R 7-seater yang pernah dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Apakah Suzuki Wagon R 7-seater ini segera diwujudkan? CV Raman tidak mengungkapkan waktu pastinya, tapi sepertinya tidak lama lagi. Merujuk pada dokumen internal yang bocor, Suzuki Wagon R generasi ketiga direncanakan sudah tiba di Indonesia paling dekat tahun 2020. Jika ini benar, berarti publik otomotif Indonesia belum akan melihat Suzuki Wagon R 7-seater ini dalam waktu dekat.

Gambar rendering Suzuki Wagon R 7-Seater

Sudah dipamerkan sejak 2013 Suzuki Wagon R 7-seater belum juga dirilis, gambar rendering bermunculan

Seperti diketahui, di pameran IIMS 2013 silam PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memajang Suzuki Wagon R 7-seater. Model konsep ini memiliki desain yang lebih panjang dibanding Suzuki Wagon R 5-seater dikarenakan adanya tambahan kursi baris ketiga. Tidak telalu luas sih kursi baris ketiga ini sehingga nampaknya paling cocok untuk penumpang anak-anak. Mungkin ini juga bakal dievaluasi oleh Maruti Suzuki jika tidak ingin kursi baris ketiganya tidak sekedar jadi pajangan.

>>> Review Suzuki Wagon R 2019

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain