Makin Panjang Tol Trans Sumatera Beroperasi, Ini Sisanya Yang Menunggu Diselesaikan

04/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Makin Panjang Tol Trans Sumatera Beroperasi, Ini Sisanya Yang Menunggu Diselesaikan
Sudah ratusan kilometer jalan tol Trans Sumatera selesai dibangun dan dioperasikan. Namun masih lebih banyak yang menunggu diselesaikan dan saat ini sedang digarap. Targetnya 2024 dari Lampung hingga Aceh resmi tersambung via tol.

Ruas tol Trans Sumatera yang beroperasi bertambah panjang dengan diresmikannya ruas Tol TERPEKA (Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung) sepanjang 189 km oleh Presiden Joko Widodo, pada 15 November 2019 lalu. Total yang sudah terbangun mencapai ratusan kilometer dari target 2.765 km secara keseluruhan, yaitu:

  • Ruas Bakauheni- Terbanggi Besar beroperasi penuh sepanjang 140 km,
  • Ruas Medan-Binjai beroperasi sebagian sepanjang 13km,
  • Ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22 km, dan
  • Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (TERPEKA) sepanjang 189 km masih beroperasi secara gratis.

>>> Bakal Ada Yang Mengalahkan Rekor Tol TERPEKA Sebagai Ruas Tol Terpanjang di Indonesia

Foto Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Tol TERPEKA sepanjang 189 km

Presiden resmikan Ruas Tol TERPEKA pada 15 November 2019

Artinya, masih lebih banyak ruas tol yang menunggu diselesaikan. PT Hutama Karya (Persero) selaku pihak yang mendapat amanat menjelaskan, saat ini pihaknya tidak hanya fokus pembangunan tol jalur selatan Sumatera saja, tapi juga menggarap tol jalur yang lain, seperti Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km di jalur utara. Tujuannya agar seluruh wilayah Sumatera dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.765 km bisa tersambung secara penuh pada 2024 mendatang.

“Panjang keseluruhan ruas tol Pekanbaru-Dumai 131 km yang terbagi menjadi 6 seksi, dengan progress pembangunan konstruksi rata-rata mencapai 77 persen. Seksi 1 sepanjang 9,50 km insyaa Allah bisa selesai akhir tahun 2019 ini”, kata Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan dalam keterangan resminya, (2/12/2019).

Di ruas Tol Pekanbaru-Dumai pula Hutama Karya membangun perlintasan gajah berupa underpass di 6 titik. yaitu 1 underpass di Sungai Tekuana yang lokasinya di seksi 2 tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak, 5 underpass di Seksi 4, dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. Nanti setelah proses pembangunan jalan tol selesai, underpass akan di naturalisasi, dikembalikan seperti semula, dengan ditanami tanaman yang disukai oleh gajah.

>>> Ingin tahu mobil terbaru yang keluar di tahun ini? Ketahui model selengkapnya di sini

Foto rencana underpass Tol Pekanbaru-Dumai untuk pelintasan gajah

Gajah juga disediakan penyeberangan

Turun ke bagian tengah-selatan tol Trans Sumatera ada ruas tol Pekanbaru-Padang dengan panjang 255 km, saat ini juga sudah dimulai pembangunan konstruksinya dari seksi 5 yakni ruas Padang-Sicincin sepanjang 29 km.

Lalu ruas Tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 km, sebagian masih tahap pembebasan tanah dan sebagian lagi tengah pembangunan kontruksi, yaitu ruas Indrapuri-Blang Bintang yang ditargetkan akhir 2019 selesai. Di ruas Tol Sigli-Banda Aceh juga dibangun 1 underpass untuk perlintasan gajah, yaitu di seksi 1 antara Lembah Selawah dan Padang Tiji.

Foto progress Tol Pekanbaru-Dumai tampak dari udara

Penampakan ruas Tol Pekanbaru-Dumai dari udara

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap dan terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top