Lucid Motors Siapkan Pesaing Tesla Model 3 Pada 2024-2025

25/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Produsen mobil listrik, Lucid Motors berencana meluncurkan mobil listrik mewah pada tahun 2024 atau 2025. Ditargetkan mobil ini jadi pesaing Tesla Model 3.

Meski menyatakan tidak mengejar Tesla, terlalu sulit bagi Lucid Motors untuk tidak bersaing dengan produsen mobil garapan Elon Musk itu. Bagaimanapun juga kehadiran Lucid sedikit banyak ada faktor Tesla. Salah satunya dari profil bosnya yang bukan orang asing bagi Tesla.

Siapkan model baru pesaing Tesla Model 3

Dalam wawancara dengan Reuters baru-baru ini, CEO Lucid Motors, Peter Rawlinson menyatakan pihaknya bakal menghadirkan mobil listrik mewah yang akan menjadi pesaing Tesla Model 3. Paling tidak bisa diluncurkan tahun 2024 atau 2025.

“Saya tidak sabar untuk melakukan itu,” kata Rawlinson seperti dirilis Reuters, (24/2/2021). Ucapannya mengacu pada model baru yang akan saingan Tesla Model 3.

>>> Lucid Motors Jelaskan Tesla Bukanlah Rival Utamanya

Foto menunjukkan CEO Lucid Motors Peter Rawlinson

CEO Lucid Motors, Peter Rawlinson menyatakan siap bersaing dengan Tesla Model 3

Tidak dalam waktu dekat

Sebagai mantan insinyur Tesla, Rawlinson sangat tahu perjalanan Tesla. Dia tidak ingin mengambil langkah terburu-buru. Dia tengah menyiapkan strategi yang sama seperti dulu dilakukan Tesla di awal kemunculannya. Dimulai dari satu model mewah untuk membangun komunitas. Kemudian berkembang ke pasar global.

Saat ini produksi Lucid Motors belum dimulai, namun perusahaan sudah menyatakan go publik bergabung dengan perusahaan cek kosong (blank check company) lain. Hal ini untuk menunjukkan kepada publik bahwa perusahaan memiliki kapitalisasi pasar sebesar 56 miliar USD atau setara Rp 789 triliun (kurs Rp 14 ribu per USD).

“Untuk membuat mobil yang lebih kecil butuh modal lebih, karena perlu pabrik yang lebih besar dan otomatisasi yang lebih banyak,” ujarnya.

Menghadirkan pesaing Tesla Model 3 memang incaran para produsen mobil. Maklum, mobil ini telah menjadi mobil listrik terlaris di dunia dengan status fantastis. Penjualannya jauh di atas mobil listrik merek lain, bahkan dari merek kawakan sekalipun. Produsen lain seperti Volkswagen, Hyundai Motor dan Ford sudah memperkenalkan model-model terjangkau untuk menantang Tesla. Hingga kini hasilnya belum nampak.

>>> KW Variant 3 Coilover Bikin Tesla Model 3 Lebih Nyaman

Foto mobil listrik Lucid Air tampak samping depan

Lucir Air, belum diproduksi massal

Lucid tidak akan fokus pada mobil listrik ‘murah’ meski tujuannya menjadi pesaing Model 3. Tapi akan lebih fokus pada kemewahan sehingga benar-benar menjadi brand yang melekat. Rawlinson sendiri mengklaim sudah ada 6 produsen mobil terkenal telah menghubunginya selama sebulan terakhir dan menyatakan minatnya pada teknologi Lucid Motors.

“Dunia sangat membutuhkan mobil seharga $ 25.000. Lucid tidak dapat melakukannya selama delapan tahun secara realistis,” kata Rawlinson.

Sebagai tambahan, mobil listrik mewah pertamanya, yaitu Lucid Air tidak akan diproduksi tahun ini. Rencana diundur dari semula musim semi 2021 menjadi tahun 2022. Sedangkan model berikutnya, yaitu mobil sport berkode Project Gravity bakal dihadirkan tahun 2023.

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top