Manusia Sebagai Penyebab Kemacetan Hantu, Mobil Swakemudi Jawabannya?

20/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Manusia Sebagai Penyebab Kemacetan Hantu, Mobil Swakemudi Jawabannya?
Kita semua merasa frustasi dengan semua kemacetan yang terjadi di seluruh jalanan, tidak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Penyebab kemacetan bukan karena sistem yang salah, tapi kebanyakan besar terjadi kerena kesalahan pengemudi di jalanan.

Di jalanan ibukota, menunggu antrean panjang mobil yang berhenti di persimpangan lampu merah memang menyebalkan. Namun, yang lebih menyebalkan lagi adalah pengemudi yang seenaknya menerobos persimpangan ketika lampu sudah menjadi merah. Tidak perlu saling menyalahkan, karena tidak hanya pengendara motor, tapi juga pengemudi mobil menjadi penyebab kemacetan.

Jika diperhatikan, ternyata bukan kendaraan atau lampu lalu lintas yang mengakibatkan kemacetan yang terjadi. Video yang diunggah oleh CPG Gray dengan tepat menjelaskan apa yang menjadi penyebab kemacetan yang sering kita temui di jalanan.

CPG Gray menjelaskan penyebab kemacetan hantu (phantom traffic jam)

Pada dasarnya, persimpangan buruk untuk lalu lintas, karena mereka pasti menyebabkan phantom traffic jam atau kemacetan hantu, yaitu kemacetan yang tidak jelas siapa yang memulai, tapi akhirnya sudah menumpuk kendaraan di jalanan.

>>> Pemberantasan motor dianggap solusi mengatasi kemacetan di Jakarta

Dalam video tersebut, kita bisa melihat bahwa mobil yang pada menjadi sangat berkolerasi, artinya mereka bergerak serempak. Pergerakan inilah yang menciptakan mekanisme umpan balik dimana gangguan kecil oleh salah satu mobil saja akan mengirimkan perlambatan yang dampaknya terkait ke seluruh rantai mobil di belakangnya.

Ada solusi sederhana untuk mengatasi kemacetan ini: setiap pengemudi memastikan kendaraannya mempertahankan jarak yang sama antara mobil-mobil di depan dan belakang, tidak membututi dengan jarak iring yang pendek. Fluktuasi kecil akan menghilangkan potensi terjadinya kemacetan hantu.

>>> Berita pasar mobil paling update ada disini

Sayangnya, manusia pada dasarnya adalah pengendara dengan waktu reaksi yang lambat dan rentang perhatian yang pendek serta lebih banyak mementingkan diri sendiri. Membiasakan setiap orang untuk mengubah perilaku mereka dan berkoordinasi satu sama lain sampai saat ini sangat tidak mungkin terjadi.

Gambar yang menunjukan kemacetan di jalan ayang atau jalan tol di Indonesia

Pengemudi yang mengemudi seenaknya menjadi penyebab kemacetan

Solusi yang baik dari video tersebut adalah teknologi mobil swakemudi yang diprogram untuk mempertahankan jarak ideal antara kendaraan lain setiap saat. Mereka bahkan mampu berkomunikasi dengan kendaraan lain secara nirkabel, menghilangkan kebutuhan lampu lalu lintas.

Namun perkembangan mobil swakemudi saat ini belum bisa memberikan jawaban yang tepat. Meskipun terjadi juga karena ulang manusia, masih banyaknya kecelakaan kendaraan swakemudi yang terjadi membuat industri otomotif dinilai perlu mempertimbangkan peningkatan keamanan dan keselamatan swakemudi.

>>> Dapatkan berita industri otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top