Low MPV Lain Sudah Tampil Baru, Xpander Kapan?

25/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Low MPV Lain Sudah Tampil Baru, Xpander Kapan?
Update besar-besaran segmen low MPV dalam waktu kurang dari dua bulan di awal 2019 belum diikuti oleh Mitsubishi Xpander. Meski terlihat masih nyaman line up unggulan Mitsubishi ini dipastikan bakal mengalami penyegaran di masa mendatang. Lalu kira-kira kapan Mitsubishi Xpander bakal tampil baru?

Bak sebuah perlombaan, 5 model low MPV meluncur dengan tampilan baru dalam waktu kurang dari dua bulan. Dimulai dari New Toyota Avanza, Grand New Daihatsu Xenia, All New Suzuki Ertiga, All New Nissan Livina hingga yang terbaru New Honda Mobilio. Kelimanya tampil dengan sejumlah penyegaran baik perubahan minor hingga yang berstatus All New.

Foto mobil Low MPV awal 2019

Mengawali tahun 2019 model Low MPV berbenah tanpa Xpander

Tidak ada nama Mitsubishi Xpander di daftar tersebut menandakan Mitsubishi Xpander masih nyaman dengan model saat ini. Yang ada malah Mitsubishi menaikkan harga lagi sebesar Rp 2 juta untuk semua tipe yang dimiliki. Padahal bulan Januari 2019 lalu harga Mitsubishi juga sudah naik Rp 3 juta. Walhasil, di saat model low MPV lain berlomba menghadirkan tampilan baru dan menekan harga jual, Mitsubishi Xpander malah mengerek harga Rp 5 juta lebih mahal tanpa update penampilan.

>>> Kompetisi Low MPV Memanas, Dua Bulan Ada 5 Model Baru Diluncurkan

Pertanyaan yang mengusik banyak orang, kapan Mitsubishi Xpander bakal tampil baru?

Belum ada informasi valid terkait kehadiran Mitsubishi Xpander baru. Meski demikian MMKSI memastikan bakal ada pembaruan (facelift) pada Xpander. Hanya waktunya masih dirahasiakan. "Pasti kami akan lakukan (facelift), karena untuk mobil mengembangkan model baru itu perlu waktu cukup lama. Tap[i untuk saat ini masih terlalu cepat untuk diumumkan sekarang. Begitu ada momen yang tepat kami akan umumkan," tutur Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI seperti dikutip dari TribunNews, (2/2/2019).

Senada dengan Naoya Nakamura, Director of Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Michimasa Kono juga menyampaikan pembaruan pasti dilakukan, namun bukan sekarang. “Seperti yang kita ketahui Xpander diperkenalkan 2017 lalu dan disukai konsumen Indonesia. Untuk ke depannya beberapa fitur bisa kita tingkatkan untuk Xpander,” tutur Kono seperti dikutip dari Kompas, (2/2/2019). “Sedang dalam diskusi dengan prinsipal. Tapi kita belum membuat keputusan apapun. Oleh karena itu kita belum bisa memberitahukan secara spesifik apa dan kapan ada perubahan pada Xpander. Masih kita kaji,” lanjut Kono.

>>> Baca Selengkapnya Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018 di sini!

Foto dua tipe baru Mitsubishi Xpander

Dua tipe baru Mitsubishi Xpander diluncurkan di GIIAS 2018

Seperti diketahui, Mitsubishi Xpander diluncurkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017. Artinya hingga bulan Februari 2019 ini Xpander belum genap dua tahun mengaspal di Indonesia, Jika membandingkan dengan model low MPV lain, usia Mitsubishi Xpander memang belum waktunya disegarkan.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi pertama yang diluncurkan tahun 2003 baru mendapat sentuhan perubahan facelift tahun 2006. Facelift ini bertahan cukup lama sampai muncul Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi kedua tahun 2011 dimana keduanya dirombak besar-besaran. Facelift pertama generasi kedua muncul tahun 2015, sedangkan facelift kedua dilakukan Januari 2019 lalu.

Suzuki Ertiga juga demikian, butuh waktu lama untuk disegarkan. Diluncurkan tahun 2012 model ini baru mendapat sentuhan facelift pertamanya tahun 2015. Tiga tahun kemudian di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, muncul generasi kedua Ertiga dengan perubahan total. Suzuki Ertiga naik status menjadi All New Ertiga.

Melihat perjalanan model low MPV di atas diketahui butuh waktu lama bagi pabrikan untuk menghadirkan facelift model dan All New model. Jika perjalanan kompetitor dijadikan rujukan dimana paling cepat model facelift diluncurkan 3 tahun setelah peluncuran perdana, Mitsubishi Xpander paling cepat di-facelift tahun depan atau 2020. Benar atau tidak, ini hanyalah prediksi dengan rujukan model low MPV lain. Realitanya bisa saja lebih cepat bisa saja lebih lama. Apalagi Mitsubishi Xpander saat ini belum kehilangan pamor dan menjadi idola baru konsumen korporasi seperti Garuda Indonesia yang menjadikan Xpander kendaraan operasional awak pesawat.

>>> Livery Design Mitsubishi XPANDER Terpampang di Pesawat Garuda Indonesia

Foto dua orang pramugari Garuda Indonesia bersama Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander resmi jadi kendaran operasional awak Garuda Indonesia

Jadi, ditunggu wae bareng-bareng sampai tiba saatnya Mitsubishi Xpander benar-benar tampil baru. Untuk saat ini nikmati 8 model yang ditawarkan dan dijual dengan harga berikut:

Foto Harga Mitsubishi Xpander

Harga Mitsubishi Xpander OTR Jakarta dan sekitarnya

>>> Simak artikel otomotif menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Penjualan Nasional Dirilis, Mitsubishi Xpander Harus Bersabar Untuk Jadi Nomor Satu Di Segmen Low MPV

17/01/2019

Pasar mobil

Mitsubishi harus mengakui keunggulan Toyota Avanza di segmen low MPV. Data GAIKINDO mengungkap penjualan Xpander masih berada di bawah rivalnya tersebut dengan gap ribuan unit. Hal ini juga memaksa Mitsubishi Xpander harus bersabar lagi untuk jadi nomor satu.

Lihat juga

Tahun Yang Berat, Toyota Avanza Sukses Pertahankan Tahta Low MPV di 2018

17/01/2019

Pasar mobil

Melewati periode yang panjang dan berat di 2018, Toyota berhasil menutup dengan catatan gemilang. Penjualan Toyota Avanza masih menjadi yang terbaik dan tertinggi dibanding para kompetitor.

Lihat juga

Harga Hampir Setengah Miliar, Mobil MPV Toyota Voxy Laris Manis Diluar Dugaan

10/12/2018

Pasar mobil

Pesona mobil MPV tidak hanya menggoda konsumen menengah ke bawah, tapi juga kalangan menengah ke atas. Hanya saja karena kelas berbeda, mobil yang dipilih juga berbeda. Mobil MPV berikut jadi salah satu yang turut merasakan 'panen' karena mengalami peningkatan penjualan dalam jumlah signifikan.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018

15/03/2018

Editor rate:

Mitsubishi Xpander adalah fenomena. Diluncurkan pada Agustus 2018, medium MPV berlogo tiga berlian ini langsung berhasil merebut perhatian keluarga Indonesia. Bahkan berhasil menduduki posisi kedua mobil terlaris Januari 2018, tertinggal 464 unit dari Toyota Avanza. Apa membuat ia begitu fenomenal? Simak review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018 berikut.

Lihat juga

Harga Mitsubishi Xpander 2020: Daftar Harga mobil Xpander terbaru Oktober

01/10/2020

Mitsubishi

Mitsubishi Xpander adalah sebuah fenomena yang berhasil menggebrak pasar Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Desainnya yang agresif dipadu fitur-fitur canggih, menjadi alasan mengapa masyarakat Tanah Air banyak memilih Xpander. Tertarik untuk memilikinya? Berikut daftar harga Mitsubishi Xpander terbaru.

Lihat juga