LiveWire One, Kesempatan Kedua Harley-Davidson di Pasar Motor Listrik

12/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Harley-Davidson melalui sub-brand motor listrik mereka, LiveWire meluncurkan motor listrik bertenaga baterai terbarunya, LiveWire One. Seperti apa tampilannya?

Sebelumnya, LiveWire merupakan model motor listrik dari Harley-Davidson yang diluncurkan tahun 2019. Motor tersebut terbilang sukses dan berhasil menjadi motor listrik terlaris di Amerika Serikat.

Kini, LiveWire sudah menjadi entitas mandiri sebagai sub-brand dan mereka pun meluncurkan motor listrik terbaru mereka, LiveWire One. Secara spesifikasi, sebenarnya motor ini tidak jauh berbeda dengan motor listrik lansiran Harley-Davidson.

Harga Lebih Terjangkau

LiveWire One dibanderol $21.999 atau setara dengan Rp 318 juta untuk pasar Amerika Serikat. Sedangkan pendahulunya, Harley-Davidson LiveWire harganya mencapai $29.799 atau setara Rp 431 juta.

>>> Tahukah Anda? Ferrari Ternyata Bisa Jadi Pelepas Stress di Jalan

Gambar Harley-Davidson LiveWire

Harley-Davidson LiveWire sudah terlebih dahulu meluncur

Sebelum dijual secara global, motor listrik ini akan dijual di tiga negara bagian Amerika Serikat terlebih dahulu, yaitu California, Texas, dan New York.

Harley akan menggunakan pendekatan "hybrid" yang memungkinkan konsumen melakukan pembelian secara online sebelum menerima pengiriman dari dealer Harley-Davidson di daerah mereka.

Tak Jauh Beda Dari Pendahulunya

Secara tampilan, motor ini terlihat identik dengan pendahulunya, Harley-Davidson LiveWire. Keduanya mengusung desain modern klasik yang nampaknya akan tetap menjadi tren bagi produsen sepeda motor di pasar niche.

Gambar LiveWire One

Secara tampilan, tak jauh berbeda dari pendahulunya

Pada dasarnya motor ini memang hanya sekadar rebrand dari Harley-Davidson LiveWire. Karena itu, sepertinya perbedaan terbesar di antara keduanya lebih terletak pada spesifikasi.

>>> Setelah Mercy Wagon, Bea Cukai Bakal Lelang 3 Muscle Car Minggu Ini!

“Ini pengalaman berkendara yang sangat berbeda. Ini menyenangkan karena motor ini sangat gesit dan cepat. Anda dapat melaju dari 0 hingga 100 (mph) dalam waktu singkat,” kata CEO Harley-Davidson Jochen Zeitz.

Pihak Harley mengatakan bahwa LiveWire One akan dapat menempuh jarak 235 kilometer di perkotaan dengan sekali pengisian daya. Hal ini menjadi sebuah peningkatan dibandingkan LiveWire sebelumnya yang hanya mampu menempuh jarak 177 km.

Gambar Fast Charging

Dibekali dengan fitur fast charging, mengisi daya hingga 100% tak selama menonton 1 film di Netflix

Motor ini dibekali dengan fitur fast charging, ketika dicharge menggunakan DC fast charger, baterai akan terisi dari 0 hingga 100 persen dalam 60 menit. Seperti pendahulunya, One juga memiliki six-axis IMU (inertial measurement unit) untuk membantu kontrol traksi dan pengereman anti-lock. LiveWire juga mengatakan ada lebih banyak perbedaan lainnya, namun sayang mereka tidak memagikan spesifikasinya secara utuh.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top