Mantan Bos Nissan yang Masih Buron Kembali Muncul di Depan Publik

01/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Mantan Bos Nissan yang Masih Buron Kembali Muncul di Depan Publik
Carlos Ghosn, mantan bos Nissan yang masih dicari pemerintah Jepang kembali muncul di depan publik untuk memberikan inisiatif bagi universitas di Lebanon.

Mantan bos Nissan Motor Co. Carlos Ghosn tampil di depan publik di Lebanon. Ini adalah penampilan kedua Ghosn di depan umum sejak dia diselundupkan dari Jepang pada akhir Desember. Kehadirannya adalah untuk meluncurkan inisiatif dengan universitas lokal untuk membantu Lebanon yang sedang mengalami krisis ekonomi.

Luncurkan inisiatif kepada universitas

Carlos Ghosn menyebutkan bahwa inisiatif yang diberikan kepada Maronite Christian Holy Spirit University of Kaslik, USEK, bertajuk “Moving Forward”. Program ini bertujuan untuk meluncurkan program manajamen eksekutif, pelatihan tentang teknologi baru, dan menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran yang semakin tinggi di Lebanon.

Ghosn menyebutkan bahwa salah satu alasan mengapa tidak ada investasi asing baru di Lebanon adalah karena kurangnya kepercayaan. “Jika Anda mengembalikan kepercayaan (investor), maka uang akan datang,” jelasnya sebagaimana dilansir Autoblog.

masyarakat Lebanon yang sedang mengadakan unjuk rasa
Lebanon sedang mengalami masa krisis ekonomi dan keuangan

>>> Setelah Jepang, Kini Carlos Ghosn Diindikasikan Bermasalah di Prancis

“Tujuannya (bukan hanya) melayani lembaga ini, tetapi juga melayani negara dan masyarakat,” ungkap Ghosn. “Kami di sini untuk membantu mereka, memastikan bahwa mereka cukup solid sehingga mereka siap untuk kemungkinan buruk; untuk persaingan tidak sehat atau malpraktek di pemerintahan yang masih terjadi hingga saat ini.”

Lebanon terperosok dalam krisis ekonomi dan keuangan terburuk dalam sejarah modernnya. Pemerintah Lebanon gagal membayar utang untuk pertama kalinya pada bulan Maret. Mata uang Lebanon semakin terpuruk, menyebabkan hiperinflasi dan melonjaknya kemiskinan dan pengangguran.

>>> Bukan Hanya Livina, Model Ini Juga Mendongkrak Penjualan Nissan

Dipuja-puja di Lebanon

Sejak tiba di Lebanon, Ghosn dalam wawancaranya berulang kali mengungkapkan bahwa dia tidak bersalah atas semua laporan yang dialamatkan kepadanya. Pihak Nissan sebelumnya menuduh Ghosn tidak melaporkan pendapatannya dan melakukan pelanggaran dengan mengalihkan uang perusahaan untuk keuntungan pribadinya.

Carlos Ghosn mantan bos Nissan dengan logo Nissan di belakang
Ghosn masih dianggap pahlawan setelah menjadi mantan bos Nissan

Di Lebanon, banyak yang menganggap Ghosn sebagai salah satu pahlawan negara yang berhasil mengubah perusahaan mobil di Prancis dan Jepang kembali menguntungkan. Beberapa penduuk Lebanon bahkan berpendapat Ghosn harus diberikan jabatan pemerintahan untuk mengatasi negara yang terkenal korup tersebut.

Meski hadir di depan publik, Ghosn masih dicari oleh pihak berwajib Jepang. Januari lalu pihak Interpol mengeluarkan surat untuk meminta pemerintah Lebanon menyerahkan Ghosn. Hal ini ditanggapi oleh pihak berwenang Lebanon yang mengatakan Ghosn memasuki Lebanon dengan paspor yang sah, membuat keputusan penyerahan Ghosn ke Jepang semakin kecil.

>>> Berbagai mobil baru dan bekas terbaik bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Setelah Jepang, Kini Carlos Ghosn Diindikasikan Bermasalah di Prancis

25/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tengah menghadapi masalah hukum di Jepang, mantan bos Renault-Nissan Carlos Ghosn kini hadapi masalah baru di Prancis. Drama apa lagi yang dihadapi oleh Ghosn?

Lihat juga

‘Carlos Ghosn Prediksikan Nissan Bangkrut dalam 2 Hingga 3 Tahun’

23/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Dalam wawancara lebih dari 10 jam sebelum meninggalkan Jepang, Carlos Ghosn memprediksikan Nissan Motor Co. akan bangkrut dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Lihat juga

Tahanan Rumah di Jepang, Carlos Ghosn Dilaporkan Mendarat di Lebanon

31/12/2019

Pasar mobil

2 menit

Mantan CEO Renault Nissan Carlos Ghosn dilaporkan mendarat di Lebanon, meskipun sedang berada dalam pengawasan Kepolisian Jepang dan menjadi tahanan rumah.

Lihat juga