Cerita dan Sejarah Dibalik Logo Merek Mobil Terkenal

01/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Cerita dan Sejarah Dibalik Logo Merek Mobil Terkenal
Meskipun kerap melihat mobil-mobilnya, sudahkah Anda mengetahui betul makna dan cerita di setiap logo merek mobil terkenal di dunia?

Saat ini jumlah merek mobil di dunia semakin bertambah. Nama-nama besar seperti Jaguar, Honda, Lamborghini, Ferrari, hingga Toyota seperti sudah mengakar di hati penggemarnya.

Selain merilis produk dengan fitur mumpuni, bagian penting yang terkadang dianggap remeh adalah logo mobil. Bukan sekadar simbol, logo merek mobil menjadi sebuah identitas eksklusif yang diperuntukkan pada target masing-masing. Penasaran cerita apa yang ada di balik logo mobil yang kerap Anda temui? Simak di sini!

Tesla

tampak setir mobil tesla

Nama Tesla diambil dari ilmuwan

Meski terhitung sebagai pendatang baru, salah satu logo merek mobil terkenal di dunia adalah Tesla. Perusahaan garapan Elon Musk ini menjadi merek mobil listrik premium namun memiliki kecepatan luar biasa. Sekadar informasi, nama Tesla diambil dari ilmuwan kelistrikan dan fisika, yakni Nikola Tesla.

Sementara logo mobil huruf T diambil dari nama Tesla itu sendiri. Lewat Twitternya, Elon Musk menjelaskan bahwa makna logo Tesla merupakan penggambaran dari motor listrik. “Sama seperti SpaceX berimbuhan “X” yang berasal dari kemiripan jejak terbang roket. “T” mirip dengan “sayatan” melintang di motor elektrik.”

>>> Mengenal Sejarah dan Arti Logo Honda Mobil

Mercedes-Benz

Tampilan logo Mercedes Benz

Lambang bintang diharakan menjadi cahaya dan membawa keberuntungan

Siapa yang tak kenal dengan logo merk mobil terkenal di dunia satu ini. Ya logo Mercedes-Benz ternyata memiliki cerita menarik dibalik nama dan logonya. Logo ikonik yang direpresentasikan oleh bintang dengan tiga sudut runcing ini, awalnya digunakan sebagai gambar dalam kartu pos yang dikirim Gottlieb Daimler, pendiri Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) kepada sang istri di tahun 1870. 

Bintang ini merupakan petunjuk lokasi rumah Daimler, sekaligus harapan cahaya bintang akan bersinar di atas pabriknya dan terus membawa kemakmuran. Saat DMG Bersatu dengan Benz & Cie pada 1926, Paul dan Adolf yang merupakan putra Daimler, menggabungkan bintang dengan karangan bunga laurel. Saat ini Mercedes Benz menggunakan tiga sudut runcing bintang yang melambangkan dominasi di darat, laut, dan udara. 

>>> Inilah 4 Mobil Paling Unik Sepanjang Sejarah!

BMW

tampilan logo BMW

Logo merek mobil BMW terinspirasi dari baling-baling pesawat tempur

Mobil pabrikan asal Jerman ini memiliki logo dengan wujud lingkaran terbagi empat dengan dua warna putih dan biru muda. Bayerische Motor-Werken (Bavarian Motor Works) yang berdiri pada 1916 merupakan proyek bersama perusahaan mesin Jerman, Rapp Motorenwerken dan Bayerische Flugzeug-Werken yang merupakan perusahaan pembuat pesawat. 

Menurut Kai Jacobsen, sejarawan BMW, logo tersebut merupakan penghormatan saat masih bergabung dengan Rapp. BMW menggunakan warna kelir hitam, putih, dan biru sebagai warna nasional negara Bavaria. Namun, ada juga yang mengatakan jika lambang BMW terinspirasi dari warna baling-baling pesawat tempur, yang mana BMW pernah menjadi pembuat mesin pesawat perang pada Perang Dunia 1. 

Toyota

Tonton sejarah Toyota di Indonesia

Sudah tau arti logo merek mobil Toyota? Logo tiga oval yang Anda lihat pertama kali diperkenalkan pada Oktober 1989 sekaligus peringatan 50 tahun Toyota berdiri yang didapat melalui lomba desain. Ada tiga oval pada logo Toyota digabungkan dalam susunan simetris horizontal, dua oval di dalam oval besar yang merepresentasikan jantung pelanggan dan jantung perusahaan. Sehingga memiliki arti persatuan antara hati konsumen dengan hati produk Toyota. 

Rolls-Royce

Tampilan kap mobil Rolls Royce

Lambang Spirit of Ecstasy merupakan sosok wanita simpanan

Logo yang khas di bagian depan kap ini merupakan sosok seorang wanita yang sedang mengepakkan sayap sambil membungkuk, dikenal dengan Spirit of Ecstasy atau roh kebahagiaan. 

Cerita bermula dari seorang bangsawal Lord Montagu dari Beaulieu yang meminta pematung bernama Charles Robinson Sykes pada 1909 untuk membuat hiasan di kap mobil.

Dibuatlah figur wanita dengan jubah berkibar yang sedang meletakkan jari di bibirnya, yang dijuluki The Whisper yang merupakan selingkuhan sang bangsawan. The Whisper dinilai kurang sesuai, sehingga Charles membuat ulang Spirit of Ecstasy yang terinspirasi dari Eleanor, si kekasih gelap. Meskipun awalnya ornamen ini bersifat opsional, pada tahun 1920-an, logo ini diletakkan di seluruh mobil Rolls-Royce yang memiliki fitur keamanan untuk menghindari pencurian. 

Lamborghini 

logo merek mobil lamborghini

Logo mobil Lamborghini diambil dari zodiak si pendiri

Supercar asal Italia Lamborghini, menggunakan simbol The Bull sebagai logo mereka. Namun, cerita dibaliknya tak serumit yang dibayangkan. Sang pendiri, Ferruccio Lamborghini, mengambil benteng dari zodiaknya Taurus yang disimbolkan oleh seekor banteng. Logo banteng tersebut juga muncul saat Lamborghini mengunjungi peternakan pada 1962 yang memiliki banteng jantang Miura yang bertarung di Spanyol. Banteng juga menandakan kekuatan pada mobil Lamborghini. 

>>> 7 Beda SUV dan MPV, Mulai dari Sejarah Hingga Profil Ban

Ferrari 

tampilan logo ferrari

Logo kuda jingkrak dianggap membawa keberuntungan

Cerita logo merek mobil selanjutnya identik dengan si “Prancing Horse” alias “Kuda Jingkrak”. Bendera Italia persis berada di atas logo, sedangkan di bawahnya terdapat perisai kuning menandakan warna Modena. Logo tersebut juga tersemat inisial SF yang merupakan Scuderia Ferrari atau Tim Ferrari, dan si kuda jingkrak yang melegenda. 

Sementara cerita di balik kuda jingkrak tersebut sudah menempel di pesawat tempur perang dunia milik Francesco Baracca yang merupakan sahabat Enzo Ferrari, pendiri Ferrari. Dari ibunda Baracca, Enzo Ferrari mengetahui arti logo kuda jingkrak pada pesawat milik Baracca yang membawa keberuntungan. 

Volvo

logo volvo

Logo Volvo berasal dari nama Latin

Pembuat beberapa mobil teraman di dunia, yakni Volvo, sejarahnya nggak lepas dari industri besi yang melambangkan kekuatan, keamanan, dan daya tahan. Nama Volvo terdengar seperti nama Swedia, yang sebenarnya berasal dari nama Latin dengan arti bergulir. Logo merek mobil Volvo tidak dirancang untuk menunjukkan maskulinitas, melainkan referensi dari simbol kuno alchemy dari besi.

Nah, itu dia arti logo merek mobil mendunia. Logo manakah yang paling menjadi favorit Anda? 

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top