Dianggap Mirip Wrangler, Mahindra Roxor Dilarang Masuk AS

15/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dianggap Mirip Wrangler, Mahindra Roxor Dilarang Masuk AS
Regulator AS memutuskan bahwa desain Roxor milik Mahindra Ltd India melanggar hak kekayaan intelektual merek Jeep Wrangler milik Fiat Chrysler Automobiles.

Komisi Perdagangan Internasional menyetujui permintaan Fiat Chrysler Automobiles untuk memblokir impor dari kendaraan off-road Mahindra Roxor di AS yang dikatakannya meniru desain ikonik Jeep Wrangler. FCA mengklaim bahwa Roxor memiliki tampilan yang hampir identik dari Jeep Wrangler.

>>> Diatur Sistem Zonasi, Ini Batas Maksimum Penumpang Angkutan Umum

Gambar menunjukan Jeep wrangler

Desain Mahindra Roxor dianggap mirip Jeep Wrangler

Komisi Perdagangan Internasional dalam pemberitahuan yang diposting melalui situs resminya mengatakan bahwa kendaraan off-road Mahindra adalah salinan Jeep. FCA mengklaim bahwa Roxor adalah tiruan yang hampir identik dari Jeep Wrangler, terutama bentuk tubuh kotak dengan sisi vertikal yang tampak datar, bodi belakang dan terakhir pada ketinggian yang sama dengan kapnya.

Hakim Hukum Administratif di Komisi Perdagangan Internasional AS, Cameron Elliot pada bulan November lalu menemukan bahwa Roxor akan melanggar bentuk dagang Jeep Wrangler sebagaimana didefinisikan oleh enam elemen desain spesifik. Dia merekomendasikan agar memblokir impor kit dan komponen Roxor, dengan anggapan bahwa Mahindra sengaja mencoba membangkitkan citra Jeep dari Roxor yang akan mengikis nilai Wrangler.

>>> Luncurkan Layanan PDS, Pertamina Kediri Gratiskan Biaya Antar

Gambar menunjukan Mahindra Roxor 2020

Desain Mahindra Roxor 2020 tampil lebeh segar

Mahindra mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa model yang saat ini tengah diperdebatkan sudah tidak lagi diproduksi dan telah disegarkan untuk desain di tahun 2020.

“Perusahaan dan Mahindra Automotive North America tetap tegas dalam posisinya bahwa Roxor tidak melanggar desain dagang dari Jeep.” Kata Mahindra, seraya menambahkan bahwa pihaknya tengah menimbang opsi banding.

Mahindra meyakini bahwa model-model barunya tidak melanggar, dan menuduh FCA sedang mencoba untuk mengambil monopoli praktis atas impor dan penjualan komponen yang digunakan dalam kendaraan bergaya militer bergaya kotak, terbuka, dan militer.

Mahindra sendiri pertama kali membuka kantor pusat otomotif dan fasilitas produksi baru di Amerika Utara di tahun 2017 di mana ia membangun Roxor di pinggiran kota Detroit sebagai bagian dari investasi senilai $ 230 juta. Namun beberapa waktu lalu para pekerja telah beralih untuk membuat pelindung wajah, kotak aerosol, dan peralatan pelindung pribadi lainnya akibat wabah pandemi Covid-19.

>>> Berita otomotif dunia dan nasional menarik lainnya ada di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top