Lucid Motors Jelaskan Tesla Bukanlah Rival Utamanya

26/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Lucid Motors Jelaskan Tesla Bukanlah Rival Utamanya
Peter Rawlinson memberikan penjelasan mengapa Lucid Motors sebenarnya mengejar pemain mapan seperti Mercedes-Benz dan bukan pendatang baru seperti Tesla.

Sulit untuk tidak membandingkan startup produsen mobil listrik Lucid Motors dengan Tesla. Ada banyak kesamaan antara kedua perusahaan terutama dalam hal fokus pada kendaraan listrik mewah. Tetapi tampaknya Lucid tidak benar-benar melihat Tesla sebagai saingan langsung.

>>> Mobil Listrik Super dengan Harganya Mulai Rp 800 Jutaan

Gambar menunjukan Lucid Air

Tampilan Lucid Air

Lucid Air Ingin Jadi Pesaing Mercedes-Benz S-class

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Yahoo Finance, CEO Lucid Motors, Peter Rawlinson, menjelaskan bahwa perusahaan yang dijalankan sebenarnya ingin bersaing dengan produsen mobil seperti Mercedes-Benz. Peter menjelaskan mengapa ia tidak berambisi bersaing dengan pendatang baru seperti Tesla.

"Menurut saya, pesaing utama kami adalah perusahaan mobil utama. Saya menyoroti Mercedes Benz. Kami mengejar Mercedes S-class, tapi itu perbandingan alami, dan saya menerima perbandingan itu dengan Tesla,” kata CEO Lucid Peter Rawlinson kepada Yahoo Finance's On the Move.

Hal tersebut diyakini karena pembuat mobil mewah yang sudah mapan tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang bergerak cukup cepat. Lebih lanjut, dia percaya bahwa, produsen mobil seperti Tesla akan membantu mempercepat tren pergeseran dari mesin pembakaran internal ke kendaraan listrik.

Peter sendiri merupakan chief engineer di Tesla untuk model S sebelum bergabung dengan Lucid Motors pada 2013. Sekarang Peter adalah CEO dan CTO dari perusahaan yang berpusat di Newark, California itu. 

>>> 13 Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Indonesia yang Sudah Bisa Dibeli

Gambar menunjukan Lucid Air

Tampilan Lucid Air

Lucid Air Tidak Berambisi Jadi Pesaing Tesla

Peter juga menunjukkan bahwa sedan Lucid Air jauh lebih efisien dari pada sedan listrik lainnya di pasaran berdasarkan jumlah mil yang ditempuh per kWh, meskipun dia mengakui bahwa Tesla sudah mendekati

“Kami tidak melihat tingkat efisiensi yang tinggi dari pembuat mobil lain, Tesla ada di atas sana. Lucid melampaui Tesla. Kami mendapatkan lebih dari 4 setengah mil per kilowatt. Saya tidak melihat sesuatu yang mendekati itu dari pembuat mobil lainnya." tutupnya.

Sebagai pengingat, kendaraan produksi pertama Lucid, sedan Air, tersedia mulai $ 69.900 (Rp 1.026 miliar), memiliki proyeksi jangkauan hingga 406 mil dan 480 tenaga kuda dalam versi dasar. Tingkat atas Lucid Air dikatakan memiliki jangkauan hingga 517 mil.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top