Lima Momen Menarik Dari Goodwood Festival of Speed 2019

08/07/2019

Pasar mobil

10 menit

Share this post:
Lima Momen Menarik Dari Goodwood Festival of Speed 2019
Gelaran Goodwood Festival of Speed 2019 berlangsung akhir pekan ini, dan kembali mencuri perhatian dengan serangkaian hal menarik. Apa saja?

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, penyelenggara menyiapkan area untuk mempertontonkan aksi drifting serta stunt pada Goodwood Festival of Speed 2019 yang diberi nama ‘The Arena’, dan mengambil tempat di Paddock Supercar lama.

Para mobil mengantri di garis start Goodwood Festival of Speed 2019

Berbagai jenis mobil unjuk kebolehan di Goodwood Festival of Speed tiap tahunnya (foto: Autosport)

Macam-macam mobil dari berbagai era dan jenis unjuk kebolehan di Goodwood Festival of Speed 2019 , mulai dari mobil balap, mobil klasik, hingga mobil konsep. Tak heran, gelaran ini selalu mendapatkan tempat di hati pecinta otomotif di seluruh dunia.

Dari rentetan kejadian sepanjang akhir pekan Goodwood Festival of Speed 2019 , berikut lima momen menarik pada ajang tahunan ini, mulai dari pemecahan rekor trek, Porsche 911 dengan mesin F1, sampai sebuah Kamaz melompati sebuah Lamborghini. Untuk lebih jelasnya, simak artikel di bawah ini.

1. Volkswagen ID.R patahkan rekor abadi Goodwood

Volkswagen ID.R beraksi di Goodwood Festival of Speed 2019

Mobil terkencang di Goodwood saat ini, Volkswagen ID.R (foto: Autosport)

Ya, status sebagai mobil tercepat pada ajang Goodwood Festival of Speed telah berganti. Roman Dumais memacu Volkswagen ID.R untuk menuntaskan rute sejauh 1,86 km dalam waktu 39,9 detik, lebih kencang 1,7 detik dari torehan milik Nick Heildfeld dengan mobil Formula 1 McLaren MP4/13 pada 1999 lalu. Sekaligus jadi mobil pertama yang menuntaskan trek hillclimb Goodwood kurang dari 40 detik.

>>> Mau tahu apa yang membuat Volkswagen ID.R memecahkan berbagai rekor? Simak reviewnya di sini

Anda tidak salah baca, sebuah mobil konsep Volkswagen baru saja mengalahkan mobil F1! Mobil yang mengantarkan Mika Hakkinen menuju gelar juara dunia F1 musim 1998 itu menggunakan mesin V10 dengan tenaga 780 HP, dengan berat mobil yang hanya sekitar 650 kg. Di sisi lain, ID.R memiliki bobot 1200 kg dengan tenaga hanya 670 HP. Lalu, apa yang membuat Volkswagen ID.R dapat memecahkan rekor yang telah bertahan selama 20 tahun itu?

Volkswagen melakukan modifikasi khusus untuk menghadapi Goodwood Festival of Speed, salah satunya memangkas bobot mobil dengan mencopot sebagian besar baterai, sektor ban juga mendapat perhatian khusus dengan menggunakan ban Bridgestone yang memiliki grip lebih tinggi.

Alhasil, kemampuan menikung Volkswagen ID.R meningkat secara signifikan dan itu lebih diperlukan untuk melaju sangat kencang di Goodwood ketimbang tenaga ataupun power-to-ratio luar biasa.

2. Kamaz vs Lamborghini

Kamaz melakukan aksi drifting Goodwood Festival of Speed 2019

Drifting dengan sebuah truk besar, kenapa tidak? (foto: Autosport)

Dengan adanya arena baru, tentu pertunjukan Goodwood Festival of Speed 2019 akan semakin menarik. Salah satunya ‘pertarungan’ antara maestro drift asal Selandia baru, Michael “Mad Mike” Whidett yang menggunakan Lamborghini Huracan LP580-2 melawan juara Reli Dakar 2017-2018 kategori truk, Eduard Nikolaev yang menggunakan Kamaz.

>>> Temukan pilihan mobil dengan harga dan kondisi terbaik di sini

Salah satu adegan ikonik dari pertarungan ini adalah saat Kamaz yang dikemudikan Nikolaev melompati lintasan dengan Huracan ada tepat di bawahnya, untuk lebih jelasnya simak video di bawah ini:

3. Aksi Porsche 911 dengan ‘jantung’ F1

Porsche 930 Turbo tahun 1979 warna silver

Sosok mobil yang berperan dalam pengembangan mesin F1 TAG-Porsche, Porsche 930 Turbo

Pada tahun 1980-an, Porsche terlibat dalam proyek pembangunan mesin V6 1,5 Liter turbo untuk tim Formula 1 McLaren, dengan sebuah 911 Turbo (yang diganti namanya menjadi Porsche 930 TAG) digunakan sebagai unit uji coba.

Hasilnya cukup fenomenal pada masanya, memiliki redline menyentuh 10.000 rpm, mesin ini menyemburkan tenaga antara 750-1000 HP, dan mengantarkan McLaren mendominasi musim F1 1984 dengan Niki Lauda serta Alain Prost.

>>> Ferrari juara dunia Niki Lauda dilelang, harganya mencengangkan

Unit yang hadir di Goodwood tahun ini merupakan satu dari 11 prototype Porsche 930 TAG yang dirakit oleh McLaren dengan menggandeng rumah tuning Inggris, Lanzante dan Cosworth yang mengembalikan mesinnya kembali prima.

Semua mesin yang ditanamkan dalam Porsche 930 TAG ini merupakan mesin yang pernah digunakan balap McLaren dengan plakat yang mencantumkan nomor mesin, sejarah balap mesin, dan nomor produksi mobil.

Sebagai catatan, Porsche 930 TAG yang hadir di Goodwood Festival of Speed 2019 memakai mesin yang digunakan Niki Lauda saat memenangi GP Inggris 1984 dengan McLaren MP4/3.

4. Kemunculan Prototype Extreme E

Prototype Extreme E tampil di Goodwood Festival of Speed 2019

Extreme E akan mulai digunakan balap mulai 2021 mendatang (foto: Autosport)

Proyek kompetisi balap mobil off-road listrik yang melibatkan Formula E, prototype mobil kejuaraan ini untuk pertama kalinya muncul di gelaran Goodwood Festival of Speed 2019.

Mobil yang diberi nama Extreme E ini memiliki berat 1650kg, dan menggunakan rangka berbahan besi yang telah diperkuat dengan niobium, dan juga dilengkapi roll cage. Motor listrik yang digunakan menghasilkan tenaga 542 HP, dan dapat melesat dari 0-100 kpj dalam waktu 4,5 detik.

>>> Selalu update kabar seputar pasar mobil di sini

Sebagai kejuaraan off-road, tentu trek yang digunakan akan jauh berbeda dari Formula E yang mengambil konsep jalanan kota-kota besar, dan akan memulai musim perdananya 2021 mendatang.

5. Debut Hillclimb Honda E

Aksi Honda E melintasi trek hillclimb Goodwood Festival of Speed 2019

Mobil listrik mungil buatan Honda ini sudah masuk tahap pengembangan akhir

Pada gelaran Goodwood Festival of Speed 2019, Honda membawa salah satu mobil konsepnya untuk mengarungi trek Hillclimb yang legendaris ini. Mobil ini memiliki distribusi berat 50:50, penggerak roda belakang, serta titik gravitasi rendah. Karakteristik ini tampak seperti mobil kencang, namun ini bukanlah sebuah sportscar, melainkan mobil listrik mungil Honda E yang dinanti kehadirannya.

Masih berbentuk prototype, mobil listrik mungil yang memiliki desain seperti Honda Civic generasi pertama itu dipasangkan motor listrik bertenaga 148 daya kuda, serta torsi 300 Nm, dan baterai 35,5 KwH.

>>> Temukan berita terbaru seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Komunitas Rally Indonesia Adakan Halal Bihalal Sekaligus Diskusi Tentang Reli Indonesia

08/07/2019

Event - Promosi

4 menit

Komunitas Rally Indonesia yang merupakan penggemar, dan para pelaku industri di dunia reli tanah air baru saja mengadakan halal bihalal pada Rabu (3/7) lalu. Acara yang berlangsung hangat ini digagas oleh Komisi Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat. Komunitas Rally Indonesia Adakan Halal Bihalal Sekaligus Diskusi Tentang Reli Indonesia

Lihat juga

Budaya Baru di Jepang: Menyewa Mobil untuk Tidur Hingga Mengisi Daya Smartphone

08/07/2019

Pasar mobil

2 menit

Kebanyakan orang menghabiskan uang dengan menyewa mobil karena memiliki tempat yang akan dituju. Berbeda di Jepang, sebagian konsumen yang menggunakan layanan penyewaan mobil (car-sharing) namun tidak mengendarai mobilnya.

Lihat juga

5 Mobil Terpanas Goodwood Festival of Speed 2019: Bagian Satu

06/07/2019

Event - Promosi

5 menit

Goodwood selalu dikenal sebagai tempatnya mobil-mobil unik dengan kecepatan mengagumkan. Tidak hanya indah, namun ledakan kekuatan mobil terlihat dari percepatannya di lintasan. Ada apa saja dalam Goodwood Festival of Speed 2019 kali ini?

Lihat juga

Bukan Abal-Abal, BMW Perkenalkan Konsep Truk Pikap BMW X7

06/07/2019

Mobil baru

2 menit

Bukan hasil karya abal-abal dan bukan rendering. BMW Group akhirnya memperkenalkan konsep baru bagi mereka penyuka tantangan dan kemewahan: mobil konsep truk pikap BMW X7 dengan bagian belakang langsung dipotong untuk barang-barang outdoor Anda.

Lihat juga
 
back to top